Sukses


Daftar Makanan yang Ampuh untuk Meredakan Sakit Perut

Bola.com, Jakarta - Masalah sakit perut yang kamu alami bisa menjadi penyebab kondisi tak nyaman ketika beraktivitas. Kondisi kesehatan ini bisa menyebabkan kamu merasa mual, kembung, atau perut begah.

Gangguan kesehatan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti maag, gangguan pencernaan, infeksi virus dan bakteri pada saluran cerna, dan lainnya.

Saat sakit perut melanda, terkadang kamu tidak ingin mengonsumsi makanan atau minuman apa pun. Meski demikian ada beberapa makanan yang bisa membantumu untuk meredakan sakit perut.

Berikut daftar makanan yang ampuh untuk meredakan sakit perut, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (7/2/2023).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Ampuh untuk Meredakan Sakit Perut

1. Greek Yoghurt 

Greek yoghurt termasuk makanan untuk mengobati sakit perut melilit. Sebab, yoghurt mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan usus. 

Saat perut bermasalah, konsumsi yoghurt tanpa tambahan apa pun, terutama gula atau buah-buahan. Jika sudah sembuh, baru boleh mencampurkannya dengan bahan lain.

2. Teh Peppermint

Peppermint sudah lama diketahui dapat menjadi antinyeri alami sehingga bisa meredakan sakit perut. Kamu tidak perlu repot-repot memetik daun peppermint. Pasalnya, kini teh peppermint sudah banyak tersedia di supermarket.

3. Air Kelapa

Air kelapa dapat dikonsumsi untuk meredakan gangguan pencernaan yang muncul, seperti mual dan kembung. Air kelapa mengandung kadar gula yang rendah jika dibandingkan dengan minuman lainnya.

Jika ingin mengonsumsi air kelapa dalam kemasan, pilih yang tidak memiliki perasa, tanpa tambahan gula, atau jus. Dengan demikian, air kelapa akan memiliki efek yang maksimal dan tanpa menambah kalori yang signifikan.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Ampuh untuk Meredakan Sakit Perut

4. Teh Kamomil

Teh kamomil memiliki khasiat antiradang yang dapat meredakan nyeri perut. Teh ini dapat pula meredakan berbagai gejala gangguan pencernaan lainnya, seperti kembung, kram perut, dan diare.

Selain itu, teh kamomil terbukti dapat mengatasi stres dan ketegangan, di mana keduanya bisa memicu mag. 

5. Jahe 

Penggunaan jahe sebagai pereda nyeri perut bukan sekadar mitos turun-temurun dari nenek moyang. Penelitian kedokteran modern telah membuktikan bahwa jahe dapat bermanfaat untuk meredakan mual, muntah, dan nyeri perut.

Bahkan, jahe juga aman untuk dikonsumsi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah saat kehamilan. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, makanan, maupun suplemen yang sudah terstandar dosisnya.

6. Pisang 

Pisang termasuk satu di antara buah untuk mengobati sakit perut. Pisang mengandung rendah serat, tetapi tinggi kalori sehingga tidak membebani pencernaanmu ketika sedang dilanda sakit perut.

Kalori yang tinggi dapat membantu menyuplai energi bagi tubuh ketika kamu sedang tidak nafsu makan. Selain itu, kalium yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengganti kehilangan kalium saat kamu diare.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Ampuh untuk Meredakan Sakit Perut

7. Cuka Apel

Cuka apel atau sarinya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit perut. Selain itu, cairan asam ini bisa mengurangi gangguan pencernaan dan menjaga jumlah bakteri baik di dalam usus tetap banyak.

Kendati demikian, konsumsi cuka apel harus diperhatikan dan tidak boleh berlebihan. Pasalnya, tidak semua orang memiliki kondisi lambung yang cocok untuk mengonsumsinya.

8. Ubi 

Satu di antara makanan untuk meredakan perut yang perih atau sakit adalah ubi. Sebab, ubi kaya akan kalium, zat penting untuk memulihkan elektrolit yang hilang akibat diare atau muntah.

Jika kamu malas menggigit, hancurkan ubi seperti mashed potato. Namun, kulit ubi mengandung banyak serat, jadi sebaiknya kamu kupas terlebih dahulu.

 9. Pepaya 

Pepaya merupakan buah yang kaya akan serat dan air. Itulah mengapa buah ini bisa menjadi makanan untuk menghilangkan sakit perut.

Tidak hanya membantu redakan perut yang nyeri, kandungan serat dan air dalam pepaya juga bisa melancarkan buang air besar.

Pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu proses pencernaan protein dalam saluran cerna sehingga lebih mudah dan optimal penyerapannya.

10. Makanan Terfermentasi

Selain yoghurt, makanan atau minuman terfermentasi yang baik untuk mengatasi sakit perut adalah tempe, kefir, dan kimchi ala korea.

Makanan-makanan tersebut mengandung bakteri probiotik yang baik untuk mengembalikan keseimbangan bakteri baik dalam saluran cerna.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 25/11/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer