Sukses


Manfaat Sarana dan Prasarana Sekolah yang Lengkap

Bola.com, Jakarta - Setiap satuan pendidikan atau sekolah wajib memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Keberadaan sarana prasarana di sekolah sangat penting bagi kelangsungan kegiatan pendidikan.

Istilah sarana dan prasarana sering diungkapkan secara bersamaan. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang dapat dikenali dengan mudah.

Sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah. Sementara, prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah.

Adanya sarana dan prasarana membuat proses pembelajaran di sekolah bisa berjalan dengan baik. Sebaliknya, kurangnya sarana dan prasarana sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran yang didapatkan siswa.

Berikut ini manfaat sarana dan prasarana sekolah yang lengkap, dilansir dari smadwiwarna.sch.id, Selasa (2/12/2022).

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Membantu Siswa agar Lebih Fokus dalam Belajar

Seiring berjalannya waktu metode pembelajaran yang digunakan terus mengalami perubahan. Di mana saat ini proses pembelajaran banyak dilakukan dengan menggunakan teknologi atau alat bantu seperti LCD proyektor, papan tulis, dan alat bantu lainnya.

Sebagai contoh saat mata pelajaran matematika berlangsung, guru tidak mungkin menerangkan materi hanya secara lisan saja. Supaya mudah dipahami oleh siswa maka guru menerangkan konsep matematika dengan menggunakan alat bantu.

Di sinilah peran fasilitas sekolah sangat dibutuhkan dan memberikan dampak positif yang besar. Selain siswa menjadi mudah memahaminya tetapi siswa juga menjadi lebih fokus dalam belajar.

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Ruang

Manfaat sarana sekolah yang lengkap berikutnya yaitu bisa meningkatkan efisiensi waktu dan ruang. Hal ini dikarenakan keberadaan sarana sekolah akan membantu guru, siswa, dan anggota sekolah lainnya untuk mengakses serta menyediakan informasi belajar secara bersamaan tanpa adanya hambatan ruang dan waktu.

Tidak hanya itu saja, keberadaan sarana sekolah akan membantu siswa untuk bisa belajar dengan lebih cepat. Hal ini dikarenakan materi pelajaran menjadi lebih cepat dan lebih baik diterima atau dipahami.

4 dari 6 halaman

3. Mendukung Siswa untuk Mengasah Potensi yang Dimiliki

Sekolah terbaik pasti tidak akan mengabaikan potensi yang dimiliki oleh siswanya. Pihak sekolah harus mendorong siswa untuk mengasah dan mengembangkan potensi siswa dengan baik. Salah satu bentuk dorongan yang diberikan oleh sekolah adalah dengan menyediakan fasilitas sekolah.

Contoh fasilitas sekolah yang disediakan adalah ruang musik, ruang kesenian, lapangan sepak bola, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan bulu tangkis dan sebagainya. Fasilitas yang disediakan tersebut bisa digunakan oleh semua siswa.

Hal ini dikarenakan dibangunakannya fasilitas tersebut bertujuan untuk dijadikan wadah dalam mengasah dan mengembangkan bakat dan minat siswa.

 

5 dari 6 halaman

4. Meningkatkan Pengalaman Belajar Siswa

Ada banyak manfaat yang akan dirasakan siswa jika sekolah tempatnya menimba ilmu menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Salah satu manfaat yang akan didapatkan yaitu pengalaman belajar siswa. Seperti yang diketahui jika saat ini mayoritas sekolah sudah menggunakan teknologi LCD proyektor.

Di mana keberadaan teknologi tersebut akan memberikan pengalaman belajar siswa yang lebih menyenangkan. Terlebih jika slide PowerPoint yang ditampilkan dibuat dengan semenarik mungkin.

 

6 dari 6 halaman

5. Membuat Lingkungan Belajar Menjadi Lebih Nyaman

Siswa akan lebih semangat dalam belajar apabila belajar di ruang kelas yang nyaman dan bersih. Bisa dibayangkan bagaimana jika siswa belajar di ruang kelas yang kotor dan bangunan gedungnya sudah banyak yang rusak.

Kondisi ruang kelas seperti itu akan membuat siswa menjadi tidak nyaman sehingga menurunkan konsentrasi dalam belajar.

Ruang kelas yang bersih dan dilengkapi dengan AC atau kipas angin tentu akan mendukung proses pembelajaran.

Selain siswa, guru juga akan merasa nyaman dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Secara tidak langsung, lingkungan yang nyaman sangat mempengaruhi motivasi siswa sehingga berpengaruh pada prestasi yang diraih.

Sumber: Web SMA Dwiwarna Boarding School

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer