Sukses


Arti Takabur beserta Ciri dan Akibatnya

Bola.com, Jakarta - Takabur adalah satu di antara sifat tercela. Orang yang memiliki sifat ini kerap kali merasa hebat dan mulia di depan orang-orang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian takabur adalah merasa diri mulia (hebat, pandai, dan sebagainya). Kata takabur ini juga diartikan sebagai angkuh dan sombong.

Seseorang yang memiliki sifat takabur selalu merasa dirinya besar dan lebih dari orang lain. Sifat ini sangat dibenci dalam Islam.

Hal itu karena membuat seseorang berkeinginan untuk terus menampakkan dirinya hebat di hadapan orang lain. Sedangkan ia memandang derajat orang lebih rendah.

Sifat takabur tak hanya membuatmu dibenci oleh Allah Swt., di dalam kehidupan sehari-hari pun kamu akan ditinggalkan oleh orang lain. Untuk menjauhi sifat ini, kamu perlu mengenali ciri-ciri dan akibat buruknya.

Berikut ciri-ciri dan akibat buruk orang takabur, disadur dari Liputan6, Jumat (27/1/2023).

2 dari 5 halaman

Mengenal Orang yang Takabur

Takabur adalah seseorang yang menolak kebenaran yang disampaikan orang lain, padahal ia tahu bahwa kebenaran ada pada orang tersebut.

Ia menolaknya karena orang yang menyampaikan kebenaran itu dirasa lebih muda atau lebih rendah kedudukannya dibanding dirinya.

Takabur adalah seseorang yang menganggap dirinya memiliki keistimewaan yang melebihi orang lain. Selalu merasa dirinya paling lebih dibandingkan orang lain.

Dengan itu, ia lalu bersikap congkak kepada sesama hamba Allah dan merendahkan mereka karena menurutnya ia jauh lebih tinggi martabatnya.

Takabur adalah sifat yang dibenci oleh Allah Swt. Bahkan, Allah Swt. akan memberikan azab bagi orang-orang yang memiliki sifat satu ini.

Berdasarkan sebuah hadis Qudsi yang diriwayatkan oleh Thabrani dari Ali bin Abi Thalib r.a. Rasulullah saw. bersabda, yang artinya:

"Sesungguhnya Allah Ta'ala berfirman: 'Kemuliaan adalah pakaian-Ku dan sombong adalah selendang-Ku. Barang siapa yang mengambilnya dariku, Aku Azab dia'."

Hadis tersebut menegaskan jika seseorang yang memiliki sifat takabur sesungguhnya telah mengambil atau merampas pakaian Allah Swt. 

Dengan kata lain, takabur adalah sifat yang tidak seharusnya dimiliki oleh manusia, apa pun yang dimilikinya dan posisi atau jabatannya.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Sifat Takabur

Ciri-ciri orang yang bersifat takabur adalah sebagai berikut:

Terlihat Angkuh

Takabur adalah sifat yang akan menimbulkan kebencian di antara manusia dan tidak membawa manfaat sama sekali.

Oleh karena itu, Allah Swt sangat membenci sifat ini. Orang yang memiliki sifat takabur adalah orang yang biasanya terlihat angkuh secara lahiriah. Allah Swt. berfirman:

"Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri." (Q.S Luqman [31]: 18).

Selalu Ingin Menjatuhkan Orang Lain

Orang yang memiliki sifat takabur dalam hatinya tidak pernah ada ketenangan. Ia selalu ingin untuk menjatuhkan orang lain.

"Dari Abdullah bin Mas'ud bin Malik r.a dari Nabi saw. beliau bersabda: Tidak akan masuk surga orang yang terdapat dalam hatinya sifat takabur (sombong). walaupun hanya seberat atom yang sangat halus sekalipun." (H.R Muslim)

Hadist tersebut merupakan sebuah peringatan untuk semua umat manusia untuk tidak bersifat takabur.

4 dari 5 halaman

Akibat Memiliki Sifat Takabur

- Takabur bisa menghalangi masuk surga. Dalam setiap hadis yang dikeluarkan oleh Rasulullah saw., beliau selalu mengingatkan kepada umat Islam jika sifat takabur atau sombong benar-benar dapat menghalangi seseorang untuk masuk surga.

Hadis-Hadis tersebut menegaskan bahwa kesombongan akan menjadi penghalang bagi manusia untuk masuk surga, sehalus apa pun rasa sombong tersebut.

Takabur bisa dilihat secara lahiriah (yang tampak) sehingga mudah dilihat oleh orang lain dan juga ada takabur yang tersimpan di dalam hati dan hanya kita yang mengetahui.

Selain menghalangi masuk surga, dampak buruk lainnya yang bisa menimpa kamu saat memiliki sifat takabur adalah:

- Terhalang dari mendapat kebenaran ayat-ayat Allah Swt.

- Dibenci oleh Allat Swt.

- Terkunci mata dan hatinya

- Mendapat kehinaan dan siksaan akhirat

5 dari 5 halaman

Cara Menghindari Sifat Takabur

Dengan berbagai dampak buruk yang bisa kamu alami jika memiliki sifat takabur tersebut, kamu harus menghindari sifat ini. Tentu kamu tidak ingin kehidupan di dunia dan akhirat yang kamu jalani menjadi tidak tenang dan tidak dirahmati oleh Allah Swt.

Maka itu, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut untuk menghindari sifat takabur:

- Menumbuhkan rasa keimanan dan selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt.

- Bersikap tawadu atau rendah hati.

- Menumbuhkan kesadaran untuk saling menghormati antarsesama.

- Memahami kekurangan dan kelemahan diri sendiri.

- Dalam urusan duniawi selalu melihat ke bawah.

- Membiasakan diri untuk selalu bersyukur kepada Allah Swt.

- Mengendalikan diri dari emosi dan dari hal-hal yang dapat memunculkan sikap membanggakan diri atau sombong.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 16/11/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer