Sukses


Contoh Permutasi dan Kombinasi yang Sederhana

Bola.com, Jakarta - Permutasi dan kombinasi merupakan rumus matematika yang saling terkait satu sama lain. Permutasi dapat diartikan sebagai cara untuk menyusun sejumlah objek dengan urutan tertentu.

Sedangkan kombinasi hampir sama seperti permutasi, yaitu cara untuk menggabungkan sejumlah objek, tetapi untuk kombinasi tanpa adanya urutan.

Permutasi dan kombinasi sebenarnya telah digunakan sejak lama oleh para ilmuwan. Bahkan ada beberapa ilmuwan yang disebut-sebut mengenalkan konsep permutasi dan kombinasi.

Permutasi dan kombinasi sebenarnya telah digunakan sejak lama oleh para ilmuwan. Bahkan ada beberapa ilmuwan yang disebut-sebut mengenalkan konsep permutasi dan kombinasi.

Agar lebih paham lagi, berikut contoh permutasi dan kombinasi, dinukil dari laman Sampoernaacademy, Kamis (2/2/2023).

2 dari 3 halaman

Perbedaan Permutasi dan Kombinasi

  • Perbedaan yang paling jelas permutasi dan kombinasi sesuai ada pada definisinya. Di mana keduanya berbeda caranya, permutasi dengan urutan, sedangkan kombinasi tidak.
  • Selain soal urutan, permutasi dan kombinasi juga beda dalam penempatan dan posisi. Di mana di kombinasi tidak diperlukan.
  • Permutasi biasanya digunakan untuk mengatur huruf, angka, benda, sampai orang. Sedangkan kombinasi biasanya digunakan dalam memilih satu item yang spesifik seperti menu makanan, pakaian, serta subjek.
  • Dari segi jawaban antara permutasi dan kombinasi juga berbeda, di mana permutasi cenderung menanyakan berapa banyak urutan yang bisa disusun dari sebuah objek. Sedangkan kombinasi, cara untuk menentukan berapa banyak kelompok yang berbeda yang dapat diambil.
3 dari 3 halaman

Contoh Sederhana dari Permutasi dan Kombinasi

Sebuah kotak yang berisikan tiga buah bola dengan warna yang berbeda-beda, yaitu merah, kuning, hijau.

Budi diminta untuk mengambil dua bola secara acak, tetapi urutannya harus diperhatikan. Berapakah kemungkinan pasangan yang bisa diambil oleh Budi? Jawaban:

Kasus tersebut merupakan contoh soal permutasi karena jelas ada pernyataan harus urut. Dengan menggunakan rumus permutasi, maka kemungkinan yang bisa diambil dari kotak tersebut adalah merah-kuning, kuning-merah, kuning-hijau, hijau-kuning, merah-hijau, dan hijau-merah.

Jadi ada enam permutasi yang bisa digunakan untuk mengambil 2 bola dalam kotak.

Di dalam sebuah kelas ada tiga murid, yaitu A, B, dan C. Dari tiga murid tersebut guru harus memilih dua orang saja untuk mewakili kelas dalam lomba menggambar. Berapa banyakkah kombinasi dua orang yang dibuat dari tiga orang murid tersebut?

Jawaban:

Soal ini merupakan contoh kasus kombinasi. Lantaran pada dasarnya kombinasi ini tidak diperlukan urutan, secara logika kombinasi yang bisa dibuat dari tiga murid itu adalah A dengan B, A dengan C, serta B dengan C.

Jadi, ada tiga kemungkinan pasangan yang bisa dipilih oleh guru untuk mewakili kelas.

 

Sumber: Sampoernaacademy

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer