Sukses


Contoh Teks Diskusi tentang Teknologi, Menarik untuk Dicermati

Bola.com, Jakarta - Penggunaan teks diskusi dapat ditemui di berbagai kondisi. Misalnya pada sarasehan, seminar, simposium, kongres, rapat, diskusi panel, muktamar, maupun lokakarya.

Selain itu, teks diskusi biasa dijumpai pada suatu masalah kontroversial yang menimbulkan beragam pendapat dari masyarakat. Lantas, apa itu teks diskusi?

Dilansir laman dosenpendidikan.co.id, teks diskusi adalah tulisan yang mengulas sebuah masalah (isu) dengan disertai argumen atau pendapat baik yang mendukung maupun yang menentang isu tersebut serta diakhiri dengan simpulan atau rekomendasi penulis.

Di sisi lain, teks diskusi memiliki tujuan untuk mencari kesepakatan dan kesepahaman gagasan antara orang yang sedang melakukan diskusi.

Satu di antara fenomena atau isu yang kerap diangkat pada teks diskusi ialah tentang teknologi.

Berikut ini beberapa contoh teks diskusi tentang teknologi yang menarik untuk diamati, dikutip dari laman Dosenpendidikan dan Sahabatnesia, Jumat (13/1/2023).

2 dari 4 halaman

Gadget dan Anak-anak

Di zaman sekarang, kemajuan teknologi telah mengalami perkembangan yang pesat, satu di antaranya adalah perkembangan smartphone. Dengan kemajuan teknologi di bidang smartphone ini banyak memberikan kemudahan untuk manusia dalam hal komunikasi lantaran hampir setiap orang di dunia ini menggunakan smartphone untuk mendukung setiap aktivitas yang dilakukan, termasuk anak-anak.

Namun, pemberian smartphone atau gadget pada anak-anak mengalami banyak pro dan kontra di masyarakat.

Bagi masyarakat yang pro, memberikan gadget pada anak-anak akan memberikan kemudahan dalam segala hal, termasuk dalam hal pelajaran. Mereka beranggapan bahwa sekarang adalah zaman di mana anak-anak harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak ketinggalan.

Smartphone juga dinilai mampu memberi dampak positif, atu di antaranya adalah memberi kemudahan dalam hal apa pun. Orang tua pun menjadi lebih mudah dalam mengawasi perkembangan dan segala aktivitas yang dilakukan melalui smartphone anak-anaknya.

Di sisi lain, pemberian gadget pada anak-anak juga lebih banyak memberikan dampak negatif sehingga banyak orang terutama orang tua melarang anaknya untuk bermain smartphone.

Mereka menyayangkan pemberian HP pada anak atau pada anak-anak yang masih di bawah umur. Mereka menganggap smartphone yang diberikan untuk anak-anak justru akan merusak dan akan memberi efek yang sangat buruk pada perkembangan dan perilaku anak.

Dari pendapat dua di atas yang sudah dijabarkan tersebut, bisa disimpulkan bahwa dalam pemberian gadget pada anak-anak khususnya anak-anak di bawah umur menghasilkan pro dan kontra di kalangan masyarakat dan orang tua. Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua harus lebih berhati-hati dalam memberikan fasilitas kepada anak.

3 dari 4 halaman

Perkembangan Teknologi dalam Masyarakat

Perkembangan teknologi secara signifikan mampu memberikan perubahan secara menyeluruh. Berikut ini terdapat contoh teks diskusi tentang teknologi dalam masyarakat.

Perkembangan teknologi yang makin canggih kadang menjadi tidak maksimal karena sumber daya manusia yang tidak mampu menggunakannya.

Dalam hal ini, tidak semua orang paham dan cepat beradaptasi dengan perubahan yang ada. Misalnya, teknologi transportasi, informasi, dan kesehatan secara umum.

Beberapa tahun terakhir, terjadi perubahan yang sangat besar dalam dunia medis atau kesehatan. Banyak penemuan baru yang dirancang khusus untuk menyelamatkan nyawa manusia.

Selain itu, berbagai peralatan medis yang canggih mampu meminimalisir rasa sakit yang dirasakan oleh pasien serta mempercepat proses penyembuhan.

Sama halnya dalam bidang transportasi, teknologi dapat membuat aktivitas manusia menjadi semakin mudah dan cepat.

Masyarakat dapat menggunakan transportasi pribadi maupun umum saat bepergian. Hanya membutuhkan waktu beberapa saat, mereka dapat tiba di tempat tujuan.

Kondisi ini tentu jauh berbeda dari pada zaman dulu yang hanya mengandalkan hewan atau berjalan kaki. Waktu yang dibutuhkan pun sangat lama dan menguras tenaga.

Terlepas dari berbagai keuntungan, teknologi dapat merugikan masyarakat jika tidak digunakan dengan benar. Sebagian besar orang bahkan menganggap teknologi bisa mendatangkan bencana.

Dalam bidang transportasi, kecanduan teknologi membuat orang-orang menjadi malas berjalan, meskipun tujuannya dekat. Hal ini akan meningkatkan jumlah pengeluaran (biaya).

Kesenjangan sosial terlihat makin jelas. Misalnya, orang kaya dapat dilihat memiliki berbagai koleksi mobil mewah sementara orang miskin hanya menggunakan transportasi umum.

Teknologi informasi dapat memberikan referensi budaya dan tempat wisata luar negeri yang indah. Masyarakat menjadi sangat tertarik dan berusaha semaksimal mungkin untuk berkunjung.

Padahal, Indonesia juga memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menawan. Jika terjadi secara terus-menerus maka rasa bangga terhadap negara sendiri menjadi berkurang drastis.

Gunakan teknologi secara bijak dan sesuai kebutuhan untuk mendapatkan berbagai manfaatnya. Masyarakat dapat menjadikan dampak negatif sebagai acuan untuk menghindari hal tersebut.

Teknologi telah memberikan berbagai kemudahan untuk manusia dari segala aspek kehidupan. Meski demikian, teknologi juga dapat mendatangkan banyak kerugian.

4 dari 4 halaman

Perkembangan Teknologi dan Komunikasi

Perkembangan teknologi dan komunikasi tidak bisa dipisahkan, banyak pihak merasa kedua aspek ini berhubungan karena saling memengaruhi. Misalnya kehadiran telepon pintar (smartphone) yang memudahkan banyak kerja manusia.

Telepon pintar memudahkan pengguna dalam melakukan komunikasi, mengakses hiburan, ataupun belajar. Namun, perlu diketahui bahwa perkembangan teknologi memberikan dampak yang berbeda tergantung penggunanya.

Untuk pengguna yang memakai teknologi komunikasi dengan bijak, bukan tidak mungkin banyak manfaat yang didapatkan. Misalnya pengguna smartphone yang bijak bisa dilakukan dengan menggunakan alat tersebut untuk menambah pengetahuan dan belajar.

Sedangkan mereka yang tidak menggunakan perkembangan teknologi dengan baik, malah akan terjebak dan dirugikan. Misalnya pengguna yang lebih banyak bermain game dibandingkan dengan melakukan kewajibannya.

Dari penjelasan diatas, penting untuk diketahui bagaimana memperlakukan perkembangan teknologi dengan baik sehingga tidak memberikan efek dan dampak yang negatif bagi pengguna.

 

Sumber: Dosenpendidikan, Sahabatnesia

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer