Sukses


Macam-Macam Penyebab Batuk yang Disertai Muntah

Bola.com, Jakarta - Batuk merupakan respons alami tubuh terhadap sesuatu yang masuk dan mengiritasi tenggorokan atau saluran pernapasan. 

Tujuan batuk adalah agar udara dapat memaksa iritan keluar guna mencegah tersedak atau infeksi yang bisa membahayakan tenggorokan.

Pada beberapa kondisi, seseorang bisa mengalami batuk dengan intesitas kencang dan tak kunjung henti.

Saking kencangnya batuk yang terjadi, tak jarang batuk tersebut disertai dengan muntah-muntah dan sakit pada bagian dada.

Lantas, apa penyebab batuk yang dialami seseorang jika disertai dengan muntah?

Berikut macam-macam penyebab batuk yang disertai muntah, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (16/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Batuk yang Disertai Muntah

1. Asma 

Pada kasus asma, saluran udara akan menyempit sebagai reaksi terhadap alergen atau iritan. Hal ini dapat memicu batuk, juga kesulitan bernapas, mengi, dan penumpukan lendir di paru-paru.

Asma dapat pula menyebabkan batuk kering kronis, yang bisa cukup parah untuk menyebabkan muntah.

2. Infeksi

Beberapa jenis infeksi dapat menyebabkan penyakit dengan gejala batuk parah, seperti bronkitis, radang paru-paru, dan pertusis.

Penyakit-penyakit tersebut dapat meningkatkan produksi lendir di saluran pernapasan sehingga memicu batuk parah. Dalam kasus ini, tersedak dan muntah dapat terjadi akibat batuk parah yang dialami oleh pengidapnya.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Batuk yang Disertai Muntah

3. Merokok 

Ada kandungan di dalam asap rokok yang dapat menyebabkan kerusakan elemen pelindung saluran udara di paru-paru. Hal ini membuat lendir, kuman, dan partikel asing tidak dapat dibersihkan dari saluran udara dengan baik.

Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak perokok mengalami batuk yang berlangsung berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Batuk perokok, demikian sebutannya, bisa bersifat kering atau berdahak. Terkadang, batuk bisa dirasakan sangat parah sehingga menyebabkan muntah.

4. Penyakit

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan kondisi yang umumnya ditemukan pada perokok. Penyakit ini membuat paru-paru dan saluran udara meradang sehingga udara kesulitan untuk melewatinya.

Batuk kronis dan parah adalah satu di antara gejala PPOK. Pada beberapa kasus, batuk kronis sangat parah akibat PPOK bisa disertai dengan keluhan muntah-muntah.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Batuk yang Disertai Muntah

5. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) 

Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD adalah kondisi yang terjadi akibat asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Hal tersebut bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan sehingga menyebabkan batuk yang terkadang disertai muntah.

6. Efek Samping Obat Tekanan Darah

Jenis obat tekanan darah yang dikenal sebagai penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE) dapat menyebabkan batuk parah. Pada beberapa orang, keluhan tersebut disertai dengan muntah-muntah.

7. Pneumonia

Batuk sampai muntah bisa disebabkan oleh pneumonia. Pneumonia merupakan peradangan pada satu atau kedua paru-paru yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, hingga jamur. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 1/9/2021)

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer