Sukses


Manfaat Rutin Mengunjungi Dokter Gigi yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Banyak orang tak menyadari betapa pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Hal sederhana untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan sikat gigi dua kali sehari.

Kesehatan dan kebersihan mulut bisa membuat senyum lebih indah. Selain perawatan gigi di rumah, merawat gigi ke dokter atau klinik gigi adalah tindakan yang sangat tepat.

Namun, padatnya jadwal dalam menjalani aktivitas sehari-hari membuat banyak orang terkadang abai dan malas untuk datang ke daokter gigi.

Padahal, jika tidak dijaga dengan baik berbagai gangguan kesehatan pada gigi seperti gigi berlubang dapat kapan saja menimpamu.

Banyak manfaat baik yang tentunya bisa kamu dapatkan dengan rutin mengunjungi dokter gigi, satu di antaranya terhindar dari penyakit.

Berikut manfaat rutin mengunjungi dokter gigi yang harus Anda ketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (13/1/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Rutin Mengunjungi Dokter Gigi yang Perlu Diketahui

1. Terhindar dari Penyakit Gusi 

Manfaat rutin ke dokter gigi lainnya adalah mampu mencegah penyakit gusi. Penumpukan plak dan karang gigi tidak hanya menyebabkan kerusakan gigi saja, tetapi juga dapat memicu penyakit gusi.

Ketika terjadi penumpukan karang gigi, terjadilah radang gusi atau gingivitis yang memicu gusi bengkak dan berdarah.

Pada tahap ini, perlekatan antara gigi dan gusi lepas sehingga banyak kuman yang bisa berkumpul di area tersebut.

Bila hal ini dibiarkan terus-menerus tanpa perawatan, penyakit gusi akan bertambah parah hingga dapat menyebabkan kerusakan pada tulang yang menahan gigi yang disebut periodontitis. Akibatnya, gigi bisa saja lepas dari tempatnya.

Menurut sebuah studi, penyakit gusi diduga berkontribusi terhadap penyakit jantung atau stroke. Dengan mengatasi penyakit gusi secara dini, Anda dapat terhindar dari kedua penyakit tersebut.

2. Dapat Mendeteksi Gejala Kanker Mulut Stadium Awal

Seperti kanker lainnya, kanker mulut merupakan penyakit yang sangat serius. Di stadium awal, kanker mulut tidak menunjukkan gejala atau hanya menunjukkan keluhan sederhana, misalnya sariawan yang tidak kunjung sembuh sehingga orang sering kali tidak menyadarinya.

Kanker mulut dapat secara cepat berkembang dan dapat mengancam jiwa.

Dengan teratur memeriksakan diri ke dokter gigi, adanya kanker mulut dapat terdiagnosis sejak dini. Dokter akan melakukan skrining kanker mulut selama kunjungan rutin. Kanker mulut diketahui dapat menyebar dengan cepat, tetapi dapat mudah dilawan jika sudah dideteksi selagi tahap awal.

3 dari 5 halaman

Manfaat Rutin Mengunjungi Dokter Gigi yang Perlu Diketahui

3. Gigi Menjadi Bersih dari Plak dan Karang Gigi 

Aktivitas menggosok gigi sebanyak dua kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Tetapi, terkadang itu tidak cukup karena masih saja ada area kecil di mulut yang terlewatkan. Maka itu, Anda harus membersihkannya secara benar dengan teknik yang tepat.

Ketika plak yang menumpuk tidak dibersihkan dengan baik, akan berubah lebih padat menjadi karang gigi yang sangat sulit untuk dihilangkan tanpa bantuan seorang dokter gigi.

Dengan berkunjung ke dokter gigi, dokter akan membersihkan plak dan karang gigi yang menempel pada permukaan gigi. Dokter juga akan menunjukkan cara yang tepat dalam menyikat gigi.

4. Dapat Mendeteksi Kerusakan Gigi Berlubang Secara Dini

Satu di antara manfaat ke dokter gigi secara rutin adalah untuk menghindari masalah-masalah gigi, misalnya gigi berlubang. Sekilas, keluhan gigi berlubang mungkin terlihat kecil dan tidak seberapa.

Namun, jika dibiarkan begitu saja dan menunggu munculnya suatu gejala/keluhan, akan berbahaya untuk kesehatan gigi maupun organ tubuh lain.

Untuk itu, cek ke dokter gigi secara rutin dapat membantu Anda dalam mendiagnosis dan melakukan perawatan secara cepat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Rutin Mengunjungi Dokter Gigi yang Perlu Diketahui

5. Terhindar dari Bau Mulut 

Banyak yang tidak menyadari bahwa satu di antara manfaat ke dokter gigi adalah untuk mengetahui apakah Anda memiliki bau mulut atau tidak lantaran hal ini masih tabu untuk dibicarakan antarteman.

Satu-satunya yang akan menyampaikan kondisi tersebut kepada Anda adalah dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa dan mencari penyebab bau mulut tersebut serta akan membantu mengatasinya.

6. Anak Terhindar dari Sakit Gigi

Jika orang tua rajin mengajak buah hati periksa gigi, bisa mencegah keluhan sakit gigi pada anak. Anda tentu sudah tahu, sakit gigi pada anak dapat mengganggu aktivitas mereka sehari-hari dan tumbuh kembangnya.

Apalagi, ambang rasa nyeri pada anak rendah sehingga walaupun gigi susu sudah berlubang, tidak akan menimbulkan keluhan apa pun pada anak.

Bila tidak segera dilakukan penambalan gigi, kerusakan gigi bisa bertambah berat, dan anak baru akan merasakan sakit gigi jika kondisi gigi berlubang sudah berat.

Jika anak sudah mengeluh sakit gigi, hal itu berarti kerusakan gigi sudah berat dan harus langsung dilakukan perawatan. Jika tidak, kerusakan gigi akan berlanjut sampai ke tempat saraf gigi dan akan menyebabkan abses.

 

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Rutin Mengunjungi Dokter Gigi yang Perlu Diketahui

7. Dapat Mendeteksi Adanya Penyakit Umum Lainnya 

Tujuan pemeriksaan gigi juga dapat memberitahu Anda akan gejala penyakit serius lainnya. Misalnya hipertensi, diabetes, kelainan ginjal, atau penyakit jantung.

Dengan mengetahui gejalanya di tahap awal, dapat menghindarkan Anda dari biaya pengobatan di rumah sakit yang mahal. Apalagi, penyakit tersebut biasanya baru akan menimbulkan gejala pada tahap berat.

8. Gigi Lebih Putih karena Bebas dari Noda

Sering konsumsi minuman seperti kopi, teh, wine dan kebiasaan merokok menyebabkan gigi Anda jadi berubah warna dan membuat senyum menjadi kurang menarik.

Pembersihan gigi pada saat kontrol rutin akan membantu menghilangkan noda yang menempel di gigi. Tetapi, untuk mengatasi noda yang warnanya lebih gelap, bisa jadi memerlukan tindakan gigi lainnya, misalnya bleaching, veneer, atau penggantian tambalan gigi.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 9/10/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer