Sukses


4 Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Pendidikan, Bisa Jadi Referensi

Bola.com, Jakarta - Ceramah merupakan sebuah penyampaian di depan banyak orang secara lisan. Biasanya kamu bisa menjumpai ceramah saat melakukan salat Jumat, mengikuti majelis taklim, misa di gereja, atau kegiatan keagamaan lainnya.

Penyampaian ceramah juga bisa dijumpai di sekolah, kampus, saat seminar/ceramah umum, melalui televisi, radio, maupun rekaman.

Sementara itu, ceramah biasanya menyampaikan nasihat, ilmu pengetahuan, informasi, atau motivasi untuk khalayak umum.

Sedangkan, dalam menyampaikan sebuah ceramah ada banyak tema yang bisa diangkat, dan satu di antaranya ialah tentang pendidikan.

Jika kamu sedang mencari referensi ceramah tentang pendidikan, bisa mencermati contoh-contoh teks di bawah ini.

Berikut ini empat contoh teks ceramah singkat tentang pendidikan yang bisa dijadikan sebagai referensi, dikutip dari laman Lezgetreal dan Sahabatnesia, Senin (6/2/2023).

2 dari 5 halaman

Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Pendidikan 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Marilah kita panjatkan segala puji bagi Allah Swt. yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk dapat berkumpul di tempat yang Insyaallah mulia ini dalam keadaan sehat.

Selawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi besar Muhammad saw. kepada keluarganya, sahabatnya, serta sampailah kepada kita selaku umatnya.

Seperti apa yang telah kita ketahui bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting, baik untuk kehidupan pribadi ataupun bagi keluarga, bangsa serta negara. Namun, yang disayangkan adalah tidak semua orang dapat merasakan pendidikan hingga tingkat pendidikan tinggi.

Tentunya Anda tahu bahwa sebagian kecil saudara kita di daerah terpencil sulit untuk dapat mengakses pendidikan. Pendidikan sangat sulit mereka dapatkan karena keterbatasan ekonomi serta terbatasnya akses yang memadai. Untuk itu, bagi kita yang memperoleh kemudahan untuk merasakan pendidikan, manfaatkanlah dengan sebaik mungkin.

Pendidikan merupakan satu di antara cara untuk menggapai cita-cita. Selain itu, pendidikan dapat memutus rantai kemiskinan, sebab kemiskinan kadang erat kaitannya dengan kebodohan.

Untuk itu, mengingat pentingnya pendidikan bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka, marilah kita siapkan pendidikan setinggi mungkin supaya apa yang kita cita-citakan dapat tercapai. Demikian apa yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 5 halaman

Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Pendidikan 2

Assalamualaikum Wr. Wb.

Marilah kita bersyukur atas rahmat serta kasih sayang yang telah Allah Swt. berikan kepada kita. Selawat serta salam semoga tetap tercurah kepada baginda Nabi Muhammad saw. yang telah membawa kita, selaku umatnya dari zaman jahiliyah menuju zaman ilmiah seperti sekarang ini.

Pada kesempatan kali ini bahasan kita adalah mengenai pentingnya menuntut ilmu. Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa kita tidak dapat hidup tanpa adanya ilmu.

Maka itu, Islam mengajarkan kita untuk senantiasa menuntut ilmu, baik itu ilmu duniawi ataupun ukhrawi. Sejalan dengan sabda Rasulullah saw. yang artinya mencari ilmu itu wajib bagi orang islam laki-laki dan perempuan.

Dengan ilmu, kita sebagai manusia tentunya akan menjadi makhluk terbaik di antara makhluk Allah Swt. yang lainnya. Namun, jika tidak memiliki ilmu kita tidak akan mengetahui apa-apa yang ada di dunia ini. Allah telah menyampaikan dalam surah Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya "Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat".

Untuk itu, marilah kita terus menuntut ilmu, sebab dengan ilmu kita akan mendapatkan kebahagiaan dunia serta akhirat sehingga dapat disimpulkan bahwa selama hayat masih dikandung badan, kita harus selalu menuntut ilmu tanpa kenal kata lelah sebab pentingnya ilmu dalam kehidupan. Tanpa ilmu pula kita tidak akan bisa menjadi insan kamil.

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Pendidikan 3

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Allah Swt. yang telah memberikan kita nikmat iman, Islam ataupun nikmat sehat.

Selawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad saw. yang telah membawa kita dari zaman kegelapan ke zaman terang benderang saat ini.

Hadirin yang saya hormati, izinkan saya memberikan ceramah singkat tentang pendidikan.

Pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan yang maju, membawa negara tersebut menjadi terdepan. Maka itu, kita harus memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Nelson Mandela, seorang pejuang hak asasi dan presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan pernah memberikan kata-kata motivasi:

"Education is the most powerful weapon wich you can use to change the world."

Artinya, "Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia".

Selama ini kita berlomba-lomba di bidang ekonomi, teknologi, atau keamanan dengan negara-negara lain. Saya tidak akan katakan bahwa persaingan tersebut buruk.

Namun, terkadang kita melupakan satu bidang yang sebenarnya lebih penting, yaitu pendidikan. Bila kita mendahulukan pendidikan yang bermutu maka kemajuan di bidang lain niscaya akan mengikuti.

Benar belaka apa yang dikatakan Nelson Mandela, bahwa pendidikan dapat mengubah dunia.

Itulah teks ceramah tentang pendidikan yang bisa saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Pendidikan 4

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Mari bersama-sama kita semua panjatkan puja dan puji pada nikmat dan berkah yang sudah dilimpahkan oleh Allah Swt. dan syukur atas kehidupan yang masih kita miliki hingga sekarang. Syukur juga wajib kita panjatkan atas semua kesehatan yang kita rasakan hingga detik ini sehingga kita bisa berkumpul bersama-sama di hari yang cerah pada pagi ini.

Saya ingin menyampaikan mengenai betapa pentingnya pendidikan dan akan begitu berpengaruh pada moral, karakter hingga perilaku anak-anak penerus bangsa. Generasi muda kita seharusnya mendapatkan pendidikan berkualitas dengan didorong oleh para tenaga pendidik yang berdedikasi.

Sayangnya, hingga saat ini pun, pendidikan di Indonesia masih belum merata. Tenaga pendidik pun masih banyak yang tidak memperoleh hak yang sudah seharusnya diterima. Hal tersebut tentu miris dan menyakitkan mengingat tanpa guru yang mengabdi, tak akan bisa anak-anak bangsa mendapatkan ilmu di sekolah.

Guru yang cakap dan andal menjadi gerbang utama terbentuknya karakter anak-anak bangsa bertanggung jawab dan cerdas bukan hanya dari pikirannya saja, tapi dari emosinya juga. Untuk dapat mewujudkannya bersama, mari kita sama-sama melanjutkan perjuangan tersebut dengan memberikan pengajaran yang baik, pendidikan yang baik bagi anak-anak penerus bangsa.

Demikian yang bisa saya sampaikan pada hari ini, mudah-mudahan kita semua dapat mengambil hikmah dari apa yang sudah disampaikan tadi.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Sumber: Lezgetreal, Sahabatnesia

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer