Sukses


Bacaan Doa Sujud Syukur beserta Tata Caranya yang Perlu Dipahami Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Sujud umumnya hanya dilakukan saat menjalankan salat saja. Hal itu dikarenakan sujud menjadi satu di antara bagian tak terpisahkan dari rukun salat.

Namun, dalam Islam ada empat jenis sujud yang perlu diketahui. Keempat jenis sujud tersebut ialah sujud dalam salat, sujud sahwi, sujud tilawah, dan sujud syukur.

Jenis sujud yang terakhir biasanya dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Allah Swt. atas segala nikmat yang telah dikaruniakan.

Melakukan sujud syukur juga bisa dilakukan saat umat muslim terhindar atau selamat dari bahaya maupun musibah.

Melakukan sujud syukur dalam Islam hukumnya adalah sunah, yang artinya boleh dilakukan maupun tidak. Namun, jika melakukannya akan mendapat pahala sebagaimana sabda Rasulullah saw.

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, yang artinya, "Dari Abu Bakar, ia berkata, 'Apabila Nabi Muhammad saw. menerima berita yang menggembirakan, biasanya beliau terus bersujud kepada Allah Swt'." (HR. Abu Dawud)

Lantas, bagaimana bacaan doa sujud syukur beserta tata cara yang benar sesuai ajaran Islam?

Berikut ini bacaan doa sujud syukur beserta tata caranya yang perlu dipahami umat muslim, disadur dari Dream, Senin (23/1/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Sujud Syukur

Berikut ini beberapa bacaan doa sujud syukur yang bisa diamalkan umat muslim:

  • Membaca Tasbih, Tahmid, dan Tahlil

"Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim."

Artinya: "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung." 

  • Membaca Doa Sujud Syukur

"Sajada wajhi lilladzi khalaqahu, wa syaqqa sam'ahu wa basharahu, bihawlihi wa quwwatihi, fatabarakallahu ahsanul khaliqin."

Artinya: "Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta."

  • Membaca Surah An-Naml Ayat 19

"Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta 'alayya wa'laa waalidayya wa-an a'mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii 'ibadikash shoolihiin."

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

3 dari 3 halaman

Tata Cara Sujud Syukur yang Benar dan Sesuai Ajaran Islam

Berikut tata cara sujud syukur yang benar dan sesuai ajaran Islam:

1. Berwudu.

2. Berdiri menghadap kiblat.

3. Membaca niat sujud syukur seperti di bawah ini:

"Nawaitu sujudas syukri Lillahi Ta'aalla."

Artinya: "Saya niat sujud syukur karena Allah Ta'aalla"

Bacaan niat sujud syukur tersebut bisa dibaca di dalam hati atau diucapkan secara lirih. Sebenarnya, bagian membaca niat sujud syukur ini tidak terlalu penting. Sebab, tidak ada dalilnya atau dicontohkan oleh Rasulullah saw.

4. Melakukan gerakan takbiratul ihram.

5. Melakukan gerakan sujud syukur satu kali.

6. Membaca doa sujud syukur saat dalam posisi masih sujud.

7. Duduk seperti duduk di antara dua sujud.

8. Mengucapkan salam seperti orang selesai salat.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter: Sugiono. Published: 12/9/2019)

Dapatkan artikel Islami dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer