Sukses


Cara Ampuh agar Lebih Hemat dan Irit Ongkos saat Liburan

Bola.com, Jakarta - Waktu liburan merupakan momen yang ditunggu oleh banyak orang. Bahkan, tak sedikit orang yang menjadikan liburan sebagai sebuah kebutuhan dan gaya hidup yang wajib dipenuhi.

Saat melakukan liburan tentu kamu membutuhkan sejumlah uang untuk membayar berbagai keperluan, seperti transportasi dan akomodasi.

Hal yang satu ini tentu perlu diperhatikan dengan saksama. Kamu pasti tak mau bersedih setelah iburan karena uang terkuras habis.

Maka itu, kamu perlu merencanakan liburan dengan matang agar tak boros dalam mengaluarkan uang. 

Liburan tak melulu bepergian ke suatu tempat yang jauh dan berbiaya mahal. Kamu bisa saja mengunjungi destinasi wisata terdekat untuk melakukan liburan.

Sebagian orang berpikir bahwa terkadang liburan memerlukan ongkos yang mahal. Jika bisa merencanakan dengan tepat, kamu tak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Berikut cara ampuh agar lebih hemat dan irit ongkos saat liburan, seperti dikutip dari laman Topijelajah, Jumat (30/12/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Ampuh agar Lebih Hemat dan Irit Ongkos saat Liburan

1. Lakukan Liburan ke Tempat Alam

Liburan tak selalu harus mendatangi tempat-tempat terkenal yang uang retribusinya besar. Kamu bisa berlibur ke lokasi-lokasi biasa dengan pemandangan yang menakjubkan tanpa membayar.

Kamu bisa menemukannya dengan bertualang secara pribadi. Biasanya, lokasi-lokasi ini bernuansa alam. Kamu juga bisa mendirikan tenda jika memungkinkan atau bermain hammock di lokasi tersebut.

2. Teliti saat Packing Barang

Packing ada hubungannya dengan berhemat saat liburan. Selama packing, pastikan semua barang yang diperlukan sudah masuk ke tas.

Apalagi jika kamu berencana untuk menginap. Sekecil apa pun itu, seperti sikat gigi, pasta gigi bahkan tisu. Sebab, ketika lupa membawa sikat gigi misalnya, mau tidak mau harus mengeluarkan uang untuk membeli.

3. Hindari Pergi saat Musim Libur Panjang

Pemilihan tanggal penting dalam merencanakan liburan hemat. Usahakan, jangan berangkat saat musim liburan, terlebih lagi saat momen libur panjang. Alasan utamanya, segala harga, baik itu transportasi, tiket masuk, kuliner hingga oleh-oleh dibanderol lebih tinggi.

Usahakan untuk berlibur di hari-hari biasa saat semua harga tergolong normal. Apabila ingin berlibur lama, ambil cuti pada saat weekday. Hal tersebut efektif untuk menekan pengeluaran.

3 dari 5 halaman

Cara Ampuh agar Lebih Hemat dan Irit Ongkos saat Liburan

4. Lakukan Perjalanan di Malam Hari

Melakukan perjalanan pada malam hari akan membantumu menghemat anggaran liburan. Jadi, kamu tidak perlu menyewa hotel atau tempat penginapan lain untuk bermalam karena akan bermalam di perjalanan.

Selain menghemat uang, kamu bisa menikmati perjalanan yang hening dan lancar karena lebih terhindar dari kemacetan. Perjalanan malam ini bisa untuk pengguna kendaraan bermotor ataupun mobil.

5. Membawa Bekal Sendiri

Saat berlibur di ruang terbuka seperti pantai atau pegunungan, kamu bisa membawa bekal makanan untuk disantap di sana. Jadi, tak perlu keluar uang lebih untuk menikmati makanan. Namun, kekurangannya, kamu harus bersiap repot membawanya untuk sampai lokasi liburan.

6. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Cara liburan hemat selanjutnya yaitu menggunakan kendaraan pribadi. Jika dibandingkan dengan menyewa mobil, menggunakan bus atau armada lainnya, tentu butuh biaya besar.

Belum lagi jika armada tersebut tidak langsung sampai ke lokasi yang dituju. Mungkin kamu akan mengeluarkan uang lebih untuk membeli minum atau makanan.  

4 dari 5 halaman

Cara Ampuh agar Lebih Hemat dan Irit Ongkos saat Liburan

7. Manfaatkan Tawaran Promo

Akan sangat rugi kalau kamu tidak hunting promo untuk liburan. Ini satu di antara cara liburan hemat yang wajib dipraktikkan. Mulai promo tiket transportasi, paket liburan hingga penginapan bisa didapatkan dari berbagai aplikasi di zaman modern ini.

Rajin-rajinlah mencari mana promo yang sekiranya pas dengan kebutuhan. Bahkan, biasanya ada paket liburan komplet dengan harga terjangkau. 

8. Buat Anggaran Liburan

Berhemat saat liburan bukan berarti pelit dan perhitungan, tetapi bagaimana cara mengelola uang agar efektif digunakan. Caranya dengan memerinci perkiraan pengeluaran.

Maka itu, kamu harus riset dulu seperti apa destinasi yang akan dikunjungi. Lalu, perkirakan berapa biaya transportasi, parkir, tiket masuk, dan kebutuhan lain.

Dengan membuat anggaran, kamu bisa memperkirakan besaran uang yang harus dipersiapkan. Selain itu, anggaran biaya dapat menghindarkan kamu dari pengeluaran yang tidak perlu.

5 dari 5 halaman

Cara Ampuh agar Lebih Hemat dan Irit Ongkos saat Liburan

9. Kurangi Belanja

Sudah menjadi rahasia umum kalau belanja adalah halangan terbesar untuk berhemat. Terlebih lagi, kalau kamu melihat banyak barang-barang unik nan cantik yang menjadi khas destinasi wisata tertentu.

Oleh sebab itu, minimalkan belanja selama berlibur. Usahakan membeli barang yang benar-benar dibutuhkan.

Saat mengincar barang sebagai oleh-oleh, belilah seperlunya saja. Alternatif lain adalah membeli oleh-oleh yang sekaligus banyak dan awet seperti makanan kering maupun gantungan kunci.

10. Selalu Bawa Botol Minuman

Hal ini sepele, tetapi cukup membantu dalam berhemat. Selain membawa bekal makanan sendiri, sebaiknya membawa botol minuman, baik yang sudah diisi air maupun yang kosong.

Botol minuman yang kosong nantinya dapat diisi kembali dengan air minum yang gratis. Sebab, beberapa tempat wisata ada yang menyediakan kran air siap minum.

Botol juga dapat diisi saat menyantap hidangan di rumah makan. Cukup menghemat ketimbang kamu harus membeli air mineral.

 

Sumber: Topijelajah

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer