Sukses


Apa itu Toleransi? Simak Penjelasan beserta Jenis dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Toleransi adalah sebuah sikap yang dimiliki seseorang dalam memperbolehkan adanya suatu perbedaan dari orang dengan dirinya. Toleransi berasal dari bahasa Latin, 'tolerare,' yang memiliki arti sabar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, toleransi berarti bersikap toleran terhadap orang lain yang berbeda pendapat.

Sementara itu, ada juga yang memaknai toleransi sebagai kemampuan setiap orang untuk bersabar dan menahan diri dari hal-hal yang tidak sejalan dengannya.

Toleransi akan mencegah terjadinya diskriminasi. Bentuk sosial yang akan menjaga keutuhan persaudaraan, tanpa memandang perbedaan.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lain tentang toleransi, disadur dari Merdeka, Jumat (27/1/2023).

2 dari 3 halaman

Jenis Toleransi

Toleransi Beragama

Jenis toleransi yang pertama dan begitu kuat dipertahankan hingga saat ini ialah toleransi beragama. Sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan agama.

D Indonesia, ada enam keyakinan yang berbeda dan diakui, yakni Agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, dan Konghucu.

Satu di antara bentuk toleransi adalah menghormati hak setiap orang untuk memilih agamanya sendiri, memberi ruang untuk beribadah, dan masih banyak lagi lainnya.

Toleransi Berpolitik

Kedua, jenis toleransi adalah berpolitik. Hal ini mengarah pada bentuk menghormati pendapat politik yang dimiliki oleh orang lain. Setiap warga negara memiliki hak politik dan kebebasan menentukan pendapatnya.

Sikap menghargai pendapat orang lain inilah yang akan menjaga perdamaian dan persatuan. Selama pendapat politiknya tidak bertentangan dengan dasar negara.

Toleransi Budaya

Jenis toleransi yang terakhir ialah toleransi budaya, sebagai konsekuensi terhadap keberagaman yang ada di Tanah Air. Begitu banyak bahasa daerah yang berbeda, dari Sabang hingga Merauke.

Selain itu, keanekaragaman unik dari budaya, menunjukkan betapa kayanya Nusantara. Setiap orang harus memandang sama rata dan menghargai latar belakang budaya lain.

3 dari 3 halaman

Manfaat Toleransi

Sikap toleransi tentu membawa kebaikan dan memberi manfaat besar dalam kehidupan bersosial. Selain hubungan baik antarsesama, juga berdampak bagi persatuan bangsa yang perlu dijunjung tinggi. Berikut manfaat toleransi adalah:

Menguatkan Tali Persaudaraan

Melalui toleransi, setiap orang akan menghargai perbedaan budaya yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Melahirkan kasih dan sayang terhadap setiap perbedaan tersebut hingga akhirnya terpupuk persaudaraan sebangsa dan setanah air, serta terhindar dari perpecahan di setiap kelompok.

Menumbuhkan dan Menguatkan Rasa Nasionalisme

Toleransi bermanfaat menumbuhkan dan menguatkan rasa nasionalisme seseorang. Hal ini disebabkan rasa cinta yang tinggi terhadap Tanah Air hingga menyadarkan diri bahwa Indonesia sebagai negara majemuk, yang punya banyak perbedaan budaya yang harus dilestarikan.

Melancarkan Pembangunan Negara

Melalui toleransi, pembangunan negara menjadi lebih cepat maju karena semua warga negara memiliki perspektif serupa mengenai perbedaan. Kehidupan bernegara menjadi lebih mudah dijalankan, melalui musyawarah yang lancar.

Menciptakan Keharmonisan dan Kedamaian

Berawal dari toleransi hingga menghasilkan bentuk menghargai pendapat orang lain. Bentuk menghargai pendapat itulah yang melahirkan kedamaian dan terjaganya keharmonisan.

Meningkatkan Kekuatan Iman

Setiap agama mengajarkan kebaikan. Melalui sikap toleransi, setiap orang akan menghargai agama lain saat beribadah. Posisi tersebut menjadi satu di antara yang bisa menguji diri sendiri, seberapa kuat iman ini saat berhubungan dengan orang lain yang berbeda agama.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Kurnia Azizah. Published: 25/8/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer