Sukses


Daftar Negara-Negara yang Tergabung dalam APEC

Bola.com, Jakarta - Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) adalah forum kerja sama antar 21 Ekonomi di lingkar Samudera Pasifik yang berdiri tahun 1989.

Anggota APEC disebut "Ekonomi" mengingat setiap anggota saling berinteraksi sebagai entitas ekonomi, dan bukan sebagai negara.

APEC memiliki tiga pengamat (observer), yaitu ASEAN Secretariat, Pacific Economic Cooperation Council (PECC), dan Pacific Islands Forum (PIF) Secretariat.​​

Mekanisme kerja APEC bermuara pada para Pemimpin Ekonomi APEC yang melakukan pertemuan setahun sekali dalam APEC Economic Leaders' Meeting (AELM). Sebelumnya, para Menteri Luar Negeri dan Menteri Perdagangan APEC menghadiri pertemuan bersama dalam APEC Ministerial Meeting (AMM).

Hasil kesepakatan para Pemimpin Ekonomi dan Menteri APEC tersebut selanjutnya ditindaklanjuti oleh para Pejabat Tinggi (Senior Officials) APEC yang bertemu lazimnya tiga kali dalam setahun.

Pada tingkatan teknis, hasil-hasil pertemuan Senior Officials Meeting (SOM) akan dilaksanakan oleh Komite, Working Groups, Fora dan Subfora.

Selain itu, terdapat pertemuan Informal Senior Official Meeting (ISOM) yang dilakukan pada akhir tahun guna memperkenalkan tema prioritas keketuaan APEC pada tahun selanjutnya.

Kamu bisa mencari tahu negara-negara mana saja yang menjadi anggota APEC, untuk menambah wawasan.

Berikut daftar negara-negara yang tergabung dalam APEC, dilansir dari laman kemlu.go.id, Senin (6/2/2023)

2 dari 2 halaman

Daftar Negara-Negara yang Tergabung dalam APEC

1. Australia

2. Brunei Darussalam

3. Kanada

4. Cile

5. China

6. Hong Kong

7. Indonesia

8. Jepang

9. Korea Selatan

10. Malaysia

11. Meksiko

12. Selandia Baru

13. The Philippines

14. Peru

15. Papua Nugini

16. Rusia

17. Singapura

18. Chinese Taipei

19. Thailand

20. Amerika Serikat

21. Vietnam

 

Sumber: kemlu.go.id

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer