Sukses


10 Manfaat Belajar Bahasa Asing yang Bisa Diperoleh

Bola.com, Jakarta - Manusia dilahirkan dengan insting berbahasa karena otaknya secara alami terikat pada bahasa. Dengan bahasa, manusia bisa dengan mudah berkomunikasi dengan manusia lainnya. Bisa dibilang, bahasa memiliki peran yang sangat penting dalam berkomunikasi.

Di samping itu, di zaman modern, kamu dituntut untuk belajar serta menguasai bahasa asing supaya mudah berkomunikasi dengan orang dari negara atau belahan dunia lain.

Pasalnya, setiap negara bahkan daerah memiliki bahasa yang berbeda-beda. Dengan belajar serta menguasai bahasa asing maka kamu juga dapat dikatakan menguasai dunia.

Kamu mungkin belum menyadari bahwa belajar bahasa asing bisa memberikan banyak manfaat dalam hidup yang bisa kamu peroleh. Penasaran apa saja manfaat dari belajar bahasa asing?

Berikut ini beberapa manfaat belajar bahasa asing, dikutip dari Magforwomen dan Careeraddict, Rabu (4/1/2023).

2 dari 6 halaman

Manfaat Belajar Bahasa Asing

1. Meningkatkan Pengetahuan Akan Ruang Lingkup Global

Dengan belajar bahasa asing, bisa membantu kamu mengetahui apa yang terjadi di dunia global. Di luar sana, jutaan hal terjadi tanpa kita sadari atau ketahui. Menguasai bahasa asing membuat kamu mampu berkomunikasi dan mengerti berita yang datang dari setiap penjuru dunia.

2. Memperdalam Pemahaman dan Pengertian Akan Dunia Luar

Bisa dikatakan, belajar bahasa asing membuatmu memiliki rasa toleransi dan tenggang rasa yang tinggi. Kamu dapat memahami dan mengerti tentang apa yang terjadi di luar sana.

3 dari 6 halaman

Manfaat Belajar Bahasa Asing

3. Membantu Meningkatkan Kapasitas Diri

Mempelajari bahasa asing membuat kamu terampil dan kreatif. Kamu juga dapat beradaptasi dan memecahkan masalah dalam situasi yang asing.

4. Menambah Nilai Positif bagi Diri Sendiri

Dengan mempelajari bahasa asing, kamu dapat memiliki peluang lebih besar untuk bekerja di perusahaan asing atau multinasional. Selain itu, kamu dapat memiliki peluang untuk menerima beasiswa studi di luar negeri.

4 dari 6 halaman

Manfaat Belajar Bahasa Asing

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Lancar berbahasa asing disebut baik untuk meningkatkan kesehatan mental. Hal ini berkaitan dengan menurunnya rasa cemas dan khawatir saat seseorang berada di lingkungan dengan bahasa asing. Bahkan, anak-anak yang giat belajar bahasa asing dinilai lebih jarang mengalami frustrasi.

6. Menambah Pilihan bagi Dirimu

Mempelajari bahasa asing menjadikan kamu memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan kehidupan di negeri orang. Kamu dapat bekerja atau melanjutkan studi di universitas ternama di negara lain, yang kamu kuasai bahasanya.

5 dari 6 halaman

Manfaat Belajar Bahasa Asing

7. Membantu Kamu Memahami Budaya Lebih Baik

Dengan memahami bahasa asing dan budaya luar, kamu juga dapat melihat budayamu sendiri dalam perspektif yang berbeda sehingga membantu kamu lebih memahami budayamu.

8. Membantu Kamu Menemukan Teman-Teman yang Asyik

Teman-teman yang asyik dan menarik bisa saja datang dari berbagai suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda. Dengan menguasai bahasa asing, membantu kamu berkomunikasi dengan mereka dan menjaga hubungan pertemananmu.

6 dari 6 halaman

Manfaat Belajar Bahasa Asing

9. Perlambat Penurunan Fungsi Kognitif

Penurunan fungsi kognitif adalah kondisi yang ditandai oleh penurunan daya ingat serta kemampuan berpikir dan berkomunikasi. Beberapa penyebabnya antara lain pertambahan usia, depresi, penyakit tertentu seperti diabetes, tiroid, ginjal, atau liver.

Penurunan fungsi kognitif ini juga menjadi tanda-tanda demensia, sering dikaitkan dengan pikun atau kehilangan daya ingat. Belajar bahasa asing akan memicu otak bekerja lebih keras lagi sehingga penurunan fungsi kognitif ini bisa diperlambat atau bahkan dicegah.

10. Kuatkan Daya Ingat

Kamu tentu sudah paham bahwa saat belajar bahasa asing, kamu akan lebih banyak menghafal kata dan merangkainya ke dalam satu kalimat untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Aktivitas ini bermanfaat untuk memaksimalkan kekuatan otak dalam menyimpan dan mengambil informasi yang ada.

 

Sumber: Magforwomen, Careeraddict

Dapatkan artikel manfaat berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer