Sukses


Apa Itu Katalog? Kenali Penggunaan dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Katalog adalah daftar koleksi sebuah pusat dokumentasi atau beberapa pusat dokumentasi yang disusun menurut sistem tertentu.

Secara etimologi, katalog berasal dari bahasa Yunani, "katalogos". Istilah ini terbentuk dari dua kata, "kata" dan "logos".

"Kata" berarti sarana atau menurut, sementara "logos" berarti ilmu, kata, susunan, alasan dan nalar. Kata logos berarti sebuah karya dengan isinya disusun menurut cara yang masuk akal.

Menurut KBBI, katalog adalah carik kartu, daftar, atau buku yang memuat nama benda atau informasi tertentu yang ingin disampaikan, disusun secara berurutan, teratur, dan alfabetis.

Dalam marketing, katalog adalah daftar barang yang dilengkapi dengan nama, harga, mutu, dan cara pemesanannya. Sementara dalam ilmu komputer, katalog adalah daftar yang berisi informasi khusus, seperti nama, panjang, jenis, dan lokasi dari berkas atau ruang penyimpan.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang katalog, disadur dari Liputan6, Rabu (18/1/2023).

2 dari 5 halaman

Penggunaan Katalog

Katalog digunakan untuk mengklasifikasikan sesuatu, seperti buku atau informasi secara deskriptif. Katalog digunakan dalam beragam keperluan.

Katalog bisa berbentuk buku cetak, kartu, atau digital. Katalog biasa ditemui di toko dengan daftar dari semua barang yang dapat dibeli dari toko tersebut.

Di perpustakaan, katalog digunakan untuk menampilkan daftar buku yang ada. Dalam penjualan, katalog digunakan untuk menampilkan daftar produk yang diperjual belikan.

Dalam seni, katalog digunakan untuk menampilkan daftar karya saat dipamerkan, dan masih banyak lagi penggunaan katalog dalam kehidupan sehari-hari.

3 dari 5 halaman

Manfaat Katalog dalam Perpustakaan

Manfaat katalog adalah sebagai berikut:

- Memungkinkan seseorang menemukan sebuah buku yang diketahui pengarangnya, judulnya atau subjeknya.

- Menunjukkan buku yang dimiliki perpustakaan dari pengarang tertentu, berdasarkan subyek tertentu, atau dalam jenis literatur tertentu.

- Membantu dalam pemilihan buku berdasarkan edisinya atau berdasarkan karakternya.

- Berfungsi sebagai sarana yang sangat diperlukan oleh staf perpustakaan di bagian pengadaan, pengatalogan, kontrol inventarisasi, dan pekerjaan-pekerjaan referensi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Katalog dalam Marketing

Katalog penjualan atau katalog marketing adalah jenis teknik penjualan yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk menjual produknya dengan menggunakan katalog.

Daftar barang yang dijual oleh perusahaan disebutkan di selembar kertas atau di platform online dengan harapan penerima akan membeli satu atau lebih barang dari katalog.

Berikut manfaat katalog dalam marketing:

1. Mudah menjangkau ratusan dan ribuan calon pelanggan hanya dengan satu katalog.

2. Tidak perlu menunggu orang-orang datang ke toko untuk melakukan pembelian. Penjual dapat mengirimi mereka detail tentang produk dan penawaran menggunakan pemasaran katalog.

3. Risiko kegagalan bisnis yang rendah. Bisnis katalog tumbuh perlahan. Dengan cara ini, sebagai pengecer, penjual dapat memulai bisnis dengan melakukan sedikit investasi di awal.

4. Arus kas yang lebih baik karena pembeli diharuskan membayar di muka jika ingin membeli sesuatu. Jadi, tidak perlu khawatir uang macet.

5. Kontrol yang lebih baik atas biaya iklan karena menghabiskan uang untuk beriklan hanya kepada pelanggan yang ditargetkan daripada beriklan ke populasi massal.

5 dari 5 halaman

Manfaat Katalog untuk Perusahaan

Katalog tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan penjualan. Katalog juga bermanfaat bagi citra perusahaan. Bagi perusahaan, manfaat katalog adalah:

- Memperoleh eksposur

Satu di antara keuntungan yang datang dengan membuat katalog adalah dalam bentuk eksposur. Ini adalah alat pemasaran yang hebat untuk membantu memperluas jangkauan klien.

Katalog versi digital dan cetak memberikan informasi hebat yang diperlukan dalam menghasilkan prospek pelanggan.

- Membangun Merek

Menambahkan visual yang kuat dan pesan yang jelas di seluruh katalog akan membantu berkontribusi untuk membangun merek.

Memanfaatkan komponen kunci yang membuat perusahaan menonjol akan membantu dalam membangun kredibilitas dan merek perusahaan yang kuat secara keseluruhan. Gunakan merek perusahaan untuk menciptakan rasa percaya dan kredibilitas menyeluruh di antara perusahaan dan pembaca.

- Tepat sasaran

Satu di antara manfaat utama dari membuat katalog adalah perusahaan akan menyesuaikan konten untuk menarik audiens. Ini adalah keuntungan besar karena perusahaan melayani pendekatan pemasaran ini agar lebih spesifik untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan audiens target.

- Informasi

Pastikan untuk menyertakan informasi penting, yang tidak hanya menarik bagi pembaca, tetapi juga data apa pun yang telah dikumpulkan dari klien sebelumnya atau sebelumnya. Gunakan waktu ini untuk membangun citra tentang perusahaan dan membangun kredibilitas.

- Menaikkan nilai

Penting untuk diingat saat membuat katalog bahwa Anda sedang menjual perusahaan melalui bentuk pemasaran tercetak ini. Katalog yang baik akan menaikkan nilai perusahaan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari, Editor: Rizky Mandasari. Published: 20/7/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer