Sukses


5 Contoh Kata Sambutan Islami, Menarik Disampaikan di Berbagai Acara

Bola.com, Jakarta - Pada umumnya, sebelum memulai sebuah acara, ada satu orang yang ditunjuk untuk memberikan kata sambutan, terutama saat acara formal atau resmi.

Kata sambutan biasanya disampaikan oleh pihak-pihak yang memiliki jabatan penting dalam sebuah organisasi.

Adapun fungsi kata sambutan menjadi pengantar sebelum memasuki inti acara agar audiens mengetahui maksud dan tujuan acara yang diselenggarakan.

Maka itu, kata sambutan perlu dipersiapkan sematang mungkin. Namun, menyusun kata sambutan bukan perkara gampang, apalagi untuk acara Islami.

Bagi yang bingung, jangan khawatir. Kamu bisa mencermati referensi contoh kata sambutan Islami pada di bawah ini.

Berikut lima contoh kata sambutan Islami yang menarik disampaikan di berbagai acara, dikutip dari laman Edmodo dan Ukulele, Selasa (24/1/2023).

2 dari 6 halaman

Contoh Kata Sambutan Islami 1

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Alhamduhillahi rabbill'Alamin, wa bihi nastain ‘walaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu ‘alaa asyrafiil anbiyaiwal mursalin, wa ‘ala aalihi wa ash – habihi ajma'in, amma ba'du.

Kepada yang terhormat yaitu bapak kyai ..., para ustaz yang saya muliakan, dan para bapak, ibu, saudara, hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur yang se dalam-dalamnya kepada kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya juga kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga pada malam ini kita bisa berkumpul di rumah bapak ..., yang kebetulan dapat giliran tempat pelaksanaan pengajian rutin tiga bulanan yang kita adakan bersama, tanpa ada halangan apa pun.

Selawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. yang telah mengeluarkan manusia dari kegelapannya dan kekafirannya menuju ke cahaya kebenaran yang terang menderang, yaitu agama Islam.

Saudara dan hadirin yang saya hormati, atas nama pimpinan Jam'yah Majelis Ta'lim atau perkumpulan jama'ah pengajian rutin tiga bulanan ini, kami ucapkan terima kasih pada yang terhormat bapak kyai ..., yang berkenan hadir di majlis ini, kami mengharapkan beliau sudi memberikan mauidhatul hasanah kepada kita semuanya aamiiin yarabbal ‘alaamin.

Kami juga mengucapakan terima kasih kepada bapak ..., yang telah menyiapkan tempat untuk melaksanakannya kegiatan rutin kita ini, mudah–mudahan amal baik yang Bapak ... lakukan ini semoga mendapatkan balasan dari Allah Swt. dengan balasan yang lebih baik, aamiin yarabbal a'laamin.

3 dari 6 halaman

Contoh Kata Sambutan Islami 2

Bismillahirahmanirrahim. Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh, ahamdulillirabbil ‘alamin, was sholatu wassalamu ‘ala, asyrofil ambiyaa iwal mursalin, wa a'laa alihi wa sahbihi ajmain amma ba’du.

Yang terhormat bapak dan ibu selaku tokoh masyarakat dan juga aparatur desa serta jemaah yang hadir dalam acara ini. Yang pertama tentunya marilah terlebih dahulu kita panjaikan puji syukur ke hadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan nikmat dan rahmat-Nya kepada kita.

Kedua, selawat serta salam marilah kita panjarkan kehadirat nabi Muhammad saw. Semoga kita semua dapat mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir kelak. Amin.

4 dari 6 halaman

Contoh Kata Sambutan Islami 3

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi robbil ‘alamin assholatu wassalamu ala asyrofil ambiya wal  mursalin, wa 'ala  wasohbihi ajmain amma ba'du.

Salam damai sejahtera bagi kita semua.

Kepada Bapak (sebutkan nama dan gelar)

Kepada Bapak (sebutkan nama dan gelar) (dst menyesuaikan yang ingin disebut)

Kepada Panitia Acara (sebutkan nama acara) membantu menjadikan acara ini sukses,

Dan para tamu undangan yang senang berpartisipasi di acara (sebutkan nama acara).

Puji kami senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah Swt. lantaran kelimpahan kasih anugerah, kita bisa berkumpul bersama pada acara (sebutkan nama acara) dalam kondisi sehat tanpa ada kekurangan.

Selawat serta salam kami terus dicurahkan ke baginda kami, Nabi besar Muhammad saw. yang menuntun kita ke jalan yang benar, aman serta barokah.

Selaku ketua panitia pelaksana acara (sebut acara) ini, saya ingin berterima kasih atas adanya banyak peserta yang datang untuk berperan serta pada acara ini.

Tidak lupa saya berterima kasih banyak ke seluruh panitia pelaksana acara yang membantu dari awalnya sampai akhir hingga acara berjalan baik. Maksud dan tujuan dari acara ini (sebutkan tujuan acara dengan singkat dan padat).

Kami berharap sepanjang acara ini kita bisa bekerja bersama secara baik serta sama-sama memberikan dukungan hingga acara dapat berjalan secara baik dan lancar. Aamiin.

5 dari 6 halaman

Contoh Kata Sambutan Islami 4

Assalamu'alaikum warahmatullahhi wabarakatuh.

Innal hamdalilah wasolatu wasalamu ala rosulillah syaidina Muhammad ibni abdilah waala alihi wahbihi wamawalah (amma ba'du).

Hadirin sidang majelis muslimin wal muslimat yang semoga Allah Swt. muliakan dunia dan akhirat. Alhamdulillah, dengan izin-Nya kita bisa berkumpul di masjid ini. Mudah-mudahan berkumpulnya kita di sini merupakan amal saleh sehingga kita bia bertawasul dengan amal saleh tersebut.

Berharap Allah jadikan hari yang akan datang dalam kehidupan kita lebih baik dibandingkan hari ini. Insyaallah.

6 dari 6 halaman

Contoh Kata Sambutan Islami 5

Assalamu'alaikum warahmatullahhi wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, yang mana Allah Swt. telah menciptakan tujuh lapis langit tanpa tiang, dan menciptakan tujuh lapis bumi tanpa gantungan, dan kita umat Nabi Muhammad saw. bernaung pada-Nya.

Kemudian selawat bermutiarakan salam, tak jemu dan tak bosan-bosannya kita berikan kepada sang proklamator alam baginda Muhammad saw. dengan mengucapkan kalimat "Allahumma sholli wasalim wabarik ‘alaih".

Mudah-mudahan kita yang hadir di sini senantiasa mendapat syafaat yang dijanjikan oleh Nabi Muhammad saw. yaitu pada hari tidak bergunanya harta yang berlimpah, pangkat, anak, dan cucu. Melainkan yang berguna hanyalah hati yang beriman.

 

Sumber: Edmodo, Ukulele

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer