Sukses


Contoh-Contoh Aktivitas Pelestarian Lingkungan Hidup

Bola.com, Jakarta - Pelestarian lingkungan hidup merupakan upaya menjaga agar kondisi lingkungan hidup tetap terjaga dengan meningkatkan daya dukungnya.

Lingkungan hidup perlu kita lestarikan untuk menjaga keseimbangan alam dan kelangsungan hidup manusia di Bumi.

Lingkungan hidup memiliki beberapa fungsi yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup makhluk yang ada di bumi, termasuk manusia.

Agar kita tetap dapat tinggal dengan nyaman dan tenteram, kita perlu menjaga kelestarian lingkungan hidup. Namun, masih ada sebagian orang yang belum memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Menjaga lingkungan agar tetap asri dan terawat perlu dilakukan oleh setiap orang. Jika tidak dibudayakan, kerusakan lingkungan akan terjadi di kemudian hari.

Upaya pelestarian lingkungan hidup dimaksudkan untuk menjamin bahwa sumber daya alam yang ada dapat mendukung kehidupan secara berkesinambungan. Secara umum, aktivitas pelestarian lingkungan hidup berupa pelestarian sumber daya udara, air, dan tanah.

Berikut ini penjelasan contoh aktivitas pelestarian lingkungan hidup, dilansir dari Buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VII, Selasa (7/2/2023). 

2 dari 4 halaman

1. Pembiasaan Melestarikan Sumber Daya Udara

Usaha pelestarian sumber daya udara akibat aktivitas pabrik dapat dilakukan dengan pemasangan alat penyaring udara.

Sedangkan pelestarian sumber daya udara karena asap dari kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor untuk jarak dekat dengan menggunakan sepeda.

Penanaman pohon juga merupakan usaha pelestarian sumber daya udara karena pohon dapat memproduksi oksigen (O2) sehingga udara menjadi lebih bersih.

3 dari 4 halaman

2. Pembiasaan Melestarikan Sumber Daya Air

Air merupakan sumber kehidupan. Pelestarian sumber daya air dapat diusahakan melalui memelihara dan melindungi sumber air.

Upaya untuk menjaga ketersedian air dapat dilakukan dengan pengaturan siklus hidrologi seperti menyimpan air hujan di dalam profil tanah melalui sumur resapan.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan yaitu melaksanakan program kali bersih, merawat dan membersihkan pintu-pintu air, dan penindakan bagi pelanggar aturan yang dengan sengaja membuang limbah ke sungai juga harus ditegakkan.

4 dari 4 halaman

3. Pembiasaan Melestarikan Sumber Daya Tanah

Pelestarian sumber daya tanah dapat dilakukan dengan melindungi, memperbaiki tanah agar kembali produktif, dan meningkatkan produktivitas tanah.

Pemanfaatan pupuk organik lebih aman dan tidak mencemari tanah dibandingkan penggunaan pupuk kimia.

Selain itu upaya pelestarian sumber daya tanah dapat dilakukan dengan bioremediasi. Bioremediasi merupakan proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur, bakteri).

Tujuan kegiatan ini yaitu dapat memecah atau menurunkan tingkat zat-zat yang mencemari lingkungan sehingga menjadi bahan yang tidak beracun.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer