Sukses


Macam-Macam Hak Anak dalam Keluarga yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

Bola.com, Jakarta - Hak anak adalah sesuatu yang wajib dipenuhi oleh orang tua. Hak anak anak tertuang dalam konvensi anak-anak PBB pada tanggal 20 November 1989.

Hak anak tersebut juga disahkan oleh negara Indonesia dalam Keputusan Presiden No. 36 tahun 1990.

Dalam hal ini, ada 10 hak anak yang perlu diketahui. Mulai hak mendapatkan identitas, hak mendapatkan pendidikan, hak bermain, hak jaminan kesehatan, hingga hak mendapatkan perlindungan.

Selain itu, orang tua perlu menjamin kesamaan bagi setiap anak. Terlebih, jika memiliki lebih dari satu anak dalam keluarga, tentu ini menjadi hak penting yang perlu diberikan kepada anak.

Agar lebih paham, berikut penjelasan berbagaiĀ hak anak dalam keluarga, dinukil dari lamanĀ kec-jetis.bantulkab.go.id, Senin (9/1/2023).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Hak Anak dalam Keluarga yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

1. Hak Mendapatkan Identitas

Sebagai seorang individu, anak berhak mendapatkan identitas yang jelas. Dalam hal ini, orang tua tidak hanya wajib memberikan nama yang baik, tetapi juga memberikan data yang jelas dan tercatat dalam negara.

Orang tua perlu mengurus akta kelahiran anak dan memasukkan data anak ke kartu keluarga. Ini adalah dua dokumen penting yang akan dibutuhkan anak di kehidupan kemudian hari.

2. Hak untuk Mendapatkan Pendidikan

Untuk mendukung pendidikan yang baik dan optimal, setiap orang tua wajib membiayai sekolah anak hingga tuntas.

Di Indonesia telah diterapkan wajib sekolah 12 tahun, yaitu hingga bangku sekolah menengah (SMA). Dengan jaminan pendidikan yang baik, anak dapat berkembang menjadi individu yang cerdas dan bijaksana.

3. Hak untuk Bermain

Bukan hanya sekolah, orang tua wajib menjamin hak bermain anak. Bahwa anak membutuhkan waktu bermain agar kehidupannya bisa lebih seimbang.

Termasuk ketika anak sudah memasuki usia sekolah, memberikan waktu bermain yang cukup akan berarti memberi kesempatan anak untuk melepas rasa lelah dan stres dari tugas-tugas sekolahnya Sehingga dari segi kesehatan mental, kesejahteraan anak lebih baik dan terjamin.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Hak Anak dalam Keluarga yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

4. Hak untuk Mendapatkan Perlindungan

Mendapatkan perlindungan termasuk hak pokok yang perlu diberikan setiap orang tua kepada anak. Orang tua wajib menjamin keamanan dan perlindungan anak dari berbagai ancaman, baik kekerasan fisik maupun mental.

Selain itu, orang tua perlu memastikan perlindungan anak dari berbagai hal yang membahayakan dirinya. Bentuk perlindungan ini diberikan baik kepada anak laki-laki atau perempuan.

5. Hak untuk Rekreasi

Orang tua wajib memberikan rekreasi yang cukup pada anak, seperti mengajak anak untuk jalan-jalan di akhir pekan.

Tidak harus pergi ke tempat yang mahal, cukup mengajak anak untuk pergi ke taman bermain di tengah kota, sambil berolahraga dan sebagainya. Cara ini juga mendukung kesejahteraan mental anak yang lebih baik.

6. Hak untuk Mendapatkan Makanan

Sebagai orang tua, wajib untuk mengasuh dan membesarkan anak dari bayi hingga dewasa. Satu di antara kewajiban yang perlu dilakukan adalah menjamin kebutuhan nutrisi makan dengan baik.

Ibu wajib memberikan ASI eksklusif dua tahun pertama anak dan selanjutnya orang tua memberikan makanan yang bersih, sehat, dan bergizi untuk mendukung pertumbuhan anak.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Hak Anak dalam Keluarga yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

7. Hak untuk Mendapatkan Jaminan Kesehatan

Bukan hanya menjamin asupan makanan yang bergizi, orang tua wajib menjamin kesehatan anak, seperti jaminan imunisasi lengkap, posyandu, pemeriksaan gigi, dan jaminan pemeriksaan kesehatan lainnya.

Terlebih ketika anak sakit, orang tua wajib memberikan perawatan yang baik demi kesembuhan anak.

8. Hak untuk Mendapatkan Status Kebangsaan

Status kebangsaan berkaitan dengan pengurusan dokumen penting, seperti akta kelahiran dan kartu keluarga. Dalam pengurusan dokumen tersebut, anak bisa mendapatkan status kebangsaan yang sah dalam suatu negara.

Dengan memiliki status sah maka akan berhak mendapatkan berbagai pelayanan di negara tersebut, mulai pelayanan pendidikan hingga kesehatan.

9. Hak untuk Turut Berperan dalam Pembangunan

Sebagai warga dari suatu negara maka setiap anak berhak turut berpartisipasi dalam pembangunan negara.

Dalam hal ini, orang tua wajib menjamin pendidikan anak dengan baik sehingga anak memiliki bekal ilmu dan pengetahuan untuk membantu pembangunan bangsa dan negara. Dengan begitu, orang tua berperan penting dalam mencetak generasi penerus bangsa yang mumpuni.

10. Hak untuk Mendapatkan Kesamaan

Dalam hal ini, orang tua wajib menjamin kesamaan dan kesetaraan bagi setiap anaknya, baik anak pertama, kedua, ketiga, atau anak laki-laki dan anak perempuan.

Setiap anak harus diperlakukan dengan cara yang sama dan seimbang. Dengan begitu, anak dapat tumbuh menjadi individu yang penuh dengan kasih sayang dari kedua orang tuanya, tanpa dibeda-bedakan.

Ā 

Sumber:Ā kec-jetis.bantulkab

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer