Sukses


Macam-Macam Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru di Berbagai Negara

Bola.com, Jakarta - Perayaan Tahun Baru menjadi momen yang ditunggu-tunggu hampir seluruh masyarakat di dunia setiap tahunnya.

Terkait perayaan Tahun Baru, ada berbagai hal atau tradisi yang dilakukan untuk memeriahkan momen istimewa tersebut.

Biasanya, di perayaan Tahun Baru diselenggarakan pesta kembang api di detik-detik malam pergantian tahun. Tak hanya itu, tidak sedikit orang akan berkumpul bersama dengan orang tersayang lalu mengadakan pesta barbeku hingga meniup terompet agar lebih berkesan.

Meski secara umumnya memiliki kesamaan dalam hal-hal tertentu, di berbagai belahan negara memiliki tradisi unik tersendiri untuk merayakan momen Tahun Baru.

Yuk, mengintip berbagai tradisi unik perayaan tahun baru di berbagai negara, yang menarik diketahui.

Berikut ini macam-macam tradisi unik merayakan Tahun Baru di beberapa negara, dilansir dari Thepioneerwoman, Jumat (30/12/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Tradisi Unik

1. Jepang: Membunyikan lonceng Sebanyak 108 Kali

Ada tradisi unik di negeri sakura untuk menyambut momen Tahun Baru, yakni saat detik-detik malam pergantian tahun akan membunyikan lonceng berukuran besar sebanyak 108 kali yang terletak di kuil Buddha.

Tardisi ini dikenal dengan sebutan Joya no kane. Makna tardisi unik Joya no kane ialah mengusir kejahatan dan dosa manusia.

2. Thailand: Festival Songkran

Di negara tetangga, Thailand, ada tradisi unik yang dilakukan untuk menyambut momen Tahun Baru, yaitu menyelenggarakan festival Songkran selama tiga hari dengan saling menciprati, menyemprot, dan menyiram air kepada siapa pun yang ditemui di jalan.

Berbeda dengan negara lain, tahun baru di Thailand diadakan setiap April.

3. Denmark: Melemparkan Piring ke Tembok

Tradisi unik lainnya dilakukan di Denmark untuk merayakan momen Tahun Baru ialah masyarakatnya akan melakukan melemparkan piring serta gelas lama ke pintu rumah kerabat atau teman.

Hal ini dilakukan karena masyarakat Denmark meyakini melempar piring dan gelas lama bisa mengusir roh jahat dan memberi keberuntungan bagi mereka.

Tak hanya itu, masyarakat Denmark akan melompat dari atas kursi secara bersama-sama tepat di tengah malam untuk mengusir roh-roh yang jahat.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Tradisi Unik

4. Spanyol: Makan 12 Buah Anggur

Di Spanyol, terdapat tradisi perayaan Tahun Baru yang unik, yaitu kebiasaan memakan anggur sebanyak 12 buah. Tradisi tersebut disebut sebagai Las doce uvas de la buena suerte.

Masyarakat Spanyol meyakini jika ada seseorang yang berhasil memakan 12 buah anggur dalam waktu 12 detik sebelum pukul 12 malam maka keberuntungan akan menghampiri selama satu tahun ke depan.

Tempat yang biasa dilakukan tradisi unik ini adalah di Puerta del Sol di Madrid.

5. Jerman: Memakan Donat Isi (Krapfen)

Krapfen, Kreppel, Krebbel, Berliner atau donat isi merupakan makan penting untuk perayaan Silvester (pergantian tahun) di Jerman. Makanan ini menyerupai donat isi selai buah atau cokelat dengan taburan gula.

Donat secara tradisional merupakan makanan istimewa yang hanya disajikan saat tahun baru. Di masa lalu, makanan manis dianggap langka dan mahal sehingga hanya kalangan tertentu yang bisa membelinya.

6. Afrika Selatan: Melempar Sofa Bekas ke Luar Jendela

Tradisi melempar sofa bekas dari jendela rumah atau apartemen adalah tradisi yang telah dilakukan selama puluhan tahun. Tradisi tersebut dipercaya dapat menghempaskan masalah di masa lalu dan memulai sesuatu yang baru.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Tradisi Unik

7. Yunani: Menggantung dan Menghancurkan Buah Delima

Tradisi unik ini dikenal dengan sebutan Podariko, dan jika diterjemahkan menjadi "kaki yang baik". Menggantung dan menghancurkan buah delima di pintu rumah bertujuan untuk membawa keberuntungan di awal tahun.

8. Siberia: Melompat ke Danau Beku

Pada malam Tahun Baru, masyarakat akan melompat ke dalam danau membeku dengan memegang dahan pohon. Namun, tradisi ini hanya dilakukan untuk penyelam profesional dan bukan untuk masyarakat biasa.

9. Brasil: Melempar Bunga Putih ke Lautan

Pada hari pertama di Tahun Baru, masyarakat Brasil akan melemparkan bunga-bunga berwarna putih ke lautan sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Lautan. Dipercaya bahwa tradisi unik ini bisa mewujudkan permohonan dan harapan mereka menjadi kenyataan.

 

Sumber: Thepioneerwoman

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer