Sukses


Apa Itu Teks Berita? Ketahui Ciri, Unsur, Struktur, Tujuan, Fungsi, dan Pedoman Penulisannya

Bola.com, Jakarta - Di kehidupan sehari-hari, kita senantiasa membaca teks berita demi mendapatkan informasi serta mengetahui peristiwa yang baru saja terjadi dan sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat.

Bisa dikatakan, kita tidak bisa lepas dari teks berita. Teks berita bisa kita peroleh melalui media mainstream, seperti media cetak atau elektronik.

Seiring perkembangan teknologi informasi, teks berita makin mudah didapatkan di mana-mana. Dengan membuka situs internet melalui smartphone atau laptop, kamu bisa mengonsumsi teks berita yang diinginkan.

Berdasarkan pemaparan di atas bisa disimpulkan bahwa cara penyampaian teks berita dibagi menjadi dua jenis, yakni disampaikan secara lisan dan secara tertulis (tulisan).

Agar lebih memahami apa itu teks berita, simak penjelasan mengenai teks berita yang telah dirangkum pada artikel ini.

Berikut ini pengertian teks berita, ciri-ciri, unsur-unsur, struktur, tujuan, fungsi, dan pedoman penulisannya, dikutip dari laman Gurupendidikan dan Pintarnesia, Senin (16/1/2023).

2 dari 7 halaman

Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah suatu teks yang digunakan untuk menyampaikan kabar atau informasi kepada masyarakat mengenai suatu peristiwa atau kejadian aktual dan faktual yang diinformasikan secara tertulis.

Dikatakan faktual karena teks berita sebaiknya ditulis sesuai kenyataan. Sementara itu, aktual merupakan kejadian yang dituliskan baru saja terjadi.

Dapat disimpulkan apabila teks berita berisi mengenai segala kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi dan sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat luas dalam waktu tersebut.

3 dari 7 halaman

Ciri-ciri Teks Berita

  • Faktual

Berarti suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi dan dapat dirasakan serta dibuktikan kebenarannya.

  • Aktual

Berarti kejadian yang bersifat baru, terkini, dan sedang menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat umum.

  • Unik dan Menarik

Unik berarti setiap wartawan atau portal penyedia berita memiliki editorial, redaksi, hingga diksi yang khas. Menarik berarti berita menyajikan fakta aktual yang diinginkan oleh masyarakat atau menimbulkan rasa ingin tahu dan ketertarikan dari masyarakat untuk membacanya.

  • Berpengaruh bagi Masyarakat Luas

Teks berita harus memberikan pengaruh bagi kepentingan orang banyak.

  • Objektif

Berita yang disampaikan benar-benar berdasarkan fakta tanpa rekayasa atau dipengaruhi oleh pendapat pribadi dalam pelapornya.

  • Terdapat Waktu dan Tempat Kronologi Kejadian

Berita biasanya dilengkapi dengan runtutan waktu atau kronologi kapan terjadinya suatu peristiwa.

  • Bahasa Baku, Sederhana, dan Komunikatif

Pada umumnya berita berisi tulisan yang menggunakan bahasa baku sesuai PUEBI, sederhana, tetapi tetap menarik dan tidak membingungkan ketika dibaca (mudah untuk dikomunikasikan).

4 dari 7 halaman

Unsur-unsur Teks Berita

  • What (Apa)

Nama atau identitas dari suatu kejadian atau peristiwa yang baru atau sedang terjadi. Apakah menyangkut hidup seseorang atau kejadian tanah longsor? banjir? kerusuhan? apa yang diberitakan.

  • Who (Siapa)

Siapa saja yang terlibat dalam suatu kejadian atau peristiwa? atau siapa tokoh utama yang menjadi sorotan berita?

  • Where (Di mana)

Unsur ini menyatakan lokasi atau daerah tempat terjadinya peristiwa. Dalam kriminal istilahnya biasa disebut dengan TKP atau tempat kejadian perkara.

  • When (Kapan)

Waktu menyatakan kapan suatu kejadian atau peristiwa yang dilaporkan terjadi. Bisa mencakup tanggal, hari, jam, menit, atau umum, seperti pagi, siang, dan sore.

  • Why (Mengapa)

Alasan mengapa peristiwa atau kejadian yang dilaporkan dapat terjadi. Unsur ini juga mencakup untuk mengetahui secara detail penyebab dari suatu peristiwa yang telah terjadi.

  • How (Bagaimana)

Bagaimana keadaan atau proses terjadinya suatu kejadian, termasuk akibat yang ditimbulkan atau justru yang diharapkan dari peristiwa tersebut jika peristiwa tersebut berupa acara yang sengaja dibuat (konser amal, pentas seni, dan sebagainya).

5 dari 7 halaman

Struktur Teks Berita

  • Orientasi Berita

Berisi pembuka dari peristiwa yang diberitakan di teks tersebut. Umumnya tertera penjelasan singkat tentang berita yang sedang dibahas.

  • Peristiwa

Mengenai proses kejadian dari awal sampai akhir berdasarkan peristiwa yang terjadi serta menjelaskan berdasarkan fakta yang ada.

  • Sumber Berita

Dari mana asal sumber berita tersebut muncul, sumber berita tidak selamanya ditulis pada bagian akhir berita.

6 dari 7 halaman

Tujuan dan Fungsi Teks Berita

Teks berita memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi penting yang layak dikonsumsi oleh khalayak umum. Fungsi dari teks berita adalah mengetahui informasi terkini.

7 dari 7 halaman

Pedoman Penulisan Teks Berita

  • Teks berita diletakkan pada paragraf pertama dan harus mencerminkan pokok penting dari suatu berita yang dibuat.
  • Teks berita tidak memiliki lebih dari 45 kata dan sebaliknya tidak lebih panjang dari tiga kalimat yang memuatnya.
  • Beberapa hal yang tidak begitu mendesak, disarankan untuk dimuat pada tubuh berita bukan dalam teks berita.
  • Penggunaan unsur why dan how diperjelas dalam tubuh berita dan tidak disertakan dalam teks berita.

 

Sumber: Gurupendidikan, Pintarnesia

Dapatkan artikel edukasi berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer