Sukses


9 Penyebab Utama Insomnia yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Penyebab insomnia penting untuk diketahui bagi kamu yang memiliki gangguan tidur. Gangguan ini tak boleh diabaikan dan dianggap sembarangan karena akan berakibat terhadap kondisi kesehatanmu.

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meski memiliki cukup waktu untuk melakukannya.

Insomnia bisa bersifat jangka pendek (akut) atau berlangsung lama (kronis). Kondisi ini terkadang juga bisa datang dan pergi.

Jika dibiarkan, insomnia tidak hanya akan memengaruhi kesehatan fisik saja, tetapi insomnia juga bisa berpengaruh langsung dengan suasana hati yang kamu miliki.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7-8 jam semalam untuk beristirahat. Saat mengalami insomnia, durasi tidurmu pasti berkurang. Bahkan tidur yang berkualitas pun tidak bisa kamu miliki.

Ada beberapa penyebab insomnia yang perlu kamu ketahui dan waspadai, satu di antaranya adalah kondisi stres yang sedang kamu rasakan.

Berikut beberapa penyebab utama insomnia, yang perlu diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (18/1/2023).

2 dari 4 halaman

Penyebab Utama Insomnia

1. Makan Berlebihan Mendekati Jam Tidur

Ngemil sebelum tidur mungkin tidak akan berpengaruh. Namun, makan terlalu banyak bisa menyebabkan fisikmu terasa tidak nyaman, khususnya saat berbaring ketika hendak tidur. 

Sebagian besar orang bisa mengalami nyeri perut. Ada pula yang merasakan kembung akibat aliran balik asam dan makanan dari lambung ke kerongkongan setelah makan. Kondisi tersebut rentan membuatmu tetap terjaga dan sulit tidur.

2. Gangguan Kesehatan Mental

Gangguan kecemasan, seperti gangguan stres usai trauma tertentu, dapat mengganggu tidurmu. Selain itu, terbangun terlalu dini juga bisa menjadi pertanda depresi. Itulah mengapa, insomnia sangat mungkin terjadi pada gangguan kesehatan mental lainnya pula.

3. Konsumsi Obat-obatan

Banyak obat resep justru dapat mengganggu siklus tidur seseorang, seperti golongan antidepresan, obat asma, dan antihipertensi.

Selain itu, obat yang dijual bebas harus dihindari karena dapat mengganggu kualitas tidurmu.Contohnya seperti obat antinyeri, antialergi, obat flu, dan produk penurun berat badan yang mengandung kafein dan stimulan lain. 

3 dari 4 halaman

Penyebab Utama Insomnia

4. Stres

Kekhawatiran berlebih tentang pekerjaan, sekolah, kesehatan, keuangan atau kondisi keluarga dapat membuat pikiranmu tetap aktif di malam hari sehingga sulit terlelap. Peristiwa atau trauma dalam keseharian yang penuh tekanan hingga membuat stres tersebut juga bisa menyebabkan insomnia. 

5. Jadwal Perjalanan dan Waktu Kerja

Siklus organ tubuh atau sering disebut ritme sirkadian bertindak sebagai pengatur siklus tidur bangun, metabolisme, dan suhu tubuh. Jika ritme sirkadian tubuh yang sebelumnya sudah teratur, tetapi karena beberapa alasan menjadi terganggu, hal ini bisa menyebabkan insomnia.

Penyebab kondisi ini termasuk jet lag setelah bepergian melintasi beberapa zona waktu, perubahan jam kerja atau shift yang sering berubah.

6. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Selain aktivitas fisik berat sebelum tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman, kebiasaan menonton TV dan memakai gawai, kebiasaan tidur yang tidak terjadwal dengan baik juga bisa mengganggu siklus tidur.

Solusinya, hindari kebisaan di atas, dan usahakan agar jadwal tidurmu menjadi lebih teratur.

4 dari 4 halaman

Penyebab Utama Insomnia

7. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi tertentu bisa mengganggu tingkat kelelapan tidur seseorang. Beberapa gangguan kesehatan – seperti nyeri kronis, kanker, penyakit jantung, asma, sleep apnea penyakit refluks gastroesofageal (GERD), dan gangguan tiroid - bisa mengganggu tidurmu.

8. Kafein, Nikotin dan Alkohol

Kopi, teh, soda, dan minuman berkafein lainnya merupakan suatu stimulan. Mengonsumsinya di sore atau malam hari bisa membuatmu sulit tertidur lelap di malam hari.

Nikotin dalam tembakau juga bisa mengganggu tidurmu. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan kantuk, tetapi mencegah tahap tidur yang lebih dalam. Akibatnya, kamu jadi mudah terbangun dari tidur.

9. Fisik Tidak Aktif di Siang Hari

Tidak aktif secara fisik pada siang hari, pasti membuatmu jenuh. Jika kamu tidak melakukan aktivitas yang kamu sukai, bisa jadi kamu akan mengantuk. Kurangnya aktivitas pada siang hari bisa membuatmu tidur siang lebih lama. Akibatnya, kamu bisa susah tidur pada malam harinya.

Penyebab insomnia ini paling sering terjadi pada lansia karena di usia senja, aktivitas fisik lansia jadi berkurang. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada kamu, orang yang masih muda. Terutama jika kamu sedang dalam libur panjang.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 7/9/2019)

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer