Sukses


4 Contoh Teks Ceramah Berbagai Topik yang Menarik Diamati

Bola.com, Jakarta - Teks ceramah merupakan sebuah tulisan yang terdiri dari beberapa paragraf yang isinya mengandung informasi pengetahuan atau ajakan yang disampaikan di hadapan banyak pendengar mengenai suatu hal.

Adapun tujuan dari teks ceramah adalah untuk memberikan nasihat, petunjuk, atau petuah secara lisan kepada khalayak yang mendengarkan.

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa teks ceramah bersifat edukatif atau memberi pengajaran kepada masyarakat luas dengan tujuan untuk mengajak atau meyakinkan.

Orang yang menyampaikan teks ceramah adalah pakar atau orang yang menguasai bidangnya secara lisan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sebagai informasi, teks ceramah berbeda dengan pidato dan khotbah. Itulah sedikit penjelasan apa itu teks ceramah.

Supaya kamu bisa memahami apa itu teks ceramah lebih dalam lagi, bisa mencermati contoh-contohnya di bawah ini.

Berikut ini empat contoh teks ceramah berbagai topik yang menarik diamati, dikutip dari laman Pendidikanpedia dan Lezgetreal, Kamis (12/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kerukunan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin semua yang saya hormati,

 

Pertama-tama marilah kita ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul di hari yang bahagia ini.

Saudara-saudari yang terkasih, hidup damai dan rukun merupakan dambaan setiap orang. Tak ada yang ingin hidup dalam masalah dan depresi.

Mereka yang ingin mendapat kedamaian dalam hidupnya memiliki cara sendiri dalam mencapai hal tersebut.

Langkah awal untuk mencapai sebuah kerukunan biasanya dilakukan dengan mencintai sesama kita, baik manusia maupun lingkungan.

Hanya dengan itu, kita bisa menerima perlakuan yang sama. Suatu hal yang sulit memang, tapi tak menutup kemungkinan kita dapat melakukannya.

Maka itu, hadirin sekalian, perbedaan merupakan hal yang sering kita jumpai dalam lingkungan masyarakat.

Menjadi manusia utuh dan saling menghargai satu sama lain merupakan kunci hidup rukun dan damai. Sekian yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

3 dari 5 halaman

Keluarga

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin semua yang saya hormati,

 

Pertama-tama mari kita ucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunia-Nya, kita dapat berkumpul di hari yang cerah dan penuh berkah ini.

Setiap orang pasti memiliki yang namanya sebuah keluarga. Keluarga memiliki makna yang sangat mendalam dan memilki beberapa sudut pandang untuk diartikan.

Bukan penjabaran yang harus kita perhatikan, tapi kasih sayang dari keluarga sangat penting dan tak dapat digantikan oleh siapa pun. Dari lingkungan keluarga kita akan mendapatkan kebahagiaan dan ketenteraman batin.

Satu di antara rumah bernyawa yang dapat kita jadikan tempat untuk pulang. Saat kita telah lelah dalam perjalanan mencari jati diri, keluarga selalu menjadi alasan utama tempat kita untuk mengadu. Sebuah kemustahilan jika kita tak memiliki rasa kasih dan sayang terhadap keluarga kita sendiri.

Dengan demikian, sayangilah keluargamu sebagaimana mereka mencintaimu. Sekian, terima kasih.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

4 dari 5 halaman

Akhlak Sosial

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Alhamdulillah, kita ucapkan syukur karena nikmat dari Allah Swt. yang tiada hentinya. Tak lupa selawat serta salam selalu disanjungkan kepada Nabi Muhammad saw. beserta keluarga, dan para sahabatnya.

Akhlak berasal dari bahasa Arab yang berarti tingkah laku, tabiat, dan perangai. Akhlak merupakan satu di antara tolak ukur setiap orang untuk bisa menilai baik buruknya seseorang.

Pada zaman seperti ini banyak dari mereka yang sama sekali tak memperhatikan tentang akhlak. Entah karena perkembangan zaman atau dari diri mereka pribadi yang menolak akhlak terpuji.

Padahal, diutusnya Rasul kita untuk dijadikan contoh dari akhlak yang baik, Rasulullah telah diutus untuk menyempurnakan akhlak setiap manusia agar bisa berjalan bersama dalam ketentraman batin.

Rasul bersabda: "orang mukmin yang paling sempurna adalah yang baik akhlaknya".

Akhlak merupakan poin penting dalam kehidupan, hal yang tak bisa dibeli dengan harta dan benda. Maka itu, mari kita sama-sama menyempurnakan akhlak agar terjauh dari siksa api neraka dan senantiasa dimasukkan ke dalam surga-Nya.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

5 dari 5 halaman

Mendalami Kandungan Al-Qur'an

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

 

Puji syukur kehadirat Allah Swt. karena berkat rahmat-Nya, kita semua masih diberikan kesempatan untuk saling berbagi ilmu dan wawasan dalam keadaan sehat walafiat. Selawat tak lupa tersirat sebagai pengantar salam untuk Nabi Muhammad saw. yang telah membimbing kita kembali ke jalan penuh hidayah. Menjauhkan kita semua dari peradaban jahiliyah yang menyesatkan jiwa.

Hadirin yang dirahmati-Nya, Allah Swt. serta Rasul-Nya telah memperkenalkan manusia pada suatu kitab suci yang menjadi pedoman umat Islam dalam berperilaku dan beribadah. Sesuai dengan perintahnya, umat muslim diwajibkan untuk dapat membaca Al-Qur'an. Umumnya, keindahan huruf Al-Qur'an sudah ditanamkan pada anak sejak usia dini.

Al-Qur'an memiliki banyak keistimewaan, yang jika kita mengamalkannya pahala mengalir tanpa henti. Hal yang paling sederhana adalah ketika mata mulai memandang huruf hijaiyah dan bibir terbuka melafalkan lantunan ayat-ayat sucinya. Pahala yang didapat pun tidak terhitung dari baris ayat, tapi per satu huruf.

Hadirin yang berbahagia, Al-Qur'an merupakan dasar penuntun langkah kita menjalani kehidupan sehari-hari. Berbagai petunjuk tertera jelas dengan terperinci. Bahkan sebab dan akibat yang terjadi ketika manusia lalai menjalankan perintah-Nya pun ada di dalamnya.

Baik urusan dalam bersosialisasi, perjodohan, kekeluargaan, usaha, utang piutang, penyakit hingga masalah hati sekalipun Al-Qur'an memiliki saran dan solusi yang terbaik.

Para hadirin sekalian, bagi orang beriman, keutaman membaca Al-Qur'an adalah mutlak. Di saat tekanan urusan dunia menerpa kita maka bukalah Al-Qur'an dan resapi segala makna yang terkandung. Belum lagi, jika kita menemukan jawaban yang selama ini kita cari dengan hanya membacanya. Segala masalah pun akan cepat terselesaikan. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah Swt.

Oleh itu, Al-Qur'an merupakan pemberi peringatan paling tepat bagi umat muslim yang masih mendekati larangan Allah Swt. Membaca surah-surah pendek dan memahami maknanya merupakan solusi lain ketika diri tengah berada dalam kesibukan yang tidak dapat di tinggalkan. Al-Qur'an diciptakan sebagai amunisi kekuatan ketika berperang melawan tipu duniawi.

Jika napas masih tersimpan dalam raga, semoga kita dapat bertemu kembali. Terima kasih atas segala perhatian para hadirin, buang segala kekurangannya dan ambilah kelebihannya. Semoga dapat bermanfaat, sekian dari saya.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

 

Sumber: Pendidikanpedia, Lezgetreal

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer