Sukses


4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli yang Perlu Dikuasai

Bola.com, Jakarta - Permainan bola voli termasuk satu di antara olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Pasalnya, permainan bola voli bisa diikuti oleh semua kalangan masyarakat, dari anak-anak sampai orang tua, laki-laki maupun perempuan, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Tak jarang, turnamen-turnamen voli antarkampung yang dengan mudah dijumpai di berbagai daerah, mampu menyedot penonton dalam jumlah besar. Adapun di level profesional, Indonesia juga memiliki turnamel level tertinggi berlabel Proliga.

Nah, untuk dapat bermain bola voli dengan baik, minimal harus menguasai teknik-teknik dasar. Teknik dasar bola voli yang harus dikuasai dapat dibilang sangat beragam.

Jika kamu berniat untuk mencoba, mendalami, atau bahkan menjadi atlet bola voli, bisa memahami penjelasan teknik dasar permainan bola voli di bawah ini.

Berikut ini rangkuman tentang teknik dasar permainan bola voli yang perlu dikuasai, dilansir dari laman kemdikbud.go.id, Jumat (6/1/2023).

2 dari 5 halaman

Servis

Servis adalah pukulan bola yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan sampai melewati net menuju ke daerah lawan. Teknik ini biasanya dilakukan dengan pukulan keras dan kecepatan tinggi.

Tujuannya agar pemain lawan tidak dapat mengendalikan bola serta mendapatkan angka. Ada bermacam-macam jenis servis, yaitu servis atas kepala (overhead service), servis tangan bawah (underhand service), dan servis loncat (jump service).

3 dari 5 halaman

Passing

Passing adalah mengoperkan bola kepada pasangan main untuk dimainkan di dalam area tim sendiri. Passing dalam permainan bola voli dibedakan menjadi dua macam, yaitu passing atas dan passing bawah.

Passing atas sering digunakan apabila ada bola yang datang berada di atas kepala atau berhadapan lurus dengan posisi badan dan untuk menerima service. Passing atas juga biasa digunakan oleh tosser untuk mengumpan kepada teman yang akan melakukan smes.

Sedangkan dalam permainan bola voli, passing bawah digunakan untuk pertahanan sebuah tim, saat ada serangan oleh lawan.

4 dari 5 halaman

Smes / Spike

Teknik penyerangan dalam permainan bola voli disebut smes. Smes atau spike adalah teknik serangan atau pukulan bola di udara sambil meloncat.

Pukulan dilakukan dengan keras dan menukik yang diarahkan ke area lawan. Bola bergerak melewati atas jaring dan mengakibatkan pihak lawan sulit mengembalikannya.

Smes yang efektif ialah smes dengan cara memukul bola dari atas jaring. Menyerang atau smes dalam permainan bola voli merupakan pukulan ketiga dari sebuah tim.

Dalam teknik smes/spike ini, seorang spiker (penyerang) harus memperhatikan empat langkah dasar dalam melakukan spike, yaitu langkah awalan (approach), lompatan, memukul bola, dan posisi mendarat. Pemukulan bola pada saat melakukan spike dilakukan di udara.

5 dari 5 halaman

Bendungan (Block)

Block atau bendungan merupakan teknik bertahan yang dilakukan di atas net. Teknik ini digunakan untuk menahan smes dari lawan. Cara dalam melakukan block ialah sebagai berikut:

  • Menahan serangan lawan agar bola tidak mampu menyeberangi net dan tetap berada di area lawan.
  • Memperlambat gerakan bola yang telah dismes oleh pemain lawan sehingga lebih mudah untuk dikendalikan.

Block dapat dilakukan oleh satu, dua, bahkan tiga pemain. Block dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu block aktif dan block pasif.

Block aktif dilakukan dengan cara menggerakkan tangan dengan kuat dan lengan dekat sekali dengan net. Sedangkan, block pasif dilakukan dengan menjulurkan tangan ke atas tanpa digerakkan.

Keberhasilan block dapat ditentukan oleh loncatan yang tinggi dan kemampuan menjangkau bola yang telah dipukul oleh lawan.

 

Sumber: kemdikbud.go.id

Dapatkan artikel edukasi dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer