Sukses


Antusiasme Luar Biasa IBL 2023, Lebih dari 10 Ribu Penonton Datang ke Seri 1 Bali

Bola.com, Denpasar - Indonesia Basketball League (IBL) 2023 seri pertama Bali sudah rampung. Selama lebih dari satu pekan pelaksanaan di GOR Merpati Denpasar, ada beberapa fakta yang terjadi.

Perhelatan IBL 2023 seri perdana kali ini menjadi spesial karena Bali akhirnya menjadi tuan rumah kembali sejak 2019.

Dahaga "abas" alias anak basket yang ada di Pulau Dewata terbayar dengan tuntas. Total 16 tim sudah menyelesaikan pertandingan di seri 1. Dengan rampungnya seri 1 ini, ada beberapa fakta yang terjadi.

Salah satunya lebih sepekan, jumlah penonton di IBL 2023 seri 1 cukup membludak. Total ada 10.124 penonton yang hadir. Saat hari terakhir pada Sabtu (21/1/2023), menjadi jumlah penonton paling banyak di GOR Merpati Denpasar.

Total ada 3.041 penonton yang hadir dan saat game antara tuan rumah Bali United Basketball menghadapi Evos Thunder Bogor, GOR Merpati penuh diisi oleh penonton dan suporter Bali United dengan didominasi pakain hitam

 

2 dari 4 halaman

Pujian Anthony Garbelotto

Pelatih Bali United Basketball Anthony Garbelotto bahkan mengatakan jika seri 1 IBL 2023 bisa sangat meriah dengan dukungan suporter Tridatu Warriors.

"Suporter di sini sangat meriah. Saya merasakan seperti pertandingan sepak bola di Eropa. Hal ini menghadirkan elemen yang menarik di bola basket Indonesia," jelasnya.

Ketika Dior Lowhorn dkk berlaga, otomatis GOR Merpati penuh dan dukungan besar datang dari North Side Boys 12 (NSB12), salah satu kelompok suporter cukup militan dari Bali United yang menghuni tribun utara Stadion Kapten I Wayan Dipta.

 

3 dari 4 halaman

Augie Fantinus Ikut Komentar

Rasa senang juga dirasakan oleh presenter, penyiar radio, dan YouTuber Augie Fantinus. "Melihat seri 1 IBL musim ini di Bali, rasanya senang ya. banyak pertandingan yang seru dan bagus diawal musim," bebernya.

Dia pun ingin agar pemain lokal bisa lebih meningkatkan performa di setidaknya dimulai dari seri 2 IBL 2023 di GOR Bima Sakti, Malang yang akan dimulai pada akhir Januari 2023.

"Kalau untuk pemain asing, saya mengharapkan mereka bisa membawa dampak yang positif untuk IBL ke depannya. Kalau saya lihat secara keseluruhan di seri 1 kali ini, ada tim-tim yang menunjukkan peningkatan yang luar biasa. Misalnya Bima Perkasa Yogyakarta dan Bumi Borneo," bebernya.

 

4 dari 4 halaman

Randy Bell Jadi Player of The Series

Kebetulan, Bumi Borneo dan Bima Perkasa menjadi dua tim selain Satria Muda Pertamina Jakarta dan Dewa United Banten yang berhasil menyapu bersih semua pertandingan di seri 1 IBL 2023.

Dari data yang ada, Randy Bell berhasil menjadi player of the series untuk seri 1 IBL 2023. Pebasket Bumi Borneo Basketball Pontianak tersebut berhasil membukukan 107 poin, 36 rebound, dan 17 assist.

Jika di rata-ratakan dalam 4 game yang sudah dilakoni Bumi Borneo di seri 1 kali ini, Randy Bell yang berposisi sebagai point guard tersebut berhasil mencatatkan 26,75 poin per game, 9 rebound per game, dan 41,03 persen field goal.

Video Populer

Foto Populer