Sukses


Cara Efektif agar Tetap Sehat setelah Begadang di Pesta Malam Tahun Baru

Bola.com, Jakarta - Pergantian tahun menjadi momen yang tidak ingin terlewatkan. Kebanyakan orang akan merayakan malam tahun baru dengan begadang sampai pagi, baik dengan teman ataupun keluarga.

Banyak hal yang bisa dilakukan pada momen yang menggembirakan ini, seperti menonton film bersama hingga pesta kembang api.

Namun, perlu diketahui, begadang atau terjaga semalaman tanpa istirahat memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh.

Tentu bukan menjadi suatu yang kamu harapkan, mendapati tubuhmu sakit setelah semalaman berpesta bahagia merayakan tahun baru. Terlebih lagi jika harus melewati hari pertama di tahun baru dalam keadaan sakit atau tidak enak badan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat dan fit usai semalaman begadang di pesta Tahun Baru.

Berikut cara efektif agar tetap sehat setelah begadang di pesta malam tahun baru, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (30/12/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Efektif agar Tetap Sehat setelah Begadang Pesta Malam Tahun Baru

1. Mandi Air Dingin

Kulit biasanya akan menjadi kusam dan kering setelah begadang semalaman. Hal ini dapat kamu atasi dengan mandi air dingin di pagi hari.

Biasanya, setelah mandi dengan air dingin, tubuh otomatis menjadi lebih segar sehingga kamu akan lebih semangat dalam beraktivitas. Mandi juga dapat menenangkan pikiran agar menjadi lebih rileks.

Hindari mandi dengan terburu-buru. Nikmatilah setiap aliran air yang membasuh tubuhmu. Setelah mandi, jangan lupa untuk menggunakan pelembap pada tubuh dan wajah agar kesehatan kulit tetap terjaga.

2. Carilah Waktu untuk Mengganti Tidur

Penting untuk mengganti tidur yang telah kamu tinggalkan setelah begadang untuk berpesta di malam tahun baru. Jika tidak memiliki kewajiban untuk beraktivitas atau bekerja di pagi hari, segera ganti tidurmu setelah menyantap sarapan sehat.

Namun, jika harus berangkat ke kantor atau menghadiri jadwal kuliah di pagi hari, cari waktu di siang atau sore hari untuk membayar utang tidurmu.

Jika siang atau sore kamu tidak memiliki waktu kosong untuk tidur, disarankan agar kamu berangkat ke tempat tidur lebih awal pada malam hari agar pada hari berikutnya kamu telah mendapat tidur yang cukup.

3 dari 4 halaman

Cara Efektif agar Tetap Sehat setelah Begadang Pesta Malam Tahun Baru

3. Lakukan Olahraga Ringan

Saat berada di kantor, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, naik-turun tangga, lari di tempat, atau sedikit peregangan yang bisa membuat tubuh bergerak. Aktivitas ini dapat meningkatkan kinerja otak dan membuatmu tetap terjaga.

Selain itu, kamu dapat melakukan senam aerobik selama 30-40 menit sebelum berangkat kerja untuk mendapatkan tubuh yang lebih fit setelah bergadang.

4. Kenali Tubuhmu

Setiap orang memiliki hubungan yang berbeda dengan tubuhnya masing-masing. Kamu diharapkan mampu memahami keinginan tubuh sendiri.

Beberapa orang tidak terbiasa jika tubuhnya begadang atau tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Beberapa orang justru sebaliknya. Maka itu, penting bagi kamu untuk mampu merasakan sinyal-sinyal tubuh sendiri. Jika tubuh dan otak meminta istirahat, patuhi dan jangan paksakan diri.

4 dari 4 halaman

Cara Efektif agar Tetap Sehat setelah Begadang Pesta Malam Tahun Baru

5. Sarapan dengan Makanan Sehat di Pagi Hari

Setelah begadang di malam tahun baru, kamu mungkin belum dapat mengganti waktu tidur karena aktivitas pagi yang tidak dapat ditinggalkan. Untuk menyiasati hal ini, kamu perlu sarapan dengan makanan sehat yang bernutrisi.

Sarapanlah dengan makanan alami yang belum terlalu banyak diproses, seperti buah-buahan. Jika perlu, hindari dulu makanan berat yang akan membuat perut terlalu kenyang.

Kekenyangan akan membuat tubuh menjadi lebih lelah, sebab tubuh harus berfokus memproses makanan yang baru saja kamu konsumsi.

Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan seperti junk food karena minyak jenuh yang dikandungnya akan membuat tubuh merasa lebih lelah dan sulit berkonsentrasi.

6. Penuhi Kebutuhan Cairan ketika Begadang 

Meski begadang, tetap ingat untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Kecukupan cairan di malam hari akan berpengaruh baik pada tubuh di pagi hari.

7. Buat Tubuhmu Rileks 

Begadang dan kurang tidur setelah pesta semalaman akan membuat tubuhmu kaku ketika bangun di pagi hari. Maka itu, lakukanlah kegiatan olahraga kecil seperti berjalan berkeliling di sekitar rumah.

Atau, jika cukup akrab dengan gerakan-gerakan yoga yang sederhana, kamu dapat melakukannya ketika bangun di pagi hari.

Kegiatan-kegiatan sederhana seperti itu akan membantu aliran darahmu mengalir dengan lebih baik, membuat tubuh lebih rileks, dan akan meningkatkan energi untuk beraktivitas.

 

Sumber: Klikdokter.com

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer