Sukses


10 Cara Mensyukuri Nikmat Allah yang Dianjurkan dalam Islam

Bola.com, Jakarta Selalu bersyukur dengan nikmat yang diberikan Allah Swt. perlu diterapkan dalam hidup sejak dini. Dengan bersyukur, kita sebagai umat muslim tidak akan mudah mengeluh terhadap keadaan.

Bersyukur merupakan wujud terima kasih seorang hamba kepada Tuhan atas segala nikmat yang telah Dia limpahkan dan berikan kepada kita.

Ada banyak kenikmatan yang diberikan Tuhan sejak kita lahir hingga sekarang. Hal tersebut perlu disyukuri. Dengan selalu bersyukur, akan membuatmu lebih tenang dan bahagia.

Bersyukur atas nikmat Allah bisa dilakukan dengan ucapan dan perbuatan. Selain itu, Allah berjanji akan melipatgandakan pahala bagi umat muslim yang senantiasa selalu bersyukur.

Ingat bahwa banyak orang yang mungkin masih tak seberuntung kita sehingga cobalah untuk senantiasa mengucapkan syukur.

Ada beberapa cara untuk membantumu bersyukur kepada-Nya, satu di antaranya selalu mengingat Allah dalam hati.

Berikut 10 cara mensyukuri nikmat Allah yang dianjurkan dalam Islam, disadur dari Dream, Jumat (3/2/2023).

2 dari 5 halaman

Cara Menyukuri Nikmat Allah

1. Mensyukuri Nikmat Allah dengan Lisan

Cara mensyukuri nikmat Allah yang paling mudah dilakukan adalah dengan lisan, satu di antaranya mengucapkan 'alhamdulillah'.

Orang yang mensyukuri nikmat Allah, lisannya akan senantiasa memperbanyak zikir dan kalimat tahmid sebagai pujian kepada Allah atas nikmat yang diberikan.

Membicarakan nikmat Allah kepada orang lain juga sebagai bentuk cara mensyukuri nikmat-Nya serta pengakuan atas kekuasaan-Nya. Sehingga membicarakan nikmat yang kita terima kepada orang lain bukanlah bagian dari sum'ah (pamer), sebab tidak ada dalil yang menyatakan bahwa mengucap syukur secara lisan adalah sum'ah dan riya'.

2. Mensyukuri Nikmat Allah dengan Hati

Cara mensyukuri nikmat Allah yang kedua adalah dengan hati yang bahagia. Hal ini dilakukan dengan cara mengakui serta meyakini bahwa semua nikmat yang dirasakan semata-mata datang dari Allah Swt.

Bersyukur dengan hati akan membuat kita merasakan ketulusan dari nikmat yang telah Tuhan berikan selama hidup, termasuk nikmatnya iman, Islam dan ihsan.

 

3 dari 5 halaman

Cara Menyukuri Nikmat Allah

3. Mensyukuri Nikmat Allah dengan Anggota Tubuh 

Cara mensyukuri nikmat Allah yang ketiga adalah dengan anggota tubuh. Maksudnya adalah kita menggunakan anggota tubuh kita untuk berbuat kebaikan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat-Nya.

Anggota tubuh yang lengkap merupakan nikmat yang sangat luar biasa. Jadi, sudah sepantasnya kita memanfaatkannya untuk hal-hal kebaikan dan menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

4. Mensyukuri Nikmat Allah dengan Amal Perbuatan

Cara mensyukuri nikmat Allah yang tak kalah penting adalah dengan melakukan amal perbuatan. Bersyukur tidak hanya cukup dengan mengucap alhamdulillah saja.

Melainkan perlu dilakukan dengan amal perbuatan termasuk menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Seperti beribadah wajib, sedekah, menjalankan amalan sunah, segala bentuk kebaikan lainnya.

5. Mensyukuri Nikmat Allah dengan Memuji-Nya 

Selanjutnya, cara mensyukuri nikmat Allah bisa dilakukan dengan memuji Allah Swt. atas semua karunia yang sdiberikan.

Cara bisa dilakukan dengan memperbanyak pujian, membaca kalimat dan asma Allah, serta menceritakan nikmat agar membuat kita lebih bersyukur.

 

4 dari 5 halaman

Cara Menyukuri Nikmat Allah

6. Mensyukuri Nikmat Allah dengan Taat Beribadah

Rajin dan taat menjalankan ibadah juga termasuk bagian dari cara mensyukuri nikmat Allah. Sebab dengan ibadah, berarti kita menunjukkan bahwa kita sedang berterimakasih kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan.

7. Mensyukuri Nikmat Allah dengan Pola Hidup Sehat 

Nikmat kesehatan adalah nikmat yang tak kalah penting dalam hidup ini. Orang yang paling mampu menyadari nikmat kesehatan adalah orang yang sedang sakit. Sebab dia baru sadar betapa pentingnya nikmat kesehatan.

Inilah mengapa saat kita diberi kesehatan baik fisik maupun mental, kita harus rajin bersyukur dengan menerapkan pola hidup sehat agar terjaga kesehatan kita.

Menjalankan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan adalah cara untuk mensyukuri nikmat sehat di dalam Islam yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menghindari junk food, fast food, merokok, minum alkohol, terlalu banyak begadang, jarang olahraga, dan gaya hidup sehat lainnya.

8. Mensyukuri Nikmat Allah dengan Menjaga Kebersihan

Tak hanya membiasakan diri dengan pola hidup sehat, cara mensyukuri nikmat Allah juga perlu dilakukan dengan menjaga kebersihan.

Bahkan urusan kebersihan ini dihubungkan dengan iman, seperti pepatah yang menyatakan bahwa 'kebersihan adalah sebagian dari iman'.

Menjaga kebersihan termasuk dari gaya hidup sehat. Dengan kondisi lingkungan yang bersih, kita juga akan lebih khusyuk dalam ibadah, bekerja, dan belajar.

Banayak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan, seperti membuang sampah pada tempatnya, selalu membersihkan tempat tinggal, dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

Cara Menyukuri Nikmat Allah

9. Mensyukuri Nikmat Allah dengan Senyuman 

Siapa sangka perbuatan semudah senyuman bisa menjadi salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Allah.

Senyuman bisa memberikan energi positif pada diri sendiri dan orang lain. Bahkan sebuah hadis menyebutkan bahwa senyum kepada orang lain adalah termasuk sedekah yang paling mudah dilakukan.

10. Mensyukuri Nikmat Allah dengan Harta

Cara mensyukuri nikmat Allah yang juga dapat kamu lakukan adalah dengan harta. Seperti belajar di sekolah atau mengikuti suatu les keterampilan, bersedekah, donasi untuk kegiatan sosial, berjihad, membantu saudara yang membutuhkan, membangun masjid dan sarana pendidikan.

 Dengan mengeluarkan harta untuk kegiatan-kegiatan tersebut, adalah bukti bahwa kita sangat bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang sudah diberikan untuk kita.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 3/9/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer