Sukses


Daftar Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil, Cocok untuk Anak Muda

Bola.com, Jakarta - Wirausaha merupakan suatu profesi yang menjanjikan keuntungan finansial yang besar.

Wirausaha atau enterpreneur adalah adalah mereka yang selalu bekerja keras dan kreatif untuk mencari peluang bisnis, mendayagunakan peluang yang diperoleh, dan kemudian merekayasa penciptaan alternatif sebagai peluang bisnis baru dengan faktor keunggulan.

Wirausaha mengarah kepada orang yang melakukan usaha/kegiatan sendiri dengan segala kemampuan yang dimilikinya.

Sebagai perencana, wirausaha berperan merancang tindakan dan usaha baru, merencanakan strategi usaha yang baru, merencanakan ide-ide dan peluang dalam meraih sukses, menciptakan organisasi perusahaan yang baru, dan lain-lain.

Berikut contoh wirausaha dengan modal kecil yang cocok untuk anak muda, dinukil dari laman Accurate, Kamis (5/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil

1. Katering Rumahan

Wirausaha dengan membuka katering rumahan merupakan usaha yang dapat dilakukan jika kamu hobi memasak. Kamu bisa menjual nasi bungkus atau sayur sebagai rumah makan versi rumahan.

Kamu bisa menggunakan rumah kamu sebagai tempat usahanya. Banyak juga orang yang bekerja dikantor tidak sempat untuk memasak, dan mereka pasti memesan makanan untuk makan siang atau sore. Ambil peluang ini untuk membuka usaha katering rumahan.

Usaha ini bisa dimulai dengan modal kecil. Alat masak di rumah kamu sudah cukup untuk memulai usaha ini. Kamu tinggal persiapakan bahan-bahan yang akan dimasak dan juga kotak atau bungkus nasi jika mereka memesan dalam bentuk nasi kotak.

Untuk awal, kamu bisa memulai dengan beberapa menu masakan saja, tetapi pastikan rasanya. Namun, jika ada yang memesan katering sesuai menu mereka, kamu harus sesuaikan dengan pesanan dan harganya.

Untuk awal modal Rp1 juta saja sudah lebih dari cukup untuk memulai wirausaha katering ini.

2. Dropship

Contoh wirausaha lainnya yang mudah dilakukan dan tanpa modal adalah melakukan dropship. Dropship bisa dikatakan bisnis yang tanpa mengeluarkan modal hanya paket kouta jika kamu menggunakan media sosial untuk penjualan.

Bisnis dropship adalah bisnis yan paling simpel dan tidak ribet. Kamu hanya memasarkan barang saja. Seluruj packing dan pengiriman sudah dilakukan pemilik produk.

Kamu bisa untung mulai Rp5000 per barang yang kamu jual. Jika dalam sehari kamu mampu menjual 10 barang kamu sudah mendapatkan uang Rp50 ribu. Ini jika untungnya Rp5000, tetapi jika lebih besar lagi maka kamu mendapatkan uang yang lebih besar lagi.

3 dari 4 halaman

Daftar Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil

3. Desain grafis

Desain grafis adalah satu di antara usaha yang dapat kamu lakukan, meski kamu tidak mahir dalam menggambar karena desain bisa dipelajari. J

adi kamu bisa pelajari dahulu cara desain dan membuat desain yang menarik. Jika kamu sudah bisa dalam pembuatan desain, barulah kamu membuka usaha desain grafis.

Kamu bisa menjual jasa desain kamu secara online. Bahkan sudah banyak platform yang menyediakan tempat untuk menjual jasa desain atau menjual hasil desain seperti fiverr, upwork, atau sribu. Kamu juga bisa berkerja sama dengan perusahaan sebagai freelancer jika kamu menguasai desain grafis ini.

Modal untuk wirausaha desain grafis ini adalah kamu harus mempunyai komputer atau laptop untuk mendesain. Jika kamu memiliki laptop atau komputer yang tidak terpakai, gunakan untuk membuat usaha desain ini.

4. Percetakan

Untuk usaha percetakan tidak memerlukan modal yang banyak. Mulailah percetakan dengan skala kecil. Misalnya membuka jasa print atau fotocopy. Usaha ini dapat dilakukan jika kamu dekat sekolah atau kampus. Namun, tidak menutup kemungkinan di tempat biasa juga bisa membuka usaha ini.

Modal untuk usaha percetakan ini kecil, kamu membutuhkan satu laptop atau komputer, satu mesin fotocopy dan satu printer saja dan kamu sudah bisa memulai usaha ini. Tipsnya, carilah tempat yang strategis agar jasa print dan fotocopy kamu laris dan memperoleh keuntungan besar.

4 dari 4 halaman

Daftar Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil

5. Menjual Aneka Minuman

Usaha jual aneka minuman merupakan suatu usaha yang menguntungkan. Usaha menjual minuman ini bisa dengan menjual jus buah atau menjual kopi atau jamu.

Buatlah minuman yang sesuai  kreasimu agar dilirik oleh pembeli. Modal untuk usaha ini cukup kecil dan keuntungan yang didapatkan bisa besar.

6. Menjual Makanan Ringan

Membuka usaha dengan jualan makanan ringan seperti kue kering, keripik, kerupuk hasil buatan sendiri adalah sebuah usaha yang dapat menghasilkan. Contohnya harga kripik pisang satu bungkusnya bisa mencapai puluhan ribu. Sedangkan modal untuk membuat kripik pisang terbilang kecil.

Kamu hanya perlu membeli pisang dengan kualitas terbaik dan mengolahnya menjadi keripik lalu kamu jual.

Jika kamu mampu menjual 100 bungkus dalam satu bulan maka keuntungan kamu besar. Itu hanya untuk satu jenis saja, bagaimana jika mencapai lima jenis makanan ringan, makin besar keuntungannya.

 

Sumber: Accurate

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer