Sukses


Macam-Macam Permasalahan Lingkungan Hidup yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Permasalahan lingkungan hidup menjadi masalah yang paling sering terjadi di lingkungan berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Jika tak segera di atasi, berbagai permasalahan lingkungan hidup tersebut dapat menimbulkan dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia, tumbuhan, dan hewan di bumi.

Bahkan, berbagai permasalahan lingkungan hidup ini bisa menyebabkan makhluk hidup mengalami kepunahan.

Untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan hidup tidak hanya bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja, dibutuhkan usaha kolektif yang melibatkan berbagai pihak.

Berikut macam-macam permasalahan lingkungan hidup yang perlu dipahami, disadur dari Merdeka, Senin (6/2/2023).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Permasalahan Lingkungan Hidup

1. Tanah Longsor

Di Indonesia ada berbagai bencana yang bisa terjadi. Satu di antara contoh permasalahan lingkungan hidup tersebut adalah tanah longsor.

Biasanya, tanah longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur suatu wilayah dengan lereng curam. Seperti bencana alam lainnya, tanah longsor rentan mengakibatkan korban jiwa.

2. Pencemaran Sungai

Satu di antara contoh permasalahan lingkungan hidup yang selanjutnya adalah pencemaran sungai. Sungai merupakan ekosistem air yang sudah sepantasnya selalu terjaga kebersihannya.

Namun, sungai justru sering kali mendapatkan banyak bahan kimia yang dibuang sebagai limbah produksi. Akibatnya, ekosistem sungai sebagai habitat ikan dan sebagainya, terancam rusak.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Permasalahan Lingkungan Hidup

3. Kekeringan

Contoh permasalahan lingkungan hidup yang pertama adalah kekeringan. Sering kali di berbagai wilayah Indonesia mengalami kekeringan luar biasa yang dapat berakibat buruk.

Banyak warga yang kekurangan sumber air bersih. Terlebih bagi mereka yang mengandalkan air sumur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Banjir

Satu di antara contoh permasalahan lingkungan hidup yang berikutnya adalah banjir. Di saat musim penghujan, banyak wilayah di Indonesia yang rentan mengalami bencana banjir bandang yang datang secara tiba-tiba.

Akibatnya, banyak kegiatan yang mengalami kelumpuhan dan aktivitas mencari pendapatan menjadi terhambat. Banjir juga dapat menelan korban jiwa jika tidak diantisipasi dengan baik. 

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Permasalahan Lingkungan Hidup

5. Penebangan Hutan Ilegal

Penebangan hutan yang sembarangan, ilegal, dan terus dilakukan tentu akan berdampak buruk bagi lingkungan.

Hal ini menyebabkan berbagai permasalahan lingkungan hidup lainnya, seperti banjir dan tanah longsor. Jika tidak segera mendapatkan perhatian dan tindakan yang benar, hal ini dapat menyebabkan bencana yang lebih parah.

6. Abrasi Pantai

Contoh permasalahan lingkungan hidup yang hingga kini masih terjadi adalah abrasi atau pengikisan tanah di daratan. Hal ini makin terbukti di beberapa wilayah di dunia.

Luas daratan yang kian sempit menjadi pertanda terjadinya abrasi. Umumnya, hal ini juga dapat mengakibatkan kerusakan ekosistem laut dan sekitarnya.

 7. Pencemaran Lingkungan Hidup

Sering kali, pencemaran lingkungan hidup hanya dianggap sebagai hal biasa. Pencemaran tersebut yakni berupa polusi udara, suara, maupun air.

Perlu diketahui, pencemaran tersebut dapat menjadi bencana alam dan merusak ekosistem jika terus-menerus dilakukan. Penting bagi semua orang agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan hidup. 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Mutia Anggraini. Published: 28/10/2021)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer