Sukses


Bacaan Niat dan Doa setelah Sedekah agar Lebih Berkah

Bola.com, Jakarta - Dalam agama Islam, membaca doa dan niat sebelum melakukan sesuatu akan menambah keberkahan serta pahala. Satu di antara hal baik tersebut adalah bersedekah.

BACA JUGA: Doa Ketika Sholat Dhuha Lengkap Dengan Niat Dan Tata Caranya

Sedekah berasal dari Bahasa Arab, yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang kepada orang lain secara sukarela tanpa dibatasi waktu dan jumlah tertentu.

Bagi umat Islam, bersedekah tentu bukan menjadi hal yang asing selama menjalani kehidupannya. Apalagi hal yang satu ini juga selalu dianjurkan oleh Rasulullah.

Banyak umat Islam yang bersedekah ke sesama mengingat amalan bersedekah akan memberikan begitu banyak manfaat.

Agar lebih berkah dalam sedekah, ada baiknya membaca niat dan doa. Bagi umat muslim tentu perlu mengetahui niat dan doanya.

Berikut bacaan niat dan doa setelah sedekah agar lebih berkah, disadur dari Dream, Kamis (19/1/2023).

2 dari 4 halaman

Doa Selalu Dimudahkan dalam Bersedekah

Agar selalu diberi kemudahan melakukan kebaikan terutama sedekah, amalkan doa ini. Sebuah doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad saw. termaktub dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dan Imam Ahmad dari Tsauban.

Allahumma inni as aluka fi'lal khoirat wa tarkal munkarati wa hubbal masakin wa an taghfirli wa tarhamni wa idza aradta fitnata qowmin fatawaffani ghoira maftunin. Allahumma inni as aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wa hubba 'amalin yuqorribu ila hubbika.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran serta aku memohon pada-Mu supaya bisa mencintai orang miskin, ampunilah (dosa-dosa)ku dan juga rahmatilah aku. Jika Engkau hendak menguji suatu kaum, maka wafatkanlah aku dalam keadaan tidak tenggelam dalam ujian. Ya Allah, aku memohon agar dapat mencintai-Mu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu dan mencintai amal yang dapat mendekatkan diriku kepada cinta-Mu."

3 dari 4 halaman

Niat Sedekah

Berikut bacaan niat sedekah yang dapat kamu baca sebelum bersedekah agar makin berkah dan mendapatkan pahala yang luar biasa:

Nawaitut taqoruba ilallahi ta'ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma 'ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu'awanatadh dlu'afai wa mutaba'atan nabiyyi shallallahu 'alaihi wa sallama wa idkholas sururi 'alal ikhwani wa daf'il balai 'anhu wa 'an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya:

"Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahannam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturrahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi Saw, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan."

4 dari 4 halaman

Doa Setelah Sedekah

Setelah bersedekah, perasaan hati biasanya lega dan puas. Agar makin berkah dan manfaat, bacalah doa setelah sedekah berikut ini:

Rabbana taqabbal minna innaka antas sami'ul alim.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 25/9/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer