Sukses


Arti Integrasi beserta Contoh dan Macam-Macamnya

Bola.com, Jakarta - Integrasi adalah tindakan menyatukan komponen yang lebih kecil ke dalam satu sistem yang berfungsi sebagai satu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, integrasi adalah pembaharuan hingga kesatuan yang utuh atau bulat.

Apa itu integrasi? Dari sedikit penjelasan di atas dapat dijabarkan bahwa integrasi merupakan sebuah proses atau tindakan untuk menyatukan komponen lebih kecil ke dalam satu sistem.

Proses ini mengacu pada keterikatan individu dengan masyarakat yang lebih luas, secara umum bisa dalam hal peran pekerjaan, organisasi hingga komunitas.

Integrasi banyak diterapkan dalam segala bidang, seperti sosial, politik, budaya sampai ekonomi yang pada intinya bidang tersebut bisa diperbaharui dan menjadi kesatuan.

Dalam bidang keilmuan, integrasi diartikan sebagai bentuk yang menyatukan elemen-elemen dengan karakter berbeda dan klasifikasinya sesuai konsep, unit dan paradigma.

Agar lebih paham lagi, berikut arti integrasi beserta contoh dan jenisnya, dilansir dari laman sampoernauniversity.ac.id, Senin (16/1/2023).

2 dari 5 halaman

Contoh Integrasi

Contoh ini bisa diambil dari jenis integrasi yang ada, misalnya integrasi sosial ketika muncul konflik antara suku Dayak asli dengan warga Madura di Kalimantan.

Lantaran masalah yang muncul, sejumlah warga Dayak menyerang masyarakat Madura hingga menyebabkan korban jiwa sementara lainnya kehilangan tempat tinggal.

Contoh lain dari integrasi juga bisa dilihat dari jenis integrasi nasional, misalnya POLRI dan TNI memiliki tugas yang sama dalam menghadapi gerakan separatis yang mengancam kedamaian Negara Kesatuan Republik Indonesia, gerakan separatis seperti RMS dan Organisasi Papua Merdeka yang terjadi di Papua.

3 dari 5 halaman

Macam-macam Integrasi

Integrasi Sosial

Integrasi sosial adalah sebuah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat hingga menjadi satu kesatuan. Unsur yang berbeda ini meliputi ras, etnis, agama, bahasa, kebiasaan, sistem nilai, dan lain sebagaianya.

Integrasi Nasional

Integrasi nasional merupakan proses adaptasi antara unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat secara nasional hingga membuat satu pola kehidupan yang serasi dan memberi fungsi tersendiri bagi masyarakat itu.

Dilihat secara makna politis, integrasi nasional adalah penyatuan berbagai kelompok sosial budaya ke dalam kesatuan wilayah nasional dan membentuk identitas nasional.

Integrasi Bangsa

Integrasi bangsa adalah golongan yang beraneka ragam dan berbeda-beda yang tak dapat dirumuskan secara eksak, golongan beranekaragam memiliki beberapa faktor-faktor objektif tertentu, faktor inilah yang membedakan bangsa satu dengan bangsa lainnya.

Integrasi Budaya

Integrasi budaya merupakan proses penyesuaian antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian dalam kehidupan masyarakat.

Contohnya Indonesia memiliki banyak budaya berbeda di setiap daerahnya dan mereka memiliki cara tersendiri untuk melestarikan budaya tersebut.

Integrasi Masyarakat

Sebuah proses perpaduan atau menyatukan unsur-unsur dalam masyarakat yang meliputi pranata sosial, kedudukan sosial, dan peranan sosial. Integrasi bertujuan untuk menyatukan masyarakat, meski adanya kedudukan hingga peranan sosial yang ada berbeda.

4 dari 5 halaman

Proses Integrasi

Proses integrasi dilakukan melalui dua hal, yakni asimilasi dan akulturasi, melalui asimilasi jika bertemunya dua kebudayaan atau lebih saling memengaruhi sehingga memunculkan kebudayaan baru dan meninggalkan sifat asli dari setiap kebudayaan.

Sementara itu, akulturasi jika kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada kebudayaan asing baru sehingga kebudayaan asing yang muncul dapat diterima bahkan diserap hingga diolah dalam kebudayaan sendiri tanpa meninggalkan sifat kebudayaan penerima.

5 dari 5 halaman

Faktor Pendorong Integrasi

Rasa Toleransi

Toleransi dan saling menghormati antarmasyarakat membuat integrasi mampu terbentuk dan ini menjadi faktor pendorong integrasi sosial.

Perbedaan di masyarakat bisa menjadi kesatuan jika adanya rasa toleransi, tenggang rasa, dan rasa saling menghormati di masyarakat maupun berbangsa dan bernegara.

Perkawinan Antarsuku

Menjadi faktor pendorong integrasi nasional, terjadinya perkawinan silang antarsuku membuat dua keluarga yang berbeda menjadi satu kesatuan karena sudah muncul hubungan keluarga. Rasa saling menghormati muncul di antara kedua keluarga dalam perkawinan tersebut.

Komunikasi dan Transportasi Pesat

Pembaharuan hingga menjadi kesatuan tentunya terdapat faktor yang menyebabkan kesatuan tersebut tercipta. Pesatnya komunikasi dan transportasi antardaerah menjadi faktor pendorong dari perkembangan zaman membuat integrasi muncul dengan sendirinya.

Tingkatkan Rasa Solidaritas

Meningkatnya rasa solidaritas yang muncul di antaranya masyarakat atau kehidupan berbangsa dan bernegara. Biasanya muncul saat bersama-sama menghadapi suatu kejadian, pada dasarnya setiap orang tentunya memiliki perasaan saling menolong tanpa memandang kedudukan dan perbedaan.

 

Sumber: sampoernauniversity.ac.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer