Sukses


Macam-Macam Peraturan Permainan Bola Voli

Bola.com, Jakarta - Permainan bola voli merupakan satu di antara olahraga yang cukup eksis di Indonesia, selain sepak bola dan bulu tangkis.

Pasalnya, permainan bola voli dapat dimainkan oleh berbagai kalangan tua, muda, dengan beragam usia serta gender.

Di samping itu, permainan bola voli fleksibel dimainkan karena bisa digelar di berbagai lokasi, seperti lapangan semen, rumput, maupun pasir di pinggir pantai.

Dalam praktiknya, permainan bola voli dimainkan secara beregu. Masing-masing regu dalam olahraga ini terdiri dari enam orang pemain di lapangan.

Meski termasuk satu di antara olahraga yang diminati, masih banyak orang yang belum mengetahui peraturan permainan bola voli secara detail.

Untuk menambah ilmu atau wawasan tentang permainan bola voli, kamu bisa mencermati peraturannya di bawah ini.

Berikut ini macam-macam peraturan permainan bola voli yang mesti dipahami oleh para pemainnya, dikutip dari laman Maxmanroe, Senin (9/1/2022).

2 dari 6 halaman

Ukuran Lapangan

Ukuran lapangan bola voli adalah 9 meter x 18 meter, mengacu pada peraturan dari Federasi Bola Voli Internasional (FIVB). Batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah, dan garis tepi lapangan harus berukuran 5 cm.

Tinggi net untuk tim putera adalah 2,43 m, sedangkan untuk tim puteri adalah 2,24 m. Lebar net bola voli adalah 1 meter, dan jarak tiang net ke garis tepi lapangan sejauh 0,5-1 meter.

3 dari 6 halaman

Standar Bola secara Umum

Standar bola yang digunakan pada permaianan bola voli harus sesuai beberapa kriteria berikut:

  • Bola harus terbuat dari bahan kulit lunak atau sintetis.
  • Bola harus berbentuk bulat dengan diameter 65-67 cm dengan massa 260-280 gram.
  • Bola harus memiliki kombinasi warna sesuai ketentuan.
4 dari 6 halaman

Jumlah Pemain Setiap Regu

Setiap regu dalam permainan bola voli yaitu enam orang, termasuk libero. Libero adalah pemain yang dapat keluar-masuk, tetapi tidak melakukan smes.

Dalam satu pertandingan, setiap tim bola voli terdiri dari 10 pemain yang terdiri dari enam pemain inti dan empat pemain cadangan.

Olah raga ini sebenarnya juga dapat dimainkan dengan empat orang dalam satu tim. Namun, jika dalam pertandingan ternyata ada tim yang pemainnya kurang dari empat orang maka tim tersebut kalah.

5 dari 6 halaman

Aturan

Ada beberapa aturan dan larangan dalam permainan bola voli yang harus dan tidak boleh pemain lakukan. Beberapa aturan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Jersey atau baju seragam tim harus memiliki nomor punggung dan dada. Sedangkan nomor pada celana pendek terdapat pada bagian depan paha kanan. Para pemain juga harus menggunakan kaos kaki dan sepatu karet.
  • Ketika pertandingan berlangsung, para pemain tidak boleh menyentuh net atau melewati batas tengah lapangan. Jika melanggar maka tim lawan akan mendapatkan poin.
  • Bola dianggap out jika telah menyentuh bagian luar permukaan lapangan. Apabila pemain masih mampu memantulkan bola sebelum jatuh ke permukaan lantai maka belum terjadi out.
  • Pemain harus melakukan servis dari luar lapangan dan tidak boleh menginjak atau melewati garis lapangan.
  • Pemain tidak boleh menangkap atau melempar bola, tetapi harus dipantulkan dengan sempurna dengan menggunakan tangan, kepala, atau kaki.
  • Masing-masing tim hanya boleh melakukan satu kali timeout per babak dalam pertandingan.
  • Pergantian pemain dapat dilakukan berkali-kali dan tidak terbatas.
  • Pertandingan berlangsung selama tiga babak (dua kemenangan) atau lima babak (tiga kemengangan).
  • Sistem perhitungan poin dalam permainan bola voli menggunakan sistem rally point dengan jumlah 25 poin. Jika terjadi poin seri 24-24 maka akan terjadi deuce atau tambahan hingga terjadi selisih dua poin.
6 dari 6 halaman

Pelanggaran dan Kesalahan

  • Bola telah dipukul sebanyak tiga kali, tetapi bola belum berpindah ke arah lawan.
  • Seorang pemain menyentuh bola lebih dari sekali sebelum dioper ke pemain lain.
  • Pemain menggunakan waktu lebih dari delapan detik dalam melakukan servis.
  • Pemain memegang, mengangkat, atau membawa bola (menyentuh bola dalam waktu yang lama, bukan memukulnya).
  • Spike dilakukan oleh pemain pada baris belakang, sementara bola berada tepat di atas net.

 

Sumber: Maxmanroe

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer