Sukses


Apa Itu Teks Biografi? Ketahui Ciri-Ciri, Unsur Kaidah Kebahasaan, Jenis, hingga Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks biografi adalah teks yang menceritakan tentang suatu tokoh beserta kehidupannya.

Umumnya, teks biografi menampilkan tokoh-tokoh terkenal, orang sukses, atau orang yang telah berperan besar dalam suatu hal yang menyangkut kehidupan banyak orang.

Adapun tujuan diangkat suatu tokoh ialah untuk menyampaikan dan memberikan keteladanan bagi pembaca akan kisah yang diangkat.

Selain itu, tujuan lain dari penulisan teks biografi ialah sebagai pembelajaran agar pembaca terhindar dari keburukan tersebut.

Dari pemaparan di atas bisa disimpulkan teks biografi disusun untuk memberikan edukasi terkait perjalanan kisah tokoh yang ditulis.

Memahami pengertian teks biograf rasanya kurang lengkap jika kamu tidak mempelajari ciri-ciri, unsur kaidah kebahasaan, jenis-jenis, hingga strukturnya.

Berikut ini rangkuman mengenai teks biografi yang bisa menambah wawasanmu, dikutip dari laman Definisipengertian dan Gurupendidikan, Rabu (25/1/2023).

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Teks Biografi

  • Teks biografi harus membawa suatu informasi berlandaskan kenyataan pada tokoh yang sedang dikisahkan dalam bentuk narasi.
  • Teks biografi membawa sebuah kenyataan pengalaman hidup sebuah tokoh untuk menyelesaikan masalah-masalah hingga pada akhirnya berhasil sehingga harus dijadikan sebagai teladan.
  • Teks biografi mempunyai struktur yang jelas. Strukturnya terdiri dari orientasi, masalah, dan reorientasi.
3 dari 5 halaman

Unsur Kaidah Kebahasan Teks Biografi

- Kata Hubung

Kata hubung merupakan kata yang berfungsi sebagai penghubung satu kata dengan kata yang lain. Kata hubung membuat sebuah kalimat menjadi efektif dan enak untuk dibaca. Contoh: maka dari itu, namun, walaupun seperti itu, tidak hanya itu.

- Rujukan Kata

Rujukan kata ialah kata yang menyatakan kepada kata lain yang telah dikatakan sebelumnya. Kata rujukan ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Kata rujuk tempat. Contoh: di sini, di sana, di situ.
  • Kata rujuk orang. Contoh: dia, ia, beliau, mereka, dan -nya.
  • Kata rujuk benda atau persoalan. Contoh: ini, tersebut, dan itu. 

- Kejadian, Waktu dan Tempat

Di dalam teks biografi, ada kata-kata yang memiliki fungsi untuk memperlihatkan kejadian, waktu, dan tempat yang telah atau sedang dialami oleh seorang tokoh.

- Kata Kerja

Kata kerja ini dibagi menjadi dua bagian, di antaranya berlandaskan bentuk dan berlandaskan dengan jenis.

  • Kata kerja berlandaskan bentuk.
  • Kata kerja berlandaskan berimbuhan.
4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Teks Biografi

- Teks biografi berlandaskan dari penulisnya

Berlandaskan penulisnya, teks biografi dibagi menjadi dua bagian, yakni:

  • Autobiografi, ialah biografi yang dikutip sendiri oleh tokoh atau orang-orang yang bersangkutan dengan autobiografi.
  • Biografi, ialah biografi yang dikutip atau ditulis oleh orang lain dengan adanya izin langsung dari tokoh yang akan ia kisahkan di dalam sebuah karya tulisnya. 

- Teks biografi berlandaskan dari isinya

Berdasarkan dengan isinya, teks biografi ibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Biografi tentang perjalanan hidup, ialah biografi yang mengisahkan atau menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang atau biasa disebut dengan tokoh, yang ditulis secara lengkap dan jelas atau ditulis secara ringkas.
  • Biografi tentang perjalanan karier, ialah biografi yang di dalamnya mengisahkan atau menceritakan tentang perjalanan karier seseorang tokoh dari awal mula perjalanan hingga ia berhasil untuk menggapai sebuah kesuksesan dan menggapai segala cita-citanya yang telah ia impikan selama ini.

- Teks biografi berlandaskan persoalan yang diulas

Berdasarkan dengan persoalan yang diulas atau dibahas, teks biografi ini dibagi menjadi dua bagian, yakni:

  • Buku sendiri, ialah biografi yang semua biayanya ditanggung oleh diri sendiri atau oleh orang yang membuat biografi tersebut.
  • Buku subsidi, ialah biografi yang pembentukan atau pembuatannya dibiayai oleh pihak sponsor, entah itu dari segi biaya penulisannya, dari biaya percetakannya, bahkan dari biaya-biaya lainnya yang tidak terduga ditanggung oleh pihak sponsor.
5 dari 5 halaman

Struktur Teks Biografi

  • Orientasi

Orientasi merupakan pengenalan dari suatu tokoh. Orientasi, pada bagian awal sebuah teks, harus memperkenalkan tentang gambaran awal dari seorang tokoh.

  • Kejadian atau Peristiwa dan Masalah

Ini adalah sebuah bagian yang menyelami lebih dalam mengenai kehidupan seorang tokoh. Bagian ini biasanya dimulai masa kecil seorang tokoh dan perkembangannya hingga dewasa.

Bagian ini juga menjelaskan mengenai suka duka yang dialami tokoh dan bagaimana seorang tokoh dapat menjadi seperti sekarang ini secara lugas didukung dengan fakta-fakta hidup seorang tokoh.

  • Reorientasi

Reorientasi merupakan bagian penutup dari sebuah teks biografi. Reorientasi memberikan kesimpulan terkait suatu tokoh. Meski memberikan kesimpulan,  reorientasi harus bersifat netral.

 

Sumber: Definisipengertian, Gurupendidikan

Dapatkan artikel edukasi dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer