Sukses


Macam-Macam Bahaya Memakai Sepatu Hak Tinggi

Bola.com, Jakarta - Menggunakan sepatu hak tinggi atau high heels sudah menjadi bagian dari gaya berbusana. Meski begitu, kamu penyuka high heel perlu mengetahui bahaya kesehatan memakai sepatu hak tinggi.

Ya, ada bahaya kesehatan yang mengintai apabila kamu terus-menerus memakai sepatu hak tinggi. Pemakaian high heels yang kurang bijak bisa menyebabkan gangguan kesehatan, khususnya pada bagian kaki.

Beberapa bahaya tersebut, di antaranya nyeri lutut dan gangguan saraf.

Guna mengurangi risiko bahaya tersebut, ada beberapa langkah antisipasi yang bisa kamu lakukan, seperti memilih ukuran sepatu hak tinggi yang sesuai. Hindari memilih sepatu dengan ukuran yang terlalu sempit.

Pilih hak sepatu yang lebih tebal dan memiliki bagian ujung yang sesuai dengan ukuran kaki kamu. Pilih juga high heels dengan bantalan berbahan silikon agar dapat menurunkan tekanan pada telapak kaki.

Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam bahaya memakai sepatu hak tinggi, disadur dari Klikdokter, Minggu (15/1/2022).

2 dari 4 halaman

Bahaya Memakai Sepatu Hak Tinggi

1. Nyeri Tumit

Nyeri tumit dan mata kaki adalah keluhan yang paling umum ditemui akibat penggunaan sepatu hak tinggi. 

High heels dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada daerah telapak kaki sehingga mencetuskan keluhan nyeri. 

Risiko mengalami kondisi ini makin meningkat apabila kamu menggunakan sepatu hak tinggi seharian penuh.

2. Nyeri Punggung

Bahaya memakai high heels berikutnya adalah nyeri punggung. Kondisi ini berkaitan dengan perubahan postur tubuh akibat menggunakan sepatu hak tinggi dalam jangka panjang. 

Tubuh mengalami pergeseran titik tumpuan berat badan sehingga memicu nyeri punggung bawah.

3. Nyeri Lutut

Ketika menggunakan sepatu hak tinggi, beban lutut kamu bisa semakin berat. Akibatnya, sendi lutut bisa mengalami tekanan yang cukup hebat. Hal ini dapat berujung pada keluhan nyeri lutut.

 

3 dari 4 halaman

Bahaya Memakai Sepatu Hak Tinggi

4. Cedera Otot

Sepatu hak tinggi berpotensi menyebabkan cedera otot. Cedera utamanya dialami kamu yang menggunakan high heels berukuran terlalu kecil. 

Cedera akibat sepatu hak tinggi juga dapat terjadi akibat ketakseimbangan tubuh ketika berjalan. Maka, kamu lebih rentan terjatuh ketika menggunakan sepatu tersebut.

5. Cedera Pergelangan Kaki

Berdasarkan jurnal Foot & Ankle International, makin tinggi hak sepatu kamu, makin mudah pula cedera pergelangan kaki terjadi. 

Terlebih, ketika kamu berjalan di area yang tidak rata. Lubang, gundukan, maupun batu berpotensi menyebabkan kamu terpeleset sehingga pergelangan kaki jadi terkilir. 

6. Kelemahan Otot

Otot betis akan bekerja lebih berat apabila kamu menggunakan sepatu hak tinggi terlalu lama. Hal ini bisa berujung pada kelemahan otot betis. 

Bukan tidak mungkin, kamu jadi merasa lebih sulit untuk menaiki tangga atau sekadar bangkit dari kursi.

 

4 dari 4 halaman

Bahaya Memakai Sepatu Hak Tinggi

7. Gangguan Saraf

Perubahan postur tubuh dapat mengganggu kesehatan tulang belakang. Hal ini dapat meningkatkan risiko saraf terjepit.

Saraf kejepit bisa menyebabkan area tulang belakang yang bermasalah mengalami kebas, nyeri, hingga sensasi terbakar.

8. Kalus

Terlalu lama memakai sepatu hak tinggi dapat menimbulkan efek penebalan di bagian tepi kaki. Kondisi ini dikenal dengan istilah callus. 

Pada dasarnya, callus adalah bentuk pertahanan diri kulit untuk menghadapi gesekan dan tekanan berlebih akibat penggunaan high heels.

9. Perubahan Postur Tubuh

Penggunaan sepatu hak tinggi dapat membuatmu berjalan dengan posisi tidak seimbang. Hal ini bisa membuat tulang belakang menjadi tidak sejajar. 

Lama-kelamaan tulang belakang yang tidak sejajar bisa menyebabkan gangguan postur tubuh.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 13/9/2022)

Silakan klik tautan ini untuk artikel macam dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer