Sukses


15 Contoh Kalimat Penutup Presentasi yang Menarik untuk Disampaikan

Bola.com, Jakarta - Presentasi adalah sebuah bentuk komunikasi atau suatu kegiatan berbicara dengan tujuan untuk menyampaikan pendapat, topik, maupun informasi di hadapan orang banyak.

Untuk bisa membuat presentasi berkesan di mata para audiens, tentunya harus memiliki persiapan yang matang. Satu di antaranya membuat kalimat penutup sebelum mengakhiri sebuah presentasi yang kamu paparkan.

Hanya, tidak sedikit orang gagap dan kesulitan membuat kalimat penutup presentasi yang menarik.

Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa mengamati beberapa rekomendasi contoh kalimat penutup presentasi pada artikel ini.

Berikut ini 15 contoh kalimat penutup presentasi yang bisa disampaikan, menarik dan tidak membosankan, dikutip dari laman 4presentation dan Kosngosan, Rabu (1/2/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Penutup Presentasi

1. "Demikianlah beberapa hal yang bisa saya sampaikan, sebelumnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada hadirin sekalian, apabila dalam penyampaian tadi mungkin ada kesalahan kata atau beberapa pernyataan yang menyinggung hadirin sekalian. Saya ini hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan."

2. "Sekian presentasi dari kami, Bu Dina membawa bonsai, lalu duduk makan stroberi, semua telah usai, saatnya kami undur diri."

3. "Sebagai penutupan, izinkan saya untuk menyampaikan satu pantun sebelum mengakhiri presentasi ini. Nasi goreng rasanya gurih, dimakan di Kota Batu. Ku ucapkan terima kasih, atas semua kasih dan perhatianmu."

4. "Demikian isi presentasi saya kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan, karena kesempurnaan sungguh hanyalah milik Allah Swt. saja."

5. "Akhirnya kita sudah sampai di pengujung acara kali ini. Terima kasih atas perhatian saudara. Semoga kita dapat berjumpa kembali di kesempatan lain."

3 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Penutup Presentasi

6. "Demikian beberapa hal yang bisa saya sampaikan pada kesempatan hari ini. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada tutur kata maupun tindakan yang kurang berkenan bagi Bapak dan Ibu sekalian. Dengan ini, presentasi hari ini saya tutup. Terima kasih atas kehadirannya. Wassalamualaikum wr.wb."

7. "Sebagai penutup, izinkan saya menyampaikan pantun sebelum mengakhiri presentasi. Pagi-pagi sudah makan, tidak lupa berdoa. Terima kasih kuucapkan, atas perhatian para peserta."

8. "Tak terasa kita sampai di pengujung acara hari ini. Jika ada salah kata yang saya sampaikan di sepanjang presentasi, saya ucapkan mohon maaf."

9. "Para hadirin, kita telah saksikan bahwa motivasi sangat berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang. Saya telah membuktikan bahwa memiliki mimpi serta keinginan yang kuat dapat mengubah hidup ke arah yang lebih baik. Jadi, sekarang giliran Anda yang membuktikannya."

10. "Sebelum presentasi diakhiri, kami kelompok (nama kelompok) ingin menyampaikan terima kasih atas atensi teman-teman selama kami presentasi. Semoga materi ini bisa berguna bagi kita semua."

4 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Penutup Presentasi

11. "Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Saya berharap hasil presentasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk audiens. Bila merasa ada kekurangan dan kesalahan, saya meminta maaf karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan."

12. “Sebelum saya akhiri presentasi siang hari ini, saya ingin mengingatkan kembali kepada hadirin untuk tetap saling menjaga kesehatan serta melakukan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan begitu, semoga kita selalu diberikan kesehatan selalu oleh Tuhan Yang Maha Esa.”

13. "Sebelum mengakhiri presentasi ini, saya ingin menyampaikan beberapa kesimpulan terkait penelitian yang saya lakukan. (Sampaikan kesimpulan secara singkat). Demikian semoga presentasi ini dapat memberikan manfaat. Terima kasih kepada dosen pembimbing dan penguji, saya tutup presentasi penelitian skripsi saya sampai di sini."

14. "Akhirnya kita telah sampai di pengujung presentasi. Ada beberapa poin penting yang telah dibahas seperti pentingnya melakukan investasi sejak dini. Hal ini tidak hanya penting bagi diri sendiri melainkan untuk menjamin kehidupan Anda dan keluarga Anda di masa depan."

15. "Jadi. sebelum presentasi ini diakhiri, izinkan saya mengingatkan kepada saudara untuk tetap menerapkan gaya hidup sehat. Mari mulai membenahi pola makan agar terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetes dan kolesterol."

 

Sumber: 4presentation, Kosngosan

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer