Sukses


Cara Ampuh Tidur saat Melakukan Perjalanan Liburan

Bola.com, Jakarta - Perjalanan jauh kerap kali membuat orang kesulitan tidur. Entah karena sangat bersemangat, atau memang tidak biasa tidur di mobil, kendaraan maupun moda transportasi lain saat sedang dalam perjalanan.

Kendati demikian, saat sudah waktunya tidur, kamu harus memaksakan diri untuk tidur. Sebab, tidur adalah kebutuhan manusiawi yang tidak boleh dilewatkan. Tak peduli kamu sedang berlibur sekalipun, kamu tetap harus cukup istirahat.

Setiap orang punya periode optimal bila tubuhnya ingin tidur, biasanya sekitar pukul 11 malam sampai 7 pagi. Ini disebut 'jendela sirkadian'.

Nah, setiap bepergian, terutama di dua atau lebih zona waktu, jendela sirkadian ini umumnya akan berantakan.

Agar kamu tetap bisa tidur saat melakukan perjalanan untuk memenuhi kebutuhan istirahat tubuh, kamu bisa mempraktikkan beberapa cara di bawah ini.

Berikut cara ampuh agar kamu bisa tidur saat melakukan perjalanan liburan, disadur dari Klikdokter, Jumat (27/1/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Tidur saat Melakukan Perjalanan Liburan

1. Gerakkan Tubuhmu

Sebelum memulai hari, mandi air hangat dan berolahraga bisa membantu tubuh lebih siap dalam beraktivitas.

Tindakan ini dimaksudkan untuk meningkatkan suhu tubuh. Dengan begitu, dapat memicu ritme sirkadianmu.

2. Mandi Air Hangat

Kesulitan tidur saat dalam perjalanan? Coba mandi air hangat sebelum berangkat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mandi air hangat direkomendasikan untuk memicu ritme sirkadian.

Dengan mandi air hangat, tubuhmu menjadi lebih relaks sehingga akan lebih mudah untuk tidur.

3. Minum Suplemen Melatonin

Kadar hormon melatonin alami biasanya naik sekitar dua jam sebelum tidur, saat kamu mempersiapkan tubuh untuk beristirahat. Jika kamu bepergian, tubuhmu mungkin perlu sedikit asupan yang mendukung.

Agar bisa tidur di perjalanan, satu di antara caranya bisa dengan mengonsumsi suplemen melatonin. Suplemen ini diketahui bisa membantu kamu tertidur ketika sedang dalam perjalanan.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Tidur saat Melakukan Perjalanan Liburan

4. Atur Strategi Tidurmu

Tiga hari sebelum kamu melakukan perjalanan liburan ke tempat yang memiliki perbedaan waktu, cobalah untuk mengatur jam tidur kamu satu jam lebih awal atau lebih lambat. Tambahkan satu jam lagi pada malam kedua, dan satu jam pada malam ketiga.

Hal ini bisa memudahkan kamu untuk menghadapi transisi zona waktu yang berbeda saat melakukan perjalanan.

5. Sinkronkan Jadwal

Bila kamu melakukan perjalanan jauh sampai beda zona waktu, jangan lupa untuk menyinkronkan jadwal dengan jadwal setempat.

Jika kamu mendarat saat orang lain bangun di tengah hari, kamu pun harus menyesuaikan dengan orang-orang. Jadi, pastikan untuk tidur sebanyak mungkin di pesawat.

Sebaliknya, jika pesawat akan mendarat pada malam hari, pastikan kamu tetap terjaga selama di pesawat. Barulah setelah sampai di tempat tujuan, kamu bisa tidur.

6. Menggunakan Aromaterapi

Cara lain yang bisa membantu kamu tidur di perjalanan adalah memanfaatkan aromaterapi. Ini dapat membantu kamu merasa lebih tenang dan lebih mudah untuk tidur.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Tidur saat Melakukan Perjalanan Liburan

7. Menjaga Kebersihan Area Tempat Tidur

Di tempat yang baru, memang biasanya agak sulit untuk tidur. Agar kamu lebih mudah untuk tidur, jagalah kebersihan area tempat tidur karena pada dasarnya, sleep hygiene merupakan kunci agar kamu lebih mudah untuk tidur.

8. Menggunakan Pakaian Tidur yang Nyaman

Ketika kamu ingin tidur, kenakanlah pakaian yang bersih dan berbahan nyaman. Hal ini dapat membantu kamu untuk dapat tidur dengan nyenyak.

9. Menggunakan Linen Spray

Pilihlah linen spray kesukaan kamu, khususnya yang bersifat menenangkan seperti lavender, chamomile, dan sejenisnya. Upaya ini dapat membantu kamu untuk lebih lelap ketika tidur.

10. Biarkan Tubuh Terkena Cahaya

Bila kamu bepergian dengan pesawat dan penerbangan kamu mendarat di pagi hari, bawalah kacamata hitam untuk meminimalkan paparan cahaya.

Selain itu, dapatkan pencahayaan yang maksimal saat pagi dan sore hari untuk menyesuaikan dengan zona waktu tujuanmu.

Hal tersebut dilakukan untuk mengkalibrasi ulang jam sehingga lebih dekat dengan jam tidur di tempat tujuan kamu. Kamu juga dianjurkan untuk makan di luar ruangan atau jalan-jalan agar kamu mengantuk pada malam harinya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 13/12/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer