Sukses


Manfaat Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat

Bola.com, Jakarta - Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat muslim. Banyak amalan sunah yang bisa dikerjakan di hari Jumat, satu di antaranya membaca surah Al-Kahfi.

Surah Al Kahfi merupakan satu di antara surah dalam Al-Qur'an. Surah Al Kahfi adalah surah ke 18 dalam Al Qur'an. Surah Kahfi terdiri dari 110 ayat, 1.577 kata, 6.360 huruf.

BACA JUGA: Surat Al-Jamu'ah Ayat 9, Dalil Shalat Jumat adalah Wajib

Arti surah Al Kahfi adalah gua. Surah Al Kahfi juga termasuk golongan surat Makkiyah yang turun di Kota Makkah.

Al-Kahfi merupakan surah yang dianjurkan untuk dibaca pada hari Jumat. Membaca dan mengamalkan surat dalam Al-Qur'an mengandung nilai kebaikan dan keberkahan.

Adapun ayat dalam surah Al Kahfi yang dianjurkan untuk dibaca ialah 1-10. Surah Al Kahfi ayat 1-10 diketahui mengandung keistimewaan luar biasa. Hal ini juga telah dijelaskan dalam sejumlah riwayat dan hadis.

Tak hanya ayat 1-10, tetapi juga seluruh ayat dalam surah Al-Kahfi bisa kamu baca di hari Jumat. Keutamaan membaca kedua surat ini pada hari Jumat ada banyak.

Berikut ini beberapa manfaat membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat, disadur dari Liputan6, Jumat (3/2/2023).

2 dari 7 halaman

Diterangi Cahaya Kebaikan

Seorang muslim yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat atau hari yang lain, akan diberikan pahala berlimpah.

Orang tersebut akan disinari cahaya kebaikan dan diberkahi dengan syafaat di hari pembalasan. Sama seperti ketika seorang muslim membaca surah Ar-Rahman.

Manfaat membaca surah Al-Kahfi ini akan diberikan Allah Swt. pada hari kiamat. Cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kakinya hingga sampai ke langit. Sebagaimana firman Allah Swt. dalam surah Al-Hadid ayat 12 yang berbunyi:

Yauma taral-mu'miniina wal-mu'minaati yas'aa nuruhum baina aidiihim wa bi'aimaanihim busyraakumul-yauma jannaatun tajrii min tahtihal-an-haaru khaalidiina fiihaa, zaalika huwal-fauzul-'aziim.

Artinya:

"(yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada mereka): "Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar."

3 dari 7 halaman

Terhindar dari Fitnah Dajjal

Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Nabi Muhammad saw. bersabda jika seorang manusia rajin membaca surah Al-Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji.

Imam Nawawi menjelaskan bahwa pada awal surah Al-Kahfi terdapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah Swt. sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Kahfi ayat 102 berbunyi:

A fa hasiballaziina kafaruu ay yattakhizu 'ibaadii min dunii auliyaa', innaa a'tadnaa jahannama lil-kaafiriina nuzulaa

Artinya:

"Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir."

4 dari 7 halaman

Diampuni Allah Swt.

Manfaat membaca surat Al-Kahfi akan membuat seseorang diampuni segala dosanya oleh Allah Swt. Sebab, setiap manusia pasti memiliki dosa.

Setan akan selalu berusaha merusak iman dan mengajak manusia kejalan kesesatan. Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Rasullulah saw. bersabda:

"Siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat."

5 dari 7 halaman

Dijauhkan dari Godaan Setan

Setan akan selalu merusak iman dan mengajak manusia ke jalan kesesatan. Setan adalah musuh terbesar manusia, terutama dalam melakukan perbuatan baik dan beribadah. Membaca surat Al-Kahfi membuat seseorang terhindar dari godaan setan.

Sebuah hadis oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa "Sebuah rumah yang selalu dibacakan surah Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surah Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk."

6 dari 7 halaman

Pengingat Hari Kiamat

Dalam surah Al-Kahfi ayat 47 diingatkan akan datangnya hari kiamat suatu hari nanti. Manusia akan diperlihatkan dengan gunung-gunung yang terbang. Seluruh manusia akan dikumpulkan dan tidak ada seorang manusia pun yang tersisa di bumi.

Wa yauma nusayyirul-jibaala wa taral-arda barizataw wa hasyarnahum fa lam nugaadir min-hum ahadaa

Artinya:

"Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorang pun dari mereka."

7 dari 7 halaman

Mendapat Rida Allah Swt.

Membaca surah Al Kahfi dapat memudahkan mendapat rida Allah Swt. Membaca surah Al-Kahfi akan membuat seseorang mendapat cahaya keberkahan. Juga menghindarkan seseorang dari perasaan gelisah.

Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Rasullullah saw. bersabda:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi." (HR Ahmad)

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Laudia Tysara, Editor: Tyas Titi Kinapti. Published: 2/6/2020)

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer