Sukses


Contoh-Contoh Latar Belakang Proposal yang Bisa Dicermati

Bola.com, Jakarta - Proposal adalah rencana kerja yang ditulis secara sistematis, terperinci, dan formal mengenai rancangan suatu kerja atau kegiatan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Adapun kata proposal berasal dari bahasa Inggris, 'to propose', yang artinya mengajukan.

Proposal dibuat untuk menjelaskan rencana dan tujuan suatu kegiatan secara jelas dan detail. Selain itu, dalam proposal, biasanya terdapat perincian mengenai dana yang dibutuhkan dalam pelaksanaannya.

Pemahaman tentang pembuatan proposal dibutuhkan oleh orang-orang yang bergelut, khususnya di dunia pendidikan dan dunia kerja.

Ada banyak unsur yang perlu diperhatikan dalam pembuatan proposal. Satu di antara yang harus dicermati ialah latar belakang.

Dalam bagian ini dikemukakan tentang kejadian, keadaan, atau hal yang melatarbelakangi pentingnya dilaksanakan suatu kegiatan atau penelitian.

Bagi kamu yang bingung menyusun latar belakang dalam proposal, tak perlu resah. Ada banyak contoh latar belakang proposal yang bisa kamu cermati.

Berikut ini beberapa contoh latar belakang proposal yang bisa kamu cermati, dilansir dari Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI terbitan Kemdikbud, Senin (23/1/2023).

2 dari 5 halaman

Contoh Latar Belakang Proposal

Proposal Kebersihan Lingkungan

Latar Belakang Masalah

Kebersihan lingkungan ialah suatu keadaan yang bebas dari kotoran seperti, debu, sampah, dan juga bau. Indonesia khususnya, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan juga masalah yang terus berkembang. Kasus yang menyangkut suatu masalah kebersihan lingkungan pada tiap tahunnya terus meningkat.

Masalah kebersihan lingkungan yang tidak kondusif disebabkan karena masyarakat belum sepenuhnya memiliki kesadaran akan manfaat serta dampak kebersihan lingkungan. Tempat pembuangan sampah juga tidak dipergunakan sebagaimana mestinya dan tidak dirawat dengan baik.

Akibatnya, berbagai penyakit muncul, seperi diare, penyakit kulit, penyakit pernapasan, dan penyakit lainnya. Selain itu, masalah sampah menyebabkan kurang terjaganya keindahan dan kenyamanan para penghuni suatu lingkungan. Perkembangan kesehatan anak-anak pun menjadi terhambat.

3 dari 5 halaman

Contoh Latar Belakang Proposal

Proposal Pengaruh Terpaan Iklan Video Streaming di YouTube terhadap Brand Awareness Produk Shampo

Latar Belakang

Ketika televisi tidak lagi menarik untuk ditonton remaja di Indonesia, tayangan yang disajikan cenderung tidak relevan dan cenderung monoton, YouTube menyediakan jasa streaming tontonan alternatif lain yang lebih menarik. Dalam situs streaming tersebut juga memiliki fitur parental kontrol atau perlindungan terhadap anak dari tontonan yang kurang layak, dan sedang dalam tahap pengembangan.

Selain itu situs tersebut juga menyediakan berbagai macam chanel yang sudah dikategorikan sesuai kebutuhan para pengunjung. Situs streaming ini juga sudah mulai merambah ke sektor periklanan, di mana iklan yang ditayangkan juga lebih menarik daripada yang ada di televisi.

4 dari 5 halaman

Contoh Latar Belakang Proposal

Proposal Pelaksanaan Pentas Seni (Pensi) dalam Rangka Perpisahan Siswa-Siswi Kelas XII SMAN 48 Jakarta

Latar Belakang

Seni adalah satu di antara kreativitas yang patutnya kita kembangkan lebih besar, dan satu di antara cara pengembangannya melalui Pentas Seni. OSIS SMAN 48 Jakarta akan mengadakan pentas drama bagi siswa di setiap kelasnya. Pentas drama tersebut dilakukan untuk meningkatkan apreasiasi siswa dalam dunia peran dan melatih rasa percaya diri yang hingga saat ini masih sangat kurang.

Selain itu, dance modern mampu mengembangkan kreativitas siswa dalam hal tarian, dan adapula kontes band maupun penyanyi yang akan menambah kesan semangat dalam suasana. Pentas Seni ini juga diadakan untuk menghibur siswa yang sebentar lagi akan siap menjalani ujian.

Selain itu, Pentas Seni ini dapat menjadi hiburan dalam rangka Perpisahan Siswa-Siswi kelas XII. Untuk itulah, OSIS merasa perlu untuk mengadakan acara ini dengan tema "Bintang Panggung Sehari".

5 dari 5 halaman

Contoh Latar Belakang Proposal

Proposal Kegiatan 17 Agustus di Desa Sido Kangen

Latar Belakang

Momen 17 Agustus merupakan momen yang paling dinanti bagi seluruh warga Indonesia tak terkecuali warga Sido Kangen. Sebab, pada tanggal ini kita memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk itulah, sudah sepatutnya kita bangga dan berbahagia menyambut hari bersejarah tersebut.

Selain ikut meramaikan, peringatan 17 Agustus bisa untuk menumbuhkan rasa cinta dan nasionalisme bagi bangsa. Sebab, pada hari ini kita diingatkan kembali akan kebaikan jasa para pahlawan yang bersatu tanpa pandang suku, ras, dan agama memperjuangkan kebebasan Indonesia.

Untuk itulah, sudah sewajarnya warga Desa Sido Kangen membuat acara untuk memeriahkan momen bahagia ini. Terlebih, setiap tahunnya warga Desa Sido Kangen memang aktif berpartisipasi membuat acara kemerdekaan.

Acara yang digelar nantinya berupa upacara, gotong royong, dan lomba bagi anak-anak. Dengan berbagai acara ini, kita bisa saling mempererat persaudaraan, silahturahmi, dan nasionalisme sebagai upaya mengamalkan setiap sila dalam Pancasila.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar proposal lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer