Sukses


Contoh Kata Pengantar untuk Makalah dan Struktur Penyusunnya

Bola.com, Jakarta - Kata pengantar merupakan satu di antara komponen penting dan bagian yang tidak boleh terlewatkan dalam pembuatan karya tulis atau makalah.

Makalah dapat didefinisikan sebagai karya ilmiah yang biasanya bermuatan topik-topik tertentu dan berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan.

Ada beberapa aturan yang perlu dijalani dalam pembuatan sebuah makalah, satu di antaranya memasukkan kata pengantar ke dalamnya.

Kata pengantar berfungsi mengantarkan para pembaca kepada karya tersebut. Biasanya terletak di halaman ketiga atau halaman sebelum daftar isi.

Di dalam kata pengantar terdapat sedikit gambaran tentang isi atau hal yang akan dibahas di dalam sebuah karya ilmiah.

Beberapa syarat kata pengantar, yakni pembuatan kata pengantar harus dilihat dan dipahami dengan saksama, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sesuai EYD.

Untuk memahami lebih lanjut, kamu bisa membaca contoh beserta struktur penyusunan dalam pembuatan kata pengantar untuk makalah.

Berikut contoh kata pengantar untuk makalah dan struktur penyusunannya, seperti disadur dari Dream, Rabu (1/2/2023).

2 dari 5 halaman

Struktur Penyusun Kata Pengantar Makalah

Sebelum mengetahui contohnya, perlu diketahui struktur penyusun kata pengantar makalah. Hal ini penting agar kamu mampu membuat kata pengantar makalah secara mandiri untuk keperluan tertentu.

Berikut struktur penyusun kata pengantar makalah yang penting dipahami:

1. Bagian Pembuka

Menulis paragraf pembuka penting dalam penyusunan kata pengantar makalah. Paragraf ini secara singkat menjelaskan rasa syukur dan terima kasih penulis kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penulisan karya.

Biasanya penulisan pihak-pihak yang terlibat ini diurutkan sesuai seberapa besar pihak tersebut terlibat pada penulisan karya.

2. Bagian Isi

Jika kamu hendak membuat kata pengantar makalah, penting untuk memerhatikan paragraf yang berupa isi.

Isi pengantar makalah merupakan penjelasan singkat mengenai isi karya tulis yang kamu tulis. Kamu bisa mengawalinya dengan menyebutkan judul makalah, latar belakang atau alasan penulisan dan penjelasan singkat tentang isi makalah.

Pembuatan isi dalam pengantar makalah penting untuk dibuat semenarik mungkin. Hal ini penting agar pembaca tertarik untuk membaca karya tulismu.

3. Bagian Penutup

Struktur penyusun kata pengantar makalah yang terakhir adalah bagian penutup. Pada bagian ini, penulis menuliskan harapan atas manfaat dari makalah yang telah dibuat.

Penutup bisa beridi pandangan ke depan mengenani manfaat karya tulis dan permohonan maaf kepada pembaca jika nantinya ditemukan kekeliruan dalam isi makalah. 

3 dari 5 halaman

Contoh Kata Pengantar

Kata Pengantar

Syukur alhamdulillah senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi tugas kelompok untuk mata kuliah Pengantar Bisnis dan Hukum Bisnis, dengan judul: "Manajemen Produksi".

Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang dengan tulus memberikan saran dan kritik sehingga makalah ini dapat terselesaikan.

Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna dikarenakan keterbatasan pengalaman dan pengetahuan kami. Maka itu, kami mengharapkan segala bentuk saran dan masukan serta kritik dari berbagai pihak. Akhirnya, kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dunia pendidikan.

 

Yogyakarta, 5 September 2022

 

Tim Penulis

4 dari 5 halaman

Contoh Kata Pengantar

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya dengan sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dan profesi keguruan.

Penulis merasa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik secara teknis maupun materi mengingat minimnya kemampuan yang dimiliki. Maka itu, kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak dibutuhkan demi penyempurnaan makalah ini.

Penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang turut membantu dalam penyelesaian makalah ini.

Akhir kata, penulis berharap semoga Allah Swt. memberikan imbalan setimpal kepada mereka yang memberikan bantuan dan dapat menjadikan semua bantuan itu sebagai ibadah. Amin Ya Rabbal Alamin.

 

Jakarta, 5 September 2022

 

Penulis

5 dari 5 halaman

Contoh Kata Pengantar

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul "Pengaruh Gula Terhadap Stamina Tubuh". Tujuan penulisan ini untuk memenuhi tugas. Dengan adanya karya tulis ini diharapkan dapat menjadi penambah wawasan bagi pembaca serta bagi penulis sendiri.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dra. Suratin, pada kuliah Ilmu Gizi. yang sudah memercayakan tugas ini kepada penulis sehingga sangat membantu penulis untuk memperdalam pengetahuan pada bidang studi yang sedang ditekuni.

Terima kasih juga penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah berbagi pengetahuannya kepada penulis sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan tepat waktu.

Tidak ada gading yang tak retak, penulis menyadari jika makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran demi kesempurnaan dari makalah ini.

 

Semarang, 5 September 2022

 

Penulis

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Publsihed: 22/8/2022)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer