Sukses


4 Contoh Teks Debat Berbagai Topik, Lengkap dengan Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks debat adalah jenis teks yang berisi adu argumentasi antara dua pihak atau lebih untuk mendiskusikan dan memutuskan suatu masalah serta perbedaan.

Teks debat juga dapat diartikan sebagai teks yang menyajikan pendapat dua pihak yang saling mengemukakan berbagai alasan dan argumen dalam sudut pandang atau pendapat yang berbeda (pro-kontra) untuk mempertahankan pandangan masing-masing.

Dengan adanya teks debat, seseorang bisa memahami pesan apa yang penting ingin disampaikan kepada lawannya. Selain itu, teks debat melatih seseorang untuk berani mengemukakan pendapat.

Umumnya, penyusunan teks debat terdiri dari tiga komponen, yakni pengantar, argumen baik dari tim afirmasi (pro) maupun tim oposisi (kontra), dan kesimpulan.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu teks debat. Bagi kamu yang sedang mempelajarinya dan ingin lebih paham, bisa mencermati contoh-contoh di bawah ini.

Berikut ini empat contoh teks debat berbagai topik, lengkap dengan strukturnya yang menarik dibaca, dikutip dari laman Pendidikanpedia, Rabu (11/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Teks Debat tentang Perpustakaan

- Moderator

Selamat pagi teman-teman semuanya, terima kasih atas kehadirannya. Pada kesempatan yang berbahagia ini kita semua akan membahas tentang keberadaan perpustakaan yang makin tergeser. 

- Tim Afirmasi

Kami berpendapat bahwa keberadaan internet memang menggeser posisi dari perpustakaan. Terlebih lagi, internet menyediakan sumber informasi yang sangat melimpah dan dapat diakses dengan waktu yang sangat cepat.

Selain itu, kita tidak perlu repot untuk mengunjungi perpustakaan atau membeli buku untuk mencari informasi. Jadi, menurut kami, internet lebih efektif untuk mencari informasi jika dibandingkan dengan perpustakaan.

- Tim Oposisi

Kami tidak setuju dengan pendapat dari tim afirmasi, menurut kami perpustakaan merupakan sumber ilmu yang tidak bisa kita lupakan begitu saja.

Perpustakaan juga menjadi tempat penyedia informasi yang kredibel karena sudah melalui berbagai macam proses sehingga sangat terjamin valid.

Hal ini berbanding terbalik dengan informasi di internet yang belum tentu terbukti kebenaran informasinya.

3 dari 5 halaman

Contoh Teks Debat tentang Gadget

- Moderator

Selamat siang, terima kasih atas kehadiran teman-teman dalam acara debat hari ini. Baikah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang peran gadget dalam kehidupan sehari-hari. 

- Grup Afirmasi

Menurut pendapat kami, tentu saja gadget sangat penting dan membantu dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk berkomunikasi, gadget akan membantu kita dalam mencari berbagai macam informasi yang didukung dengan adanya internet.

- Grup Oposisi

Gadget memang menjadi satu di antara benda yang cukup penting. Namun, ada baiknya untuk membatasi penggunaan gadget terutama pada situasi tertentu, seperti saat berkumpul bersama teman dan keluarga.

Tak kalah penting, banyak terjadi kasus khususnya di jalan raya di mana banyak orang mengendarai kendaraannya sambil bermain gadget. Hal ini tentu sangat merugikan pengguna jalan lain.

- Grup Netral

Gadget merupakan benda yang sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan karena terbukti sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, kembali lagi kepada masing-masing individu agar dapat menggunakan sarana teknologi yang satu ini dengan sebaik mungkin sehingga akan mendapatkan manfaat positif dari penggunaan gadget.

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Debat tentang Pendidikan

- Moderator

Selamat siang rekan-rekan, terima kasih telah hadir di acara ini. Pada kesempatan yang baik ini kita akan membahas tentang masih "Efektifkah Ujian Nasional".

- Tim Afirmasi

Menurut pendapat kami, ujian nasional merupakan standar kelulusan yang harus tetap dijaga. Selain itu, dengan adanya ujian nasional, tentu akan membuat siswa lebih termotivasi untuk giat dalam belajar.

- Tim Oposisi

Kami tidak sependapat dengan tim afirmasi, menurut kami, ujian nasional sudah tidak lagi efektif. Ujian nasional justru akan menambah beban siswa dan lebih buruknya lagi tidak sedikit siswa yang mengalami depresi ketika gagal melalui ujian nasional.

- Tim Netral

Menurut kami ujian nasional itu cukup penting karena para guru dan siswa tentu akan berusaha sebaik mungkin untuk mencapai target kelulusan.

Hal ini tentu menjadi dorongan yang baik agar mereka bisa saling berlomba dan berusaha sebaik mungkin dalam kegiatan pembelajaran.

Namun, hal itu harus didukung penuh terutama dari pemerintah agar adanya ujian nasional bisa meningkatkan mutu pendidikan.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Debat tentang Kenakalan Remaja

- Moderator

Selamat siang saudara-saudara sekalian, terima kasih atas kedatangannya. Pada kesempatan hari ini kita akan membahas tentang kenakalan remaja yang makin marak terjadi. 

- Tim Afirmasi

Menurut kami, kenakalan remaja kebanyakan terjadi karena kurangnya perhatian orang tua yang mungkin terlalu sibuk dalam pekerjaannya. Hal ini berakibat pada kondisi mental anak yang merasa kurang diperhatikan.

- Tim Oposisi

Kami kurang setuju jika faktor utama kenakalan remaja adalah kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua.

Meski hal tersebut bisa menjadi penyebab, banyak faktor lain yang bisa menyebabkan kenakalan remaja. Satu di antaranya adalah pergaulan di luar rumah yang tidak baik.

- Kesimpulan

Meski perhatian dari orang tua bukan menjadi penyebab utama dari kenakalan remaja, ada baiknya kita sebagai orang tua juga memperhatikan dengan siapa anak kita berteman sehingga akan meminimalisasi pergaulan yang tidak baik di mana akan memengaruhi timbulnya kenakalan remaja.

 

Sumber: Pendidikanpedia

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer