Sukses


Contoh Interaksi Manusia dengan Lingkungan Hidup

Bola.com, Jakarta - Interaksi antara manusia dan lingkungan hidup merupakan proses saling memengaruhi antara satu dan lainnya.

Lingkungan hidup memiliki pengaruh besar bagi manusia karena merupakan komponen penting dari kehidupan manusia.

Begitu pula sebaliknya, manusia memiliki pengaruh besar terhadap lingkungan hidup dalam hal pemeliharaan dan pelestarian.

Lingkungan hidup manusia terdiri atas lingkungan alam, lingkungan, sosial, budaya dan ekonomi.

Berikut penjelasan dan contoh interaksi manusia dan lingkungan hidupnya, dilansir dari lamanĀ spada.uns.ac.id, Kamis (5/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

Hubungan Manusia dan Lingkungan Alam

Alam ibarat seorang ibu yang selalu mendampingi dan menyertai kehidupan masyarakatnya, alam selalu menyertai, setiap tradisi begitu menyatu dengan pola kehidupan. Keselarasan menjadi bukti atau tanda nyata setiap rangkaian kebutuhan sehari-hari.

Lingkungan alam adalah lingkungan yang terbentuk secara alamiah tanpa campur tangan manusia. Lingkungan alam mencakup semua benda hidup dan tak hidup yang terjadi secara alamiah di bumi.

Lingkungan alam terdiri atas komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan yang bukan makhluk hidup. Lingkungan biotik adalah segala benda hidup yang ada di lingkungan.

3 dari 9 halaman

Interaksi Manusia dengan Alam

Interaksi antara manusia dan alam dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang mendominasi alam.

- Interaksi manusia yang menyesuaikan diri dengan alam

Contoh adalah hidup dekat dengan sumber makanannya, manusia menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan, waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca, menghindari tinggal di daerah rawan bencana alam, dan lain-lain.

- Interaksi manusia yang mendominasi alam

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia cenderung melakukan upaya mengambil sumber daya alam. Bahkan, manusia berupaya memodifikasi cuaca dengan mengembangkan teknologi hujan buatan.

4 dari 9 halaman

Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial ialah interaksi di antara masyarakat dengan lingkungan, ataupun lingkungan yang juga terdiri dari makhluk sosial atau manusia.

Lingkungan sosial inilah yang kemudian membentuk suatu sistem pergaulan yang memiliki peranan besar di dalam membentuk sebuah kepribadian seseorang, dan kemudian terjadi sebuah interaksi di antara orang atau juga masyarakat dengan lingkungannya.

Faktor-Faktor Lingkungan Sosial

1. Pengelompokan sosial

Pengelompokan sosial yaitu berbagai macam orang-orang di mana mereka membentuk persekutuan sosial yang dilandasi oleh adanya suatu hubungan kekerabatan seperti keluarga marga dan lainnya.

2. Penataan sosial

Penataan sosialĀ merupakanĀ hal penting untuk bisa mengatur suatu ketertiban dalam kehidupan di masyarakat.

Penataan itu berupa aturan-aturan yang dipakai sebagai pedoman untuk kerja sama dan pergaulan untuk setiap anggotanya, di mana setiap orang harus mempunyai kedudukan yang jelas sehingga akan lebih jelas untuk mengetahui suatu kepentingan satu dengan yang lainnya.

5 dari 9 halaman

Jenis Lingkungan Sosial

1. Lingkungan sosial primer, yaitu satu di antara jenis lingkungan sosial yang mana terdapat sebuah hubungan yang erat di antara anggota satu dengan anggota lainnya, anggota satu yang saling mengenal baik dengan anggota yang lainnya.

2. Lingkungan sosial sekunder, yaitu satu di antara jenis lingkungan sosial yang memiliki hubungan di antara anggota satu dengan anggota yang lainnya memiliki jarak atau kurang akrab.

6 dari 9 halaman

Hubungan Manusia dan Lingkungan Sosial

Manusia sebagai makhluk individu dan sosial. Manusia perlu berhubungan atau berkomunikasi dengan yang lainnya. Maka terjadilah apa yang dinamakan proses sosial. Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan saling memengaruhi antarmanusia.

Proses sosial ini akan terjadi kalau ada interaksi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia.

Dalam interaksi sosial, hubungan yang terjadi harus secara timbal balik dilakukan oleh kedua belah pihak. Hal ini berarti kedua belah pihak harus saling merespons. Proses interaksi sosial akan terjadi apabila di antara pihak yang berinteraksi melakukan kontak sosial dan komunikasi.

7 dari 9 halaman

Lingkungan Ekonomi

Lingkungan ekonomi adalah kondisi ekonomi di negara tempat organisasi internasional beroperasi. Kondisi ekonomi memiliki dampak yang kuat terhadap kinerja dari setiap bisnis karena dapat memengaruhi pendapatan atau beban dari bisnis tersebut.

Hubungan Manusia dan Lingkungan Ekonomi

Manusia dalam kehidupan sehari-hari melakukan interaksi dengan lingkungan ekonominya. Mereka melakukan aktivitas ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya ekonomi yang tersedia.

Sumber daya ekonomi adalah alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik berupa barang maupun jasa.

Sumber daya alam, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan merupakan sumber daya ekonomi. Sumber daya alam dapat berupa lahan, bahan tambang, hewan, tumbuhan dan sebagainya. Tenaga kerja merupakan sumber daya untuk menghasilkan barang dan jasa.

8 dari 9 halaman

Lingkungan Budaya

Lingkungan budaya adalah seperangkat keyakinan, praktik, kebiasaan, dan perilaku yang dianggap umum bagi semua orang yang hidup dalam populasi tertentu. Lingkungan budaya dapat membentuk cara setiap orang berkembang, memengaruhi ideologi dan kepribadian.

Lingkungan budaya dibentuk oleh aktivitas manusia, seperti lanskap budaya di pedesaan, hutan, daerah kota dan kota, struktur arkeologi di tanah atau air, konstruksi dan lingkungan yang dibangun dari berbagai zaman, bersama dengan jembatan, jalan, saluran listrik dan industri, dan daerah pelabuhan.

Lingkungan budaya ditentukan oleh kulminasi beragam aspek budaya yang berpengaruh pada pilihan dan perilaku pribadi. Keyakinan atau kepercayaan terhadap suatu agama adalah fondasi yang penting dari lingkungan budaya tertentu.

Bagi banyak budaya, agama tertentu telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari selama beberapa generasi. Keluarga dan hubungan dalam keluarga adalah faktor tambahan yang menentukan lingkungan budaya.

Banyak budaya terstruktur di sekitar keluarga, sementara yang lain mempromosikan individualitas dan kemandirian. Seperti agama dan keluarga, bahasa adalah unsur terpenting ketiga dari lingkungan budaya.

Di luar komponen-komponen ini, sistem pendidikan dan sosial memengaruhi struktur lingkungan budaya.

9 dari 9 halaman

Hubungan Manusia dan Lingkungan Budaya

Lahirnya kearifan lokal dan bahasa ibu dalam segala ekspresi kehidupan.

Semua masyarakat adat memiliki hubungan spritual, budaya, sosial dan ekonomi dengan wilayah tradisionalnya. Hukum-hukum adat, tradisi dan praktik-praktik yang menggambarkan keterikatan atas tanah dan tanggung jawab untuk melestarikan wilayah tradisional untuk kebutuhan generasi selanjutnya.

Alam begitu ikhlas untuk berbagi dengan manusia dalam kehidupan bersama. Rindangnya pepohonan sebagai wujud berbagi tersebut dan dan menjadi pelengkap dalam proses hidup membaur dan berdampingan.

Bukti terciptanya keselarasan. Pembentukan berdasarkan kisah nyata, langkah dan kehidupan seakan tumbuh selaras menuju keharmonian hidup yang diamanahkan Tuhan kepada manusia. Dari sinilah terlahir kearifan lokal.

Ā 

Sumber:Ā spada.uns.ac.id

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer