Sukses


Bacaan Selawat Ummi yang Bisa Jadi Amalan di Hari Jumat, Ketahui Keutamaannya

Bola.com, Jakarta - Selawat merupakan satu di antara amalan baik yang bisa dilafalkan dan diamalkan seorang muslim di sela-sela menjalani aktivitas sehari-hari.

Ada beragam selawat yang bisa dilafalkan serta diamalkan, dan khusus di hari Jumat umat muslim dianjurkan mengamalkan selawat Ummi.

Perintah untuk membaca selawat Ummi bahkan telah ditegaskan dalam hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. telah bersabda,

"Barang siapa yang berselawat kepadaku hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun."

Kemudian ada yang bertanya kepada beliau: "Wahai Rasulullah, bagaimanakah cara berselawat atasmu? Beliau menjawab: "Ucapkanlah 'Allahumma sholli 'ala Muhammadin 'Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy, ini dihitung sekali".

Meski tidak ada ketentuan khusus mengenai waktu, membaca selawat Ummi dianjurkan diamalkan umat muslim di hari Jumat setelah salat Asar.

Terlepas dari itu, selawat Ummi erat kaitannya dengan peristiwa Nabi Muhammad saw. menerima wahyu pertama, di mana Malaikat Jibril menyuruh nabi membaca.

Di samping itu, berdasarkan sejarah, selawat Ummi diciptakan oleh Syeikh Abu Abbas Al-Mursy yang merupakan satu di antara tokoh muslim ternama di zamannya.

Lantas, bagaimana bacaan selawat Ummi yang bisa dilafalkan dan diamalkan umat muslim?

Berikut ini bacaan selawat Ummi, lengkap dengan arti dan keutamaan bagi yang mengamalkannya, dikutip dari laman Abiabiz dan Smartislamic, Jumat (30/12/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Selawat Ummi

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ

"Allahumma sholli’alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummy wa a’laa alihi wa shohbihi wasillam."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw.  sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummi (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya."

3 dari 3 halaman

Keutamaan Mengamalkan Bacaan Selawat Ummi

  • Apabila kita membaca selawat ini setelah mengerjakan salat Asar pada hari Jumat, segala dosa kita akan diampuni selama 80 tahun oleh Allah Swt.
  • Apabila ingin umur yang panjang dan ingin mati dalam keadaan husnul khotimah (dalam kondisi yang baik alias diridai Allah Swt.), bacalah selalu selawat ini sesudah mengerjakan salat magrib dan subuh sebanyak 100 kali bacaan.
  • Dapat bertemu Nabi Muhammad saw. dalam keadaan sadar.
  • Dapat bermimpi bertemu Rasulullah saw.
  • Dapat jaminan masuk surga.
  • Apabila menginginkan kekayaan, bacalah 80 kali tiap hari Jumat.

 

Sumber: Abiabiz, Smartislamic

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer