Sukses


25 Contoh Kalimat Kritikan dalam Bahasa Indonesia yang Menarik Dipelajari

Bola.com, Jakarta - Tanpa disadari, kalimat kritikan sering ditemui di kehidupan sehari-hari. Kalimat kritikan banyak dijumpai pada kegiatan diskusi, musyawarah, dan lain sebagainya.

Kalimat kritikan adalah suatu hal yang disampaikan oleh seseorang yang berisi sebuah penilaian dan pertimbangan.

Kalimat kritikan bisa juga disebut sebagai suatu ungkapan atau tanggapan mengenai baik dan buruk terhadap suatu kebijakan, karya, pendapat atau penampilan seseorang.

Di sisi lain, tidak sedikit orang cenderung berasumsi bahwa melontarkan kalimat kritikan adalah suatu kegiatan mencela kekurangan terhadap sesuatu hal.

Namun, banyak yang tidak mengetahui sebenarnya melontarkan kalimat kritikan juga berisi pujian atau bahkan bernilai positif.

Setelah mengetahui teorinya, penting juga untuk mengetahui contoh kritikan dalam sebuah kalimat.

Berikut ini 25 contoh kalimat kritikan dalam bahasa Indonesia yang menarik dipelajari, dikutip dari laman Khoiri dan Dosenbahasa, Selasa (3/1/2023).

2 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Kritikan dalam Bahasa Indonesia

1. Walaupun film ini diperankan oleh anak-anak, terdapat muatan yang berisi perkataan perbuatan orang dewasa sehingga perlu dilakukan pendampingan dalam menontonnya.

2. Seharusnya film yang bertema cinta tidak diputar pada hari Minggu pagi karena pada saat itu anak-anak sedang senang menonton televisi.

3. Pelayanan di toko itu sangat istimewa, tetapi sayang pencahayaan yang kurang membuat orang malas ke sana.

4. Menurut kami, pengecatan mobil kelurahan belum saatnya untuk dilakukan karena kondisi masyarakat yang masih pandemi.

5. Pengawasan proyek pengaspalan jalan menurut kami masih kurang sehingga perlu penambahan operator dan prosedur yang lebih jelas supaya pekerjaan proyek tidak melebihi batas waktu.

3 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Kritikan dalam Bahasa Indonesia

6. Masakan Anda sudah nikmat, mungkin cabainya perlu ditambah supaya terasa lebih pedas.

7. Website Anda sudah bagus dan cepat diakses, tetapi sebaiknya Anda mengurangi jumlah iklan yang ditayangkan supaya tidak mengganggu pembaca.

8. Rumah Anda sudah bagus, tetapi sebaiknya Anda memberikan jendela di kamar Anda supaya pencahayaan dan sirkulasi udaranya lebih bagus.

9. Saya lihat Anda sangat rajin di dalam bercocok tanam, tapi Anda juga harus menghitung keuntungan yang Anda peroleh dan biaya yang Anda keluarkan.

10. Skripsi Anda pada bab ketiga dan keempat perlu direvisi sebab terdapat format penulisan yang tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

4 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Kritikan dalam Bahasa Indonesia

11. Penggunaan telepon genggam di sekolah lebih banyak mengandung hal negatif, siswa akan lebih sibuk dengan telepon genggam itu dan pasti berusaha mencuri-curi kesempatan untuk menggunakannya selama pembelajaran.

12. Desain tas itu memang bagus dan tidak biasa, tetapi harganya sangat mahal dan tentunya hanya terperuntuk masyarakat golongan atas.

13. Anak-anak masa kini tidak seharusnya diperkenalkan tentang lagu cinta orang dewasa, akan lebih baik jika lagu kanak-kanak masa dulu dipopulerkan kembali.

14. Film atau sinetron dengan unsur kekerasan dan penindasan tidak layak untuk tayang di televisi karena berpengaruh besar terhadap karakter generasi penerus bangsa ini.

15. Merayakan ulang tahun dengan cara hura-hura tidak tepat dilakukan, hal itu juga tidak mengajarkan hal yang baik kepada anak.

5 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Kritikan dalam Bahasa Indonesia

16. Buku itu sangat vulgar covernya, walaupun isinya tergolong bagus untuk pembelajaran remaja.

17. Tata ruang rumah ini terasa rumit dan membuat suasana rumah ini tidak nyaman.

18. Rangkaian bunga itu akan makin indah jika ditambah lagi bunga dengan warna yang berbeda.

19. Pelajaran yang diberikan untuk anak SD saat ini terlalu banyak setiap harinya, sampai-sampai tas anak-anak terasa berat karena buku yang dibawa.

20. Masakanmu kurang mantap karena bumbu yang kau masukkan kurang.

6 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Kritikan dalam Bahasa Indonesia

21. Penampilan grup band lokal tadi malam sebenarnya sudah sempurna, hanya saja pencahayaan dan sound sistem yang kurang memadai.

22. Seharusnya orang tua tidak hanya menyerahkan pendidikan anaknya ke sekolah, mereka juga harus bisa menjadi teladan yang baik bagi anak mereka.

23. Sebaiknya bagian depan rumah Anda diberi bunga dan dibersihkan rumputnya supaya membuat orang terkesan melihatnya.

24. Rumah di tempat Anda sangat bagus dan kukuh, tetapi harganya yang selangit membuat masyarakat susah untuk membelinya.

25. Rute ini adalah jalan paling cepat menuju bumi perkemahan, tetapi sayang jalannya becek dan licin sebab baru saja hujan turun di sini.

 

Sumber: Khoiri, Dosenbahasa

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer