Sukses


Macam-Macam Pilihan Olahraga yang Baik untuk Pengidap Mag

Bola.com, Jakarta - Perut begah, nyeri, dan perih merupakan beberapa gejala yang bisa dialami saat penyakit mag kambuh. Kamu yang punya penyakit mag mesti benar-benar memperhatikan pola makan dan gaya hidup, termasuk pilihan olahraga.

Biasanya, penderita mag juga memiliki berat badan berlebih. Penurunan berat badan dinilai efektif memperbaiki gejala GERD. Maka itu, pilihan olahraga untuk asam lambung penting dipertimbangkan.

Penderita mag juga tidak bisa sembarangan berolahraga. Gerakan-gerakan yang salah bisa meningkatkan tekanan pada perut. Akibatnya, asam lambung bisa naik dan mencetuskan gejala mag.

Agar menghindari mag kambuh karena olahraga, berikut beberapa pilihan olahraga yang tepat untuk penderita asam lambung, disadur dari Klikdokter, Kamis (19/1/2023).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Pilihan Olahraga yang Baik untuk Pengidap Mag

1. Jalan Santai

Gerakan yang terlalu cepat bisa membuat otot menegang dan menyebabkan perut mendapat banyak tekanan. Oleh karena itu, dibanding memilih olahraga lari, lebih baik lakukan jalan santai.

Kamu bisa berjalan santai di sekeliling halaman rumah atau taman sambil menikmati pemandangan agar stres juga bisa ikut reda. Dengan demikian, penyakit mag yang kamu alami bisa makin dikendalikan.

2. Yoga

Latihan pernapasan dan peregangan badan seperti yoga juga baik untuk pengidap mag. Dengan meregangkan otot di sekitar perut, tekanan di dalam lambung pun akan berkurang.

Yoga juga bermanfaat mengatasi stres. Sebagaimana diketahui, stres juga bisa memicu asam lambung. Mengelola stres diteliti dapat bermanfaat bagi pasien dengan gangguan pencernaan seperti mag.

Guna mendapatkan manfaat paling optimal dan mencegah risiko cedera berkelanjutan, lebih baik ikuti kelas yoga yang dipimpin oleh instruktur andal.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Pilihan Olahraga yang Baik untuk Pengidap Mag

3. Berenang

Ketika berenang, semua otot pada tubuh akan bekerja. Gerakan berenang akan menghindari tekanan pada perut sehingga risiko lonjakan asam lambung atau GERD dapat dihindari.

Namun, hati-hati jika kamu langsung berenang setelah makan dengan perut yang penuh. Hal ini justru dapat meningkatkan risiko asam lambung. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu sekitar 1-2 jam setelah makan sebelum berenang.

4. Bersepeda

Bersepeda bisa menjadi pilihan olahraga untuk asam lambung. Aktivitas bersepeda yang dimaksud adalah bersepeda dengan intensitas ringan-sedang. Kamu bisa bersepeda ringan berkeliling taman atau menggunakan sepeda statis di gym.

Bersepeda teratur dapat membantu kamu menurunkan dan menstabilkan berat badan. Ingat, berat badan yang terkontrol dapat membantu mengatasi penyakit mag.

Pastikan kamu menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman saat bersepeda. Gunakan juga celana yang nyaman agar tidak menimbulkan tekanan pada perut saat bersepeda. Hindari penggunaan pakaian yang ketat.

5. Senam 

Senam untuk asam lambung sebaiknya adalah senam yang berisi gerakan ringan. Jangan pilih senam dengan intensitas tinggi karena akan meningkatkan risiko kambuhnya asam lambung.

Kamu bisa melakukan senam aerobik dengan gerakan ringan untuk mencegah timbulnya penyakit mag. Menurut Middle East Journal of Digestive Diseases, senam aerobik dapat meningkatkan kualitas hidup pengidap GERD.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 29/8/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer