Sukses


Contoh-Contoh Nilai Norma yang Ada di Masyarakat

Bola.com, Jakarta - Norma adalah aturan untuk menata kehidupan manusia di dalam masyarakat. Secara umum, norma merupakan penjabaran lebih lanjut dari nilai-nilai dalam masyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima.

Dalam norma berisi serangkaian petunjuk hidup yang berisi perintah dan larangan serta dilengkapi sanksi atau hukuman bagi para pelanggarnya.

Hal ini berarti norma dibuat dengan tujuan untuk menciptakan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat. Ketika suasana keluarga serta masyarakat tertib maka seluruh orang di keluarga maupun masyarakat akan damai.

Mengingat begitu pentingnya norma bagi masyarakat, norma perlu diterapkan sejak dini. Ada beberapa nilai penting norma yang perlu diperhatikan.

Berikut ini contoh-contoh nilai norma yang perlu diperhatikan, dilansir dari Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk SMP Kelas VII terbitan Kemdikbud, Senin (6/2/2023).

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Norma

Secara umum norma dikelompokkan menjadi empat jenis. Keempat norma tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Norma Agama

Norma agama adalah kaidah atau aturan yang bersumber pada hukum agama atau kitab suci yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Norma ini berisi perintah dan larangan yang bertujuan mengatur manusia agar mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat.

Norma Susila

Norma ini berasal dari hati nurani manusia. Norma kesusilaan mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik sesuai kata hati. Setiap manusia dikaruniai hati nurani agar dapat membedakan perbuatan yang baik dan buruk.

Norma Sosial

Norma sosial atau kesopanan bersumber dari tata krama atau kebiasaan masyarakat. Norma ini bersifat lokal. Norma kesopanan berawal dari hubungan yang terjadi antarmanusia yang kemudian membentuk aturan-aturan yang disepakati bersama.

Norma Hukum

Norma hukum merupakan aturan yang mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan bernegara. Norma ini dibuat oleh pemerintah dan bersifat tegas serta memaksa.

Pelanggaran terhadap norma ini akan mendapatkan sanksi berupa hukuman penjara atau denda.

3 dari 4 halaman

Contoh Nilai-Nilai Norma

Menciptakan ketertiban dan keamanan bersama

Perhatikan situasi berlalu lintas. Di setiap perempatan besar biasa dipasang lampu lalu lintas. Lampu merah untuk perintah berhenti, lampu kuning untuk perintah bersiaga, dan lampu hijau untuk perintah berjalan.

Tanpa lampu tersebut, lalu lintas bisa kacau dan dapat mengakibatkan tabrakan kendaraan.

Mencegah benturan kepentingan antarwarga

Banyak keluarga mengatur waktu untuk menyalakan televisi. Sekitar pukul 18.00 petang, televisi di rumah selalu dimatikan dulu. Waktunya untuk beribadah malam sebentar dan juga untuk anak-anak belajar.

Pengaturan itu dapat mencegah benturan kepentingan, antara kepentingan menonton siaran televisi dengan kepentingan ibadah atau belajar.

Membentuk akhlak atau karakter manusia

Dari kecil biasa diajarkan agar berdoa lebih dulu sebelum makan. Dengan norma tersebut, setiap orang dididik untuk senantiasa bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat yang diperoleh. Kebiasaan bersyukur itulah yang perlu jadi karakter setiap orang.

Menjadi petunjuk bagi setiap individu dalam menjalani kehidupan di masyarakat

Setelah terjadi bencana pandemi COVID-19, pemerintah mengeluarkan peraturan agar semua orang selalu menggunakan masker penutup hidung dan mulut saat di luar rumah, serta menjaga jarak antarsesama.

Aturan tersebut merupakan norma untuk memberi petunjuk masyarakat agar sehat dan terhindar dari virus tersebut.

Mewujudkan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

Bila seseorang merasa dirugikan oleh orang lain, orang tersebut dapat mengajukan gugatan ke pengadilan sehingga ia dapat memperoleh haknya.

Ada aturan yang mengatur hal itu. Aturan itu adalah yang menjaga agar keadilan di masyarakat terwujud.

4 dari 4 halaman

Norma dan Nilai-Nilai Pancasila

Di Indonesia, norma tentu juga terkait dengan nilai-nilai Pancasila, yakni nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, serta nilai keadilan sosial.

  1. Norma ketuhanan merupakan norma yang terkait dengan nilai ketuhanan. Norma ini berisi kewajiban untuk selalu menjalankan ibadah sesuai agama dan keyakinan masing-masing. Selain itu, penting untuk senantiasa bersyukur dalam menjalani kehidupan.
  2. Norma kemanusiaan merupakan norma yang terkait dengan nilai kemanusiaan. Contoh: untuk selalu bersikap santun dan peduli untuk membantu sesama. Kemudian penting juga untuk selalu mengembangkan diri sendiri seperti terus belajar dan bercita-cita.
  3. Norma persatuan merupakan norma yang terkait dengan nilai persatuan. Di antaranya adalah norma untuk selalu menjaga perdamaian, menghindari segala kekerasan baik kata-kata maupun fisik. Selain itu, penting untuk selalu tertib, disiplin, dan bekerja keras.
  4. Norma kerakyatan merupakan norma yang terkait dengan nilai kerakyatan, seperti norma untuk selalu berkomunikasi dan berdialog, serta bermusyawarah dan berdemokrasi. Adanya norma tersebut juga untuk mementingkan bergotong royong atau bekerja sama.
  5. Norma keadilan sosial merupakan norma yang terkait dengan nilai keadilan sosial. Di antara norma ini adalah untuk selalu berusaha bersikap adil di kehidupan sehari-hari, juga untuk mewujudkan kesejahteraan dengan terus mengevaluasi dan memperbaiki diri.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar norma lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer