Sukses


Contoh Hadas Besar dan Kecil beserta Cara Membersihkannya

Bola.com, Jakarta - Hadas adalah kondisi seseorang dalam keadaan tidak suci. Keadaan hadas ini membuat manusia tidak diperbolehkan untuk melakukan ibadah seperti shalat, berpuasa, memegang Al-Qur'an, dan lain sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, hadas adalah keadaan tidak suci pada diri seorang muslim yang menyebabkan ia tidak boleh shalat, tawaf, dan lain sebagainya.

Hadas menurut cara mensucikan dibedakan menjadi dua macam, yaitu hadas besar dan kecil. Hadas besar adalah hadas yang harus disucikan dengan cara mandi.

Sedangkan hadas kecil adalah hadas yang dapat disucikan dengan cara berwudu atau tayamum saja. Tayamum dapat dipilih untuk bersuci dengan catatan sedang berhalangan memakai air.

Agar lebih paham berikut contoh hadas kecil dan besar beserta cara membersihkannya, dilansir dari laman Risalahmuslim dan Masjidpedesaan ,  Senin (16/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Contoh Hadas Kecil dan Besar

Contoh hadas kecil adalah buang air kecil, besar, atau keluar udara dari dubur. Cara membersihkan hadas kecil cukup dengan berwudu atau tayamum saja.

Sedangkan contoh hadas besar adalah haid, junub, nifas, dan keluar mani. Mandi untuk membersihkan diri dari hadas dinamakan mandi wajib atau mandi besar.

Mandi wajib atau mandi besar dilakukan dengan cara meratakan seluruh air ke seluruh bagian tubuh.

3 dari 3 halaman

Rujukan Soal Hadas Kecil dan Cara Membersihkannya

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kakimu, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak bermaksud menyerang kamu, tetapi Dia bermaksud membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (QS Al Maidah : 6)

 

Sumber:  Risalahmuslim, Masjidpedesaan

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengikuti tautan ini .

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer