Sukses


Contoh Artikel Singkat Berbagai Topik yang Bisa Dijadikan Rujukan

Bola.com, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari kita kerap menemukan artikel, baik yang dipublikasikan melalui koran, majalah, buletin, maupun website.

Selain itu, saat sekolah mungkin kamu pernah mendapatkan tugas membuat sebuah artikel. Lantas apa yang dimaksud dengan artikel?

Artikel adalah karangan faktual yang isinya didapatkan berdasarkan data dan dibuat untuk tujuan tertentu.

Artikel adalah jenis tulisan yang berisi pendapat, gagasan, pikiran, hingga kritik terhadap suatu persoalan yang sedang berkembang di masyarakat.

Tak hanya berisi pemaparan masalah, dalam artikel biasanya terdapat solusi. Adapun tujuan dari artikel ialah untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembacanya.

Di sisi lain, biasanya isi artikel berkisar antara 300 hingga 1000 kata. Namun, khusus untuk artikel singkat terdiri dari 300-500 kata.

Nah, untuk bisa menulis artikel yang menarik dan berkualitas perlu memiliki wawasan serta pandangan yang luas.

Bagi kamu yang memiliki permasalahan untuk menulis artikel, bisa mencermati contoh-contoh artikel singkat di bawah ini yang dapat dijadikan rujukan.

Berikut ini beberapa contoh artikel singkat berbagai topik, dikutip dari laman Saungwriter dan Made-blog, Selasa (7/2/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Artikel Singkat tentang Pendidikan

Sekolah Online, Efektifkah?

Sekolah daring atau online menjadi tren terbaru sebagai konsekuensi dari adanya Pandemi COVID-19. Dengan strategi ini, siswa dan guru tak lagi harus bertatap muka di kelas.

Proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Tentu kita perlu mengevaluasi, apakah sekolah semacam ini efektif?

Menurut pertimbangan penulis, agaknya sulit untuk menerapkan konsep ini secara full di Indonesia. Soalnya, sekolah online membutuhkan berbagai fasilitas wajib yang belum tentu semua warga bisa mengaksesnya, seperti: smartphone, kuota, sinyal/jaringan internet memadai, dan listrik yang stabil.

Persoalannya, apakah negeri ini sudah mampu menyediakannya? Meski katanya jaringan 4G sudah menjangkau 97 persen wilayah, bagaimana dengan smartphone dan kuota? Banyak orang tua kelas menengah ke bawah kesulitan untuk memenuhi kebutuhan ini.

Maka itu, penting bagi pemerintah dan praktisi pendidikan untuk memikirkan upaya lebih kreatif ketimbang bergantung pada sekolah online.

3 dari 4 halaman

Contoh Artikel Singkat tentang Kesehatan

Mengintip Khasiat Susu Kambing

Kalau mendengar kata susu, kebanyakan orang pasti lebih ingat susu sapi ketimbang susu kambing. Wajar, dari sisi popularitas, susu sapi memang masih lebih tinggi pamornya.

Padahal, kalau ditelaah, susu kambing juga tak kalah menyehatkan lho! Ada beberapa keunggulan susu kambing yang perlu kamu perhitungkan, seperti:

  • Pada beberapa nutrisi, seperti kalsium dan vitamin C, kadarnya lebih tinggi dari susu sapi.
  • Lebih ramah terhadap penderita intoleransi laktosa (alergi susu).
  • Lemak pada susu kambing lebih bagus untuk pencernaan.

Fakta-fakta di atas, mungkin banyak yang belum tahu.

Seandainya banyak orang tahu, bisa jadi susu kambing akan sama atau bahkan lebih tinggi popularitas dan tingkat konsumsinya di Indonesia. Kamu mau coba?

4 dari 4 halaman

Contoh Artikel Singkat tentang Sejarah

Sejarah Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Cirebon adalah daerah bersejarah bagi umat Islam Indonesia, terutama Jawa Barat. Dari kota ini, ajaran Islam menyebar ke seantero Tatar Sunda. Terdapat satu di antara masjid yang jadi saksi sejarahnya, yakni Masjid Sang Cipta Rasa.

Usia masjid ini sudah sangat tua, berdiri sejak 1480 masehi. Berdasarkan catatan sejarah, arsitekturnya dirancang langsung oleh Sunan Kalijaga. Itu artinya, masjid ini berdiri saat masa penyebaran Islam oleh Wali Songo.

Meski arsiteknya Sunan Kalijaga, yang menginisiasi pembangunannya adalah Syarif Hidayatullah atau yang kita kenal Sunan Gunung Djati.

Pada masa itu, Sunan Gunung Djati adalah pemimpin dakwah hebat yang gerakannya mampu menjangkau hingga wilayah Banten.

Mengingat kuatnya unsur historis dari masjid ini, sampai sekarang orang-orang sering menyengaja datang berkunjung. Mereka menjadikan masjid ini sebagai pusat 'wisata' religi yang menambah keimanan.

 

Sumber: Saungwriter, Made-blog

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer