Sukses


4 Contoh Cerita Inspiratif beserta Strukturnya, Menarik Dicermati

Bola.com, Jakarta - Cerita inspiratif merupakan teks yang berisi cerita fiksi maupun pengalaman yang benar-benar terjadi, yang mampu menggugah inspirasi dan semangat seseorang yang membacanya.

Cerita inspiratif juga bisa didefinisikan teks yang berisikan rangkaian cerita seseorang yang berbentuk narasi, yang memuat nilai moral dalam peristiwa yang dialami oleh tokoh di dalamnya.

Dari pemaparan di atas bisa dibilang bahwa cerita inspiratif adalah tulisan berisi kisah yang menggugah pembacanya untuk menjadi lebih baik melalui pengalaman inspiratif dari cerita yang dibawakan.

Sementara itu, kebanyakan cerita yang disajikan dalam cerita inspiratif biasanya berasal dari kisah hidup seseorang, rekaan, atau kisah-kisah yang dapat diambil dari perilaku binatang di kehidupan nyata.

Jadi, cerita inspiratif cocok dibaca oleh kamu yang mungkin sedang merasa kehilangan motivasi hidup.

Nah, bagi kamu yang ingin membaca atau belajar menulis cerita inspiratif, bisa mencermati contoh-contohnya pada artikel ini.

Berikut ini empat contoh cerita inspiratif beserta strukturnya, dilansir dari laman Deckarenas dan Lezgetreal, Rabu (25/1/2023).

2 dari 5 halaman

Sahabat

  • Orientasi

Diceritakan ada dua orang yang cukup lama bersahabat, yaitu Rian dan Adi. Rian adalah tipe orang pendiam yang selalu memahami karakter Adi. Sementara Adi adalah tipe orang yang senang blak-blakan hingga kerap menyakiti orang.

  • Kerumitan Peristiwa

Walau persahabatan keduanya telah dibangun dari SD, Rian terkadang sakit hati dengan karakter Adi. Rian kerap bergumam, mengapa sifat sahabatnya tak berubah sejak dulu.

  • Komplikasi

Pernah pada suatu hari, Rian menasihati Adi. Dia berkata, "Adi, ubah sifatmu dong! Kalau kamu terus begitu, orang-orang yang ada di sekitarmu bisa menjauh, termasuk aku".

Adi membalas, "Kamu kan sahabatku, memahami aku sejak dulu seperti apa. Kamu kan orang yang terus memahami karakterku. Namun, kalau kamu tak tahan lagi dengan karakterku, baiklah ayo sudahi persahabatan kita sampai di sini saja".

  • Resolusi

Sebagai sahabat terdekat Adi, sebenarnya niat Rian baik. Dia menasihati Adi agar dapat berubah, sebab terlanjur kesal dengan karakternya yang blak-blakan. Pada sisi lainnya, dia ingat akan kebaikan-kebaikan yang telah Adi berikan kepadanya sejak kecil sampai dia bisa menerimanya.

Pada hari-hari berikutnya, bahkan hingga keduanya lulus kuliah, Rian tak lagi menyuruh Adi agar berubah. Rian yakin, tanpa diperintah pun, Adi tentu menyadari bahwa perilaku yang bisa menyakiti orang lain itu tidak baik.

  • Koda

Dalam persahabatan, sesekali memang kita perlu menyadarkan sahabat kita. Hal ini tentu untuk kebaikan sahabat kita sendiri. Namun, saat dengan mudah ingin mengakhiri persahabatan dengan sahabat kita sejak kecil, sebaiknya pikirkan kembali karena mungkin saja sahabat kita telah memberikan kebaikan yang jumlahnya tak terhitung.

Dalam persahabatan, jika sahabat kita telah menolak saat dinasihati (khususnya mengenai perubahan sikap) maka cukup yakin bahwa suatu saat dia bisa berubah, tanpa perlu kita perintah.

3 dari 5 halaman

Pahlawan

  • Orientasi

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, perawat muda yang bernama mbak Niken telah ditugaskan di Rumah Sakit Gunawan, Sukaharjo. Sosoknya yang muda sangat total dalam melayani pasien. Orang tua mbak Niken mengapresiasi kinerjanya.

  • Kerumitan Peristiwa

Sekalipun mbak Niken telah bekerja dengan total, masih saja kerap diremehkan di lingkungan kerjanya karena usia yang masih dianggap muda. Bisa dibilang dianggap belum mempunyai pengalaman.

Tentunya hal ini membuat mbak Niken merasa sakit hati. Namun, dia menguatkan tekadnya untuk terus bekerja melayani pasien-pasiennya.

  • Komplikasi

Nasib mbak Niken memang ditakdirkan tak senyaman tinggal di rumah orang tuanya. Selain diremehkan di rumah sakit oleh orang-orang di lingkungan kerjanya, di lingkungan sekitar kontrakannya juga kerap dijauhi oleh orang-orang.

Mereka takut mbak Niken bisa membawa dan menularkan virus. Bahkan mbak Niken pernah mendengar bahwa corona merupakan konspirasi. Tentu menyakitkan!

  • Resolusi

Namun, dari semua permasalahan yang dihadapi mbak Niken, dia tetap fokus bekerja membantu orang-orang yang sekarang ini tengah membutuhkan jasanya. Beberapa pasien telah dinyatakan sembuh memuji Mbak Niken dan teman-temannya. Mereka berkata, "ternyata pahlawannya adalah kalian yang telah melayani kami dengan totalitas".

Dalam contoh teks inspiratif tentang pendidikan kesehatan ini, mbak Niken berharap agar dunia kembali seperti semula. Tak hanya itu, dia pun berharap agar orang-orang mematuhi protokol kesehatan dan peduli terhadap kesehatan.

  • Koda

Totalitas dalam bekerja yang ditunjukkan mbak Niken memunculkan keikhlasan. Mendapatkan beragam ujian, dia tetap kuat. Dia merupakan satu di antara pahlawan yang perlu mendapat apresiasi kita.

4 dari 5 halaman

Batu Besar

  • Orientasi

Beratus-ratus tahun yang lalu, seorang raja menyuruh pegawai istana untuk meletakkan sebuah batu besar di jalan raya. Ia bersembunyi di balik semak-semak untuk melihat siapa yang akan memindahkan batu besar itu.

  • Perumitan Peristiwa

Beberapa bangsawan dan pengusaha kaya raya hanya melewati jalan itu. Namun, bukannya memindahkan batu itu, mereka malah hanya mengelilinginya untuk bisa melanjutkan perjalanan.

  • Komplikasi

Bahkan tak sedikit dari mereka yang mengomel sendiri tentang ketakmampuan sang raja untuk menjaga jalanan tetap bersih. Hingga menjelang terbenamnya sang surya, masih belum ada yang mengangkat batu itu.

  • Resolusi

Tiba-tiba datang seorang petani yang membawa sayuran. Ia meletakkan sayurannya untuk memindahkan batu itu. Setelah susah payah, akhirnya batu itu berhasil dipindahkan dan jalanan kembali tampak bersih.

Saat ia kembali ke sayurannya, ia melihat sebuah dompet di jalan batu itu berada sebelumnya. Di dalam dompet itu ada banyak sekali koin emas.

Ada pula pesan dari raja yang menyatakan bahwa koin-koin emas itu diperuntukkan bagi orang yang memindahkan batu itu dari jalan.

  • Koda

Setiap rintangan di dalam kehidupan memberikan Anda peluang untuk memperbaiki kehidupan Anda. Jangan malas, melainkan gunakan peluang-peluang yang ada sebaik mungkin demi terciptanya kehidupan yang lebih baik.

5 dari 5 halaman

Orang Bijak

  • Orientasi

Seorang bijak dikunjungi beberapa orang yang mengeluh tentang masalah yang sama berulang-ulang kali. Suatu hari ia menceritakan lelucon kepada mereka, hingga mereka tertawa terbahak-bahak.

  • Perumitan Peristiwa

Setelah diam beberapa menit, ia menceritakan lelucon yang sama lagi dan hanya sedikit yang tersenyum. Beberapa dari mereka bahkan mulai memasang wajah masam.

  • Komplikasi

Setelah beberapa detik, ia kembali menceritakan lelucon yang sama. Kali ini tidak ada satu pun yang tersenyum maupun tertawa.

  • Resolusi

Akhirnya orang bijak itu memandang mereka semua sambil tersenyum. Kemudian ia berkata, "Kalau kalian tidak bisa menertawakan lelucon yang sama berulang kali, kenapa kalian selalu mengeluhkan masalah yang sama?"

  • Koda

Merasakan kesenangan akan hal yang sama berulang kali saja terasa sulit. Maka, jangan pula mengeluhkan hal yang sama berulang kali karena itu pasti menyulitkan dirimu dengan lebih parah. Berhenti membuang waktumu dengan mengeluh karena itu tidak berguna.

 

Sumber: Deckarenas, Lezgetreal

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer