Sukses


6 Sifat Nabi Yusuf yang Pantas Dijadikan Teladan oleh Umat Islam

Bola.com, Jakarta - Kisah Nabi Yusuf diabadikan Allah dalam di Al-Qur'an yang sesuai dengan namanya, yakni surah Yusuf (surat ke-12) yang terdiri dari 111 ayat.

Kisah Nabi Yusuf merupakan kisah terpanjang dalam Al-Qur'an yang diceritakan secara berurutan dan dalam satu surat penuh. Kisah ini merupakan kisah terbaik dalam Al-Qur'an.

Nabi Yusuf merupakan sosok yang taat kepada Allah dan senantiasa berjalan pada kebaikan. Nabi Yusuf juga merupakan sosok yang cerdas dan jujur dalam kehidupannya.

Selain itu, Nabi ke 11 ini terkenal akan ketampanannya sehingga banyak kaum hawa yang kagum kepadanya.

Selama hidupnya ada beberapa sifat dari Nabi Yusuf yang sangat bisa diteladani oleh umat Islam dalam menjalani kehidupan di dunia.

Berikut sifat Nabi Yusuf yang pantas diajdikan teladan oleh umat Islam, disadur dari Dream, Senin (6/2/2022).

2 dari 4 halaman

Sifat Nabi Yusuf yang Pantas Dijadikan Teladan

1. Tidak Sombong dengan Ketampanannya 

Nabi Yusuf dikenal sebagai nabi yang memiliki ketampanan luar biasa. Wajah bersih dan tampan membuat para wanita pada zaman itu tergila-gila. Bahkan ada sebuah kisah para wanita memotong jari mereka sendiri akibat terpesona dengan ketampanan Nabi Yusuf.

Meski dikaruniai wajah tampan rupawan, tidak membuat Nabi Yusuf sombong. Nabi Yusuf tetap bersikap rendah hati dan tidak mendambakan pujian dari orang lain. Bahkan ia menganggap ketampanannya adalah ujian yang perlu ia lalui dengan ketaatan kepada Allah.

Kerendahan hati inilah yang tentu menjadi pelajaran penting untuk diteladani semua orang, terutama kaki-laki. Perlu dipahami bahwa ketampanan hanya titipan Allah yang sewaktu-waktu bisa hilang.

2. Senantiasa Menjaga Hawa Nafsunya

Dengan ketampanan yang dimiliki, biasanya seseorang akan mudah tergoda dan kesulitan menahan hawa nafsunya. Namun, berbeda dengan Nabi Yusuf, saat mendapat godaan dari banyak wanita cantik, Nabi Yusuf senantiasa menjaga hawa nafsunya.

Nabi Yusuf mampu mengendalikan hawa nafsunya sehingga tidak terjerat dengan godaan setan. Rayuan dari banyak wanita tidak ia tanggapi, ia justru malah makin meningkatkan imannya kepada Allah Swt.

3 dari 4 halaman

Sifat Nabi Yusuf yang Pantas Dijadikan Teladan

3. Tidak Menyimpan Dendam 

Nabi Yusuf merupakan anak ke-12 yang paling berbeda dari saudara-saudaranya. Sifat yang baik dari Nabi Yusuf membuatnya disayangi oleh orang tua dan orang di sekitarnya.

Hal itulah yang membuat semua saudara-saudaranya merasa iri. Sampai pada tindakan Nabi Yusuf dibuang ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya.

Meski kerap diperlakukan tidak baik, Nabi Yusuf tidak pernah menyimpan dendam kepada saudara-saudaranya.

Inilah sifat yang perlu diteladani oleh umat Islam untuk selalu memaafkan kesalahan orang lain. Sebab menyimpan dendam hanyalah akan menyakiti diri sendiri.

4. Selalu Waspada dengan Kemungkinan Buruk

Kisah Nabi Yusuf mengingatkan kepada manusia bahwa hal buruk bisa terjadi kapan saja dan berasal dari mana saja. Suatu ketika Nabi Yusuf pernah diserang oleh serigala dan rencana pembunuhan oleh saudaranya sendiri.

Namun, Nabi Yusuf bisa lolos dari semua kemungkinan terburuk tersebut atas pertolongan dari Allah Swt. Hal itu membuatnya selalu waspada dengan kemungkinan buruk yang terjadi dalam hidupnya.

Kisah tersebut bisa menjadi pelajaran bagi kita semua, bahwa hal buruk bisa menimpa siapa saja. Dengan begitu sebaiknya kita menyiapkan mental untuk menghadapinya.

4 dari 4 halaman

Sifat Nabi Yusuf yang Pantas Dijadikan Teladan

4. Selalu Sabar Menghadapi Cobaan Hidup 

Cobaan dan ujian adalah satu paket tantangan yang dialami manusia selama hidup di dunia. Hidup tanpa cobaan sebagaimana minuman tanpa gula, tidak ada rasanya.

Meski demikian, banyak orang yang tidak sabar ketika menghadapi cobaan. Bahkan sebagian orang sampai melakukan hal-hal yang buruk karena tidak kuat menghadapi cobaan yang datang.

Semestinya kita sebagai umat muslim belajar dari sifat Nabi Yusuf yang selalu sabar menghadapi cobaan. Ia telah menjalani kehidupan yang keras. Mulai terpisah dari orang tuanya, menghadapi godaan wanita, difitnah, dipenjara, hingga dimusuhi saudara-saudaranya sendiri.

Berbagai cobaan yang dihadapi Nabi Yusuf tidak membuatnya putus asa. Justru ia malah makin meningkatkan iman dan takwa kepada Allah. Sebab, sebagai umat muslim, kita harus yakin bahwa di setiap kesulitan pasti ada kemudahan.

5. Tidak Menyombongkan Riwayat Garis Keturunannya 

Banyak orang menyombongkan riwayat garis keturunan. Mereka lupa bahwa ada nabi yang sangat mulia dan tidak mengajarkan agar manusia tidak menyombongkan hal tersebut.

Nabi Yusuf adalah utusan Allah yang memiliki garis keturunan luar biasa. Pasalnya, mulai buyut, kakek, dan ayahnya adalah seorang nabi Allah.

Namun demikian, hal itu tidak membuatnya sombong dengan garis keturunan tersebut. Hal inilah yang perlu dicontoh oleh manusia mengingat masih banyak orang yang menyombongkan garis keturnan keluarganya.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 3/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer