Sukses


Contoh-Contoh Perilaku Tidak Jujur dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Sifat jujur merupakan akhlak mulia yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam berbagai aspek kehidupan. Dunia akan menjadi lebih indah dan damai jika banyak orang-orang yang bersifat jujur.

Meski begitu, masih ada sebagian orang yang sering tidak jujur. Perilaku tidak jujur merupakan perbuatan buruk yang banyak terlihat dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini umumnya dilakukan oleh orang-orang yang lemah imannya. Di mana perbuatan curang telah menjadi kebiasaan dan dianggap bukan perbuatan dosa sehingga menimbulkan kerugian bagi orang lain.

Hampir dalam semua bentuk interaksi yang dilakukan oleh mereka yang tidak berperilaku jujur, selalu saja dibumbui dengan kecurangan, kebohongan, dan pengkhianatan.

Seluruh manusia tentu tidak ada yang senang diperlakukan tidak jujur, dan semua sepakat bahwa perilaku tidak jujur merupakan perbuatan buruk dan tidak terpuji.

Berikut ini beberapa contoh perilaku tidak jujur dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X terbitan Kemenag, Rabu (18/1/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Tidak Jujur

Manipulasi Data

Manipulasi data merupakan proses rekayasa dengan melakukan perbuatan menambahkan, menghapus, menyembunyikan, mengganti, menghilangkan atau mengkaburkan informasi/data.

Hal tersebut yang membuat ketakbenaran informasi/data sehingga dapat merugikan pihak-pihak tertentu. Contoh: mark up harga, pemalsuan identitas diri, dan lain-lain.

Berbuat Curang

Curang merupakan perbuatan yang tidak jujur yang dilakukan oleh seseorang dengan menyembunyikan kebenaran dalam rangka mencari keuntungan sehingga menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan.

Perilaku curang dapat terjadi dalam segala aspek kehidupan atau dalam segala aktivitas yang dilakukan manusia.

Contoh pemimpin yang curang, yaitu pemimpin yang tidak amanah, berbuat curang dalam jual beli, penjual yang mengurangi takaran atau meteran atau menyembunyikan barang yang cacat, pembeli yang menipu dengan cek kosong, praktik kecurangan ketika ulangan atau ujian, jual beli ijazah di dunia pendidikan, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Tidak Jujur

Sumpah Palsu

Sumpah palsu adalah pernyataan dusta yang diucapkan dengan sengaja, secara khusus dengan bersaksi kepada Allah Swt. untuk menguatkan suatu perkara.

Sumpah palsu sering terjadi dalam urusan persidangan, seperti memberi kesaksian palsu, menyampaikan informasi yang tidak sesuai dengan fakta atau untuk menguatkan sesuatu.

Contohnya dengan mengucapkan, "Demi Allah, saya tidak melakukannya", atau "Demi Allah, saya melihat dia melakukan perbuatan tidak senonoh tersebut". Padahal, yang diucapkan tersebut tidak benar.

Menyebar Berita bohong

Menyebar berita bohong juga menjadi satu di antara perilaku tidak jujur yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari. Apalagi di era digital seperti sekarang.

Berita bohong tersebut disebar lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line, WhatsApp, You Tube, dan media online lainnya.

Maka itu, penting untuk selalu mengecek dan mengonfirmasi kebenaran sebuah berita terlebih dahulu.

4 dari 4 halaman

Hikmah Berperilaku Jujur

Bagi kamu yang suka berbohong, penting untuk mengetahui hikmah berperilaku jujur. Berikut ini beberapa hikmah berperilaku jujur yang dapat kita petik.

a. Adanya perasaan nyaman dan hati tenang karena dalam kehidupannya tidak ada hal-hal yang harus disembunyikan atau ditutupi atau dirahasiakan.

b. Tidak berurusan dengan lembaga-lembaga penegak hukum seperti kepolisian, kejaksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dengan perbuatan curang yang dilakukan

c. Adanya kemudahan dalam menjalani aktivitas kehidupan disebabkan adanya kepercayaan dari orang lain dan juga akan disukai oleh orang banyak.

d. Selamat dari azab dan laknat Allah Swt. karena sudah berhasil menjauhi sifat dusta yang merupakan satu di antara sifat orang munafik.

e. Adanya jaminan masuk surga oleh Allah Swt. karena dengan kejujuran akan membawa kepada kebaikan, terkumpulnya kebaikan itulah yang akan mengantarkan ke surga.

f. Adanya jaminan dicintai oleh Allah Swt. dan rasul-Nya karena sudah melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya.

 

Sumber: Kemenag

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer