Sukses


Cara Menghindari Mabuk Laut saat Bepergian dengan Kapal

Bola.com, Jakarta - Saat musim liburan tiba, banyak wisatawan yang ingin berlibur bersama orang tercinta mengunjungi berbagai tempat wisata. Berbagai moda transportasi dimanfaatkan para wisatawan, seperti bus, kereta api, pesawat terbang, dan kapal laut.

Berbeda dengan transportasi darat, berlibur dengan transportasi laut bisa jadi tantangan tersendiri. Pasalnya, tak sedikit orang yang mengalami mabuk laut saat bepergian dengan kapal. 

Mabuk laut muncul akibat merasakan gerakan berulang selama perjalanan dengan kapal laut, misalnya guncangan akibat deburan ombak, akselerasi kapal, dan lain-lain.

Sebagian besar individu bisa menoleransi sakit kepala atau kantuk, tetapi tidak ada yang menyukai liburan yang dirusak oleh rasa pusing dan mual akibat mabuk laut.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan agar terhindar dari mabuk laut saat harus pergi ke suatu tempat menggunakan kapal.

Berikut cara menghindari mabuk laut saat bepergian dengan kapal, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (30/12/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Menghindari Mabuk Laut

1. Hindari Bepergian dengan Perut Kosong

Saat akan melakukan perjalanan jauh, penting untuk mengisi perut sebelumnya dengan jenis makanan yang disarankan, seperti makanan rendah lemak. 

Kecukupan cairan juga penting. Ingat untuk makan secukupnya, jangan berlebihan.

Perut yang kosong bisa memicu peningkatan asam lambung. Kondisi ini dapat mencetuskan pusing dan mual muntah yang akan makin memperburuk kondisi mabuk laut. 

2. Cari Udara Segar

Kamu disarankan untuk tidak berada di dalam kamar atau tempat tertutup di atas kapal. Lebih baik melihat pemandangan sekitar. 

Dengan melakukan cara itu, mata akan memperoleh informasi seputar adanya pergerakan lewat perubahan pemandangan, dan menyesuaikannya dengan stimulus dari sistem vestibular. 

Kamu juga akan mampu sedikit memperkirakan pergerakan kapal, misalnya kapan saatnya melambat, akselerasi, ataupun berhenti. Hal ini dapat mengurangi potensi mabuk laut. 

Posisi terbaik untuk menghindari mabuk laut saat berada di atas kapal adalah duduk di bagian tengah kapal.

3. Mengunyah

Cara menghilangkan mabuk laut juga bisa dilakukan dengan snack favorit. Mengunyah makanan selama perjalanan di kapal dapat mengurangi mabuk laut.

Agar lebih praktis, kamu juga bisa mengunyah permen karet untuk meredakan mabuk di perjalanan.

3 dari 4 halaman

Cara Menghindari Mabuk Laut

4. Hindari Membaca Buku atau Menonton Film di Kapal

Meski menyenangkan dan dapat mengalihkan perhatian, kegiatan seperti membaca buku, menonton film, ataupun memainkan gadget di kapal sebaiknya dihindari.

Aktivitas tersebut justru dapat memperburuk mabuk laut yang kamu alami. Melihat tulisan yang banyak, gambar yang terus bergerak, dan layar yang terang akan membuatmu makin pusing dan mual. 

5. Lakukan Kegiatan yang Dapat Mengalihkan Perhatian

Beberapa bentuk distraksi yang dapat kamu lakukan misalnya mendengarkan musik, menghirup aromaterapi, dan tidur. Dengan melakukan aktivitas tersebut, diharapkan kamu akan teralihkan dari rasa pusing dan mual akibat mabuk laut. 

6. Hindari Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa obat diketahui dapat meningkatkan rasa mual, sehingga sebaiknya dihindari apabila memungkinkan. 

Golongan obat tersebut antara lain antibiotik (azitromisin, metronidazol, eritromisin), obat hormon estrogen (kontrasepsi oral), obat antiparasit (albendazol, klorokuin), dan obat penghilang nyeri (ibuprofen, indometasin).

Konsultasikan kepada dokter sebelum perjalanan bila kamu sedang rutin mengonsumsi obat tersebut.

4 dari 4 halaman

Cara Menghindari Mabuk Laut

7. Mengonsumsi Obat Antimabuk Perjalanan

Kamu dapat membawa obat mabuk laut atau perjalanan yang dijual bebas di apotek. Umumnya obat ini dikonsumsi 30-60 menit sebelum keberangkatan.

Penggunaan obat antimabuk perjalanan termasuk cara menghilangkan mabuk laut yang efektif. Namun, jangan lupakan efek samping yang dapat terjadi, misalnya mengantuk. 

Ada baiknya bila kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat-obat penghilang mabuk. 

8. Mengisap Permen Jahe

Jahe diketahui dapat mempercepat pengosongan lambung dan mengurangi mual atau muntah. Makan permen jahe bisa menjadi cara mengatasi mabuk laut yang mudah.

Selain itu, mengunyah permen jahe dapat kamu jadikan sebagai distraksi.

9. Pilih Area yang Meminimalisir Mabuk Laut

Hindari bagian kapal yang besar guncangannya. Carilah spot yang guncangannya kecil, misalnya di bagian belakang kapal. Bagian tengah kapal juga bisa Akamu pilih.

Jika duduk, usahakan di dekat jendela agar dapat memandang keluar. Ini akan menghindarkan kamu dari mabuk laut. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 26/4/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer