Sukses


Apa Itu Teks Diskusi? Ketahui Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Cara Menyusunnya

Bola.com, Jakarta - Teks diskusi dapat ditemui pada kegiatan diskusi-diskusi formal, seperti pada sarasehan, seminar, simposium, kongres, rapat, diskusi panel, muktamar, maupun lokakarya.

Teks diskusi dibuat untuk mendokumentasikan, merangkum, atau menyimpan hal-hal penting dalam suatu pertemuan agar dapat digunakan kembali saat dibutuhkan.

Selain itu, dengan adanya teks diskusi dapat memberikan sudut pandang lain dan lebih luas perihal suatu topik yang sedang dibahas atau dibicarakan dari berbagai aspek.

Sementara itu, teks diskusi umum digunakan juga untuk menyusun sebuah artikel berita, seperti yang dirilis di portal berita online maupun cetak.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan teks diskusi? Untuk lebih detailnya, bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Berikut ini pengertian teks diskusi, ketahui pula ciri-ciri, struktur, jenis, dan cara menyusunnya, dilansir dari laman Rumuspelajaran dan Gurupendidikan, Jumat (13/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi adalah wujud pendapat yang disampaikan oleh berbagai pihak, dari persetujuan hingga penolakan dalam bentuk tulisan.

Tujuan dari teks diskusi adalah untuk menyampaikan pendapat terhadap sebuah isu hingga kemudian menciptakan kesepakatan bersama. Selain itu, tujuan lain dari teks diskusi untuk menguji sistem dan respons dari sebuah isu hingga bertukar pikiran.

Pada dasarnya, teks diskusi merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak, baik pro maupun kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi.

Pihak pro adalah mereka yang menyetujui topik diskusi, sementara pihak kontra adalah mereka yang tidak setuju.

3 dari 7 halaman

Ciri-ciri Teks Diskusi

- Menggunakan istilah-istilah umum terkait dengan topik diskusi.

- Menggunakan kata hubung menunjukkan suatu perlawanan, seperti: sedangkan, tetapi, namun, bukan, melainkan, tidak, tetapi, dan akan tetapi.

- Menggunakan kalimat yang mendukung atau menolak argumen, misalnya:

  • Saya sependapat dengan...
  • Pendapat saudara terlalu..., sehingga saya tidak setuju.
4 dari 7 halaman

Struktur Teks Diskusi

  • Isu

Isu berisi mengenai masalah yang akan didiskusikan atau dibahas lebih lanjut.

  • Argumen yang Mendukung

Pada bagian pendapat yang mendukung ini, kamu dituntut untuk menjabarkan lebih lanjut mengenai penjelasan tentang masalah yang sedang dibahas.

  • Argumen yang Menentang

Argumen yang menentang berisi mengenai pertentangan terhadap masalah yang sedang dibahas disertai alasan-alasan yang mendukung.

  • Kesimpulan

Berisi kesimpulan dan rekomendasi mengenai isu yang dibahas. Usahakan mengambil jalan tengah dari isu yang dibahas.

5 dari 7 halaman

Jenis Teks Diskusi

  • Seminar

Seminar ialah sebuah pertemuan khusus yang mempunyai teknis dan akademis yang bertujuan untuk melaksanakan studi secara menyeluruh tentang suatu topik tertentu dengan pemecahan suatu permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para peserta seminar yang dipandu oleh seorang guru besar ataupun cendekiawan.

  • Sarasehan

Sarasehan ialah sebuah pertemuan yang dilakukan untuk mendengarkan pendapat seseorang yang ahli di dalam bidang tertentu, yang mana kegiatan ini akan dilakukan dengan cara mengundang atau menghadirkan sekelompok undangan tertentu.

  • Simposium

Simposium ialah sebuah pidato pendek yang disampaikan oleh seseorang di depan para peserta/pengunjung yang datang. Contoh: Simposium Nasional Akuntasi.

  • Diskusi Panel

Pengertian diskusi panel adalah sekelompok individu yang membahas topik tentang kelebihan pada masyarakat atau pendengar diskusi.

Diskusi panel juga disebut sebagai forum pertukaran pikiran yang dilaksanakan oleh sekelompok orang di hadapan sekelompok hadirin mengenai suatu masalah tertentu yang telah dipersiapkannya.

6 dari 7 halaman

Jenis Teks Diskusi

  • Kongres

Kongres ialah pertemuan besar para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk membahas (mendiskusikan) serta mengambil keputusan.

  • Muktamar

Muktamar ialah sebuah pertemuan atau permusyawaratan tertinggi yang diadakan oleh pimpinan pusat dalam sebuah organisasi, yang mana pertemuan itu akan dihadiri oleh para wakil organisasi tersebut untuk mengambil keputusan tentang suatu permasalahan yang sedang dihadapi bersama di dalam organisasinya.

  • Lokakarya

Lokakarya ialah pertemuan atau acara yang dilaksanakan oleh para ahli di bidang tertentu yang memiliki tujuan untuk membahas suatu permasalahan yang terkait dengan keahlian mereka, sekaligus untuk mencari solusi bagi masalah yang sedang dihadapinya tersebut.

7 dari 7 halaman

Cara Menyusun Teks Diskusi

  • Menentukan topik masalah atau isu.
  • Menentukan tujuan (memberi penjelasan tentang pro dan kontra).
  • Mencari informasi serta data tentang isu yang dipilih.
  • Menyusun karangan teks.
  • Mengembangkan karangan menjadi teks diskusi.
  • Merevisi atau menyunting teks diskusi.

 

Sumber: Rumuspelajaran, Gurupendidikan

Dapatkan artikel edukasi berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer